Wisata mempesona lain di Kabupaten Kulon Progo yang banyak menyita perhatian para wisatawan yaitu objek wisata Air Terjun Kedung Pedut Jogja. Objek wisata ini diresmikan dan dibuka pada tahun 2015 lalu. Namun pesonanya yang cantik, mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke sini.

Selain disebut Air Terjun Kedung Pedut, air terjun di Kulon Progo ini juga disebut Curug Kedung Pedut. Dalam bahasa Jawa Curug berarti air terjun. Sementara Kedung berarti genangan air atau kolam dan Pedut berarti kabut. Selain wisata pantai, air terjun ini bisa Anda jadikan destinasi wisata selanjutnya saat di Jogja.

Indahnya Dua Warna Air Terjun Kedung Pedut Jogja

air-terjun-kedung-pedut-jogja

Saat musim penghujan tiba merupakan saat yang tepat untuk berwisata ke Air Terjun ini. Karena saat musim hujan debit air melimpah sehingga air terjun akan terlihat lebih indah dan menyegarkan. Di samping itu, Air Terjun Kedung Pedut juga berair jernih. Dan di waktu tertentu Anda akan mendapati air terjun berwarna putih dan hijau tosca.

Warna putih air terdapat pada air terjunnya yang berketinggian 15 meter. Sedangkan warna birunya terdapat pada genangan air dibawah air terjun yang jatuh dari atas. Konon katanya warna hijau tosca yang dihasilkan berasal dari endapan bebatuan yang berada didasar kolam yang terkena sinar matahari. Ada beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di Air Terjun Kedung Pedut Jogja ini. Berikut ulasannya.

Berenang di Bawah Air Terjun

Apabila berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut Jogja jangan lupa untuk membawa baju ganti. Karena sudah dapat dipastikan Anda tidak akan kuat menahan diri untuk tidak mencoba airnya yang segar dan jernih. Untuk menambah keseruan, Anda bisa melompat dari atas jembatan yang berada di atas kolam Air Terkun Kedung Pedut.

Menikmati Keindahan Panorama Air Terjun Kedung Pedut dari Atas Gardu Pandang

air-terjun-kedung-pedut-jogja

Selain berenang di kolamnya, Anda juga bisa sekedar menikmati pemandangan sekitar dari atas gardu pandang. Gardu pandang di objek wisata ini memang merupakann fasilitas baru yang dibangun oleh Pokdarwis setempat.

Memacu Adrenalin dengan Menjajal Wahana Flying Fox

Jika Anda bosan berenang dan penyuka tantangan, Anda bisa menjajal wahana flying fox yang telah disediakan. Anda bisa menikmati keindahan air terjun dari ketinggian 145 meter dan panjang sekitar 40 meter. Sebuah sensasi berbeda yang dapat Anda rasakan di objek wisata ini.

Flying Fox di Air Terjun Kedung Pedut Jogja berbeda dengan flying fox di tempat lain. Karena Anda bisa memilih flying fox biasa maupun dengan menggunakan sepeda. Anda  juga bisa berhenti di tengah flying fox duntuk berfoto. Untuk menjajal wahana ini, Anda hanya perlu membayar biaya Rp15.000,00 saja.

Lokasi, Akses Jalan dan Rute Menuju Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun berpemandangan menawan ini berada di Dusun Kembang, Desa Jatimulto, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Dari arah pusat kota Yogyakarta, Air Terjun Kedung Pedut Jogja berjarak sekitar 40 km. Akses menuju objek wisata ini sudah sangat bagus dengan jalan beraspal. Sementara itu, untuk mencapai air terjun, Anda harus berjalan terlebih dahulu selama kurag lebih 15 menit melalui jalan bebatuan.

Untuk menuju Air Terjun Kedung Pedut Jogja, Anda bisa melalui tiga alternatif jalan yang ada. Pertama, dari arah pusat Kota Yogyakarta, Anda bisa menuju jalan Godean lalu ambil arah ke barat sampai pasar Godean. Dari arah pasar Godean menuju ke arah Goa Kiskendo, dari sana Anda bisa menuju Desa Wisata Jatimulyo. Setelah itu Anda bisa mengikuti petunjuk arah yang telah disediakan.

Kedua, dari arah Sentolo, Anda bisa melalui jalan Sentolo-Nanggulan menuju Goa Kiskendo lalu ambil arah menuju Desa Wisata Jatimulyo. Ketiga, dari arah Kota Magelang, Anda bisa melalui jalan Magelang-Kalibawang, dari sana menuju jalan Kalibawang-Nanggulan. Ambil arah ke Goa Kiskendo dan menuju Desa Wisata Jatimulyo.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Air Terjun Kedung Pedut

Objek wisata ini buka setiap hari pada jam 08.00-17.00 WIB. Untuk menikmati keindahan air terjunnya, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp6.000,00 perorang. Parkir kendaraan bermotor sebesar Rp3.000,00 dan Rp10.000,00 untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas di objek wisata Air Terjun Kedung Pedut Jogja sudah sangat lengkap, seperti gardu pandang, gazebo, toilet, pancuran dan jembatan bambu. Dan jika Anda lapar, disana juga terdapat warung makan yang bisa Anda kunjungi.

Demikian beberapa informasi mengenai Air Terjun Kedung Pedut Jogja. Semoga bisa membantu Anda yang ingin berkunjung ke objek wisata tersebut. Untuk mempermudah perjalanan, Anda bisa menggunakan jasa rental motor di sewamotorjogja.id. Selamat menikmati liburan.