Anda pasti sudah sering mendengar nama Air Terjun Grojogan Sewu. Ya, air terjun ini merupakan salah satu objek wisata yang sudah terkenal di Jawa Tengah. Namun tahukah Anda jika di kota Yogyakarta juga memiliki Air Terjun Grojogan Sewu? Objek Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo ini pun tidak kalah menawan.

Ini Bedanya Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo Dengan Lainnya

air-terjun-grojogan-sewu-kulon-progo

Lalu apakah yang membedakan antara Air Terjun Grojogan Sewu di Jawa Tengah dan Yogyakarta? Bentuk Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo memang tidak setinggi Air Terjun Grojogan Sewu Jawa Tengah. Namun, banyaknya bebatuan di sekitar air terjun membuat air terjun yang jatuh terlihat kecil-kecil dan memiliki jumlah yang banyak.

Bebatuannya yang berbentuk seperti tangga, membuat air terjun ini terlihat indah dari bawah. Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo memiliki air terjun utama, dan beberapa air terjun kecil dibawahnya. Air terjun kecil tersebut terbentuk dari sebuah genangan atau kolam yang berasal dari aliran air terjun utama. Lalu genangan air tersebut akan mengalirkan air dan membentuk beberapa air terjun kecil yang indah.

Berikut ini aktivitas yang dapat Anda lakukan di Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo.

Menenangkan Diri Sembari Menikmati Air Terjun yang Menawan

Suasananya yang tenang dengan suara gemericik air terjun yang jatuh akan membuat Anda merasa lebih rileks setelah lelah melakukan aktivitas. Pepohonannya yang hijau dan masih asri menambah indah pemandangan disekitar air terjun ini. Anda juga bisa bermain air di sekitar air terjun, merasakan airnya yang dingin menusuk tulang-tulang Anda. Airnya yang masih jernih dan belum terkontaminasi pun cocok untuk berenang.

Spot Foto yang Menarik

air-terjun-grojogan-sewu-kulon-progo

Saat berkunjung ke Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo jangan lupa untuk mengabadikan momen Anda dengan berfoto. Latar air terjun yang cantik ditambah pemandangan pepohonannya yang hijau akan membuat hasil foto Anda terlihat mempesona. Anda pun bisa dengan percaya diri mengunggahnya di sosial media yang Anda punya.

Lokasi, Akses Jalan dan Rute Menuju Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo

Anda bisa menikmati keindahan objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo tepatnya di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Dari arah pusat kota Yogyakarta, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Akses jalan menuju Grojogan Sewu Kulon Progo memang terbilang masih cukup sulit. Anda harus melewati jalan bebatuan yang licin dan sedikit curam. Setelah sampai parkiran Anda pun masih harus berjalan kaki menuju lokasi air terjun. Namun Anda tidak perlu khawatir karena jalanan setapaknya sudah cukup lebar dan tertata. Sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan saat harus melaluinya.

Untuk menuju ke lokasi wisata Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo Yogyakarta, Anda bisa melalui jalan Kyai Mojo. Dari jalan tersebut arahkan kendaraan Anda menuju perempatan Demak Ijo, dari sana Anda harus menuju Jalan Godean. Kemudian dari Pasar Godean menuju perempatan Nanggulan dan Pasar Kenteng. Dari arah Pasar Kenteng Anda bisa menuju Kecamatan Girimulyo lalu menuju Dusun Beteng. Sampailah Anda di lokasi.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Air Terjun Grojogan Sewu Yogyakarta

Sesampainya di lokasi Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp4.000,00 perorang dengan biaya parkir Rp2.000,00 saja. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Proo Yogyakarta sudah cukup lengkap. Sudah tersedia fasilitas umum seperti toilet, musala, warung makan dan gazebo sebagai tempat istirahat.

Nah, itulah beberapa ulasan dan sedikit informasi mengenai objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dan menjadi referensi liburan yang menarik.

Untuk kenyamanan menuju lokasi disarankan untuk menggunakan motor. Hal tersebut dikarenakan jalanan menuju Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo masih cukup sempit. Dan untuk mempermudah perjalanan Anda, Anda bisa menyewa jasa transportasi motor di sewamotorjogja.id. Anda bisa mendapatkan penawaran yang menarik dan liburan Anda akan jauh lebih menyenangkan.