Air Terjun Mudal Yogyakarta merupakan salah satu obyek wisata di Jogja yang menawarkan panorama alam yang indah. Obyek wisata satu ini tentu akan membuat mata pengunjung sangat terpesona. Apalagi obyek wisata ini menyuguhkan mata air yang selalu memancar dan petualangan menjelajah alam sehingga menjadi incaran para pecinta alam. Selain itu, pepohonan rimbun dengan kolam air jernih yang selalu terisi penuh membuat obyek wisata ini seperti surga dunia untuk berendam, berenang atau sekedar bermain air. Maka, tidak salah jika obyek wisata ini menjadi alternatif berwisata Anda.

Tentunya air terjun ini bisa menyaingi keindahan Grojogan Sewu Kulon Progo. Lalu, seperti apa daya tarik wisata Air Terjun Mudal Yogyakarta? Simak ulasannya berikut.

Aliran Air Terjun Mudal Yogyakarta yang Tidak Pernah Habis

Air Terjun Mudal Yogyakarta

Tidak peduli musim penghujan atau musim kemarau, aliran Sungai Mudal tidak pernah habis atau kering. Bagi warga setempat, Mudal menjadi mata air yang selalu memancarkan air sepanjang tahun. Bahkan airnya mampu mencukupi kebutuhan air bersih warga dengan pipa-pipa penyaluran.  Sumber air ini berasal dari dalam gua yang berada pada tebing di kawasan Girimulyo, Kulon Progo. Air Terjun Mudal memiliki empat tingkatan dengan lokasi yang berdekatan. Sepanjang aliran sungainya juga banyak ditemui beragam tumbuhan air.

Serunya Bermain Air

Air Terjun Mudal Yogyakarta

Suasana obyek wisata ini sangat menyatu dengan alam. Ada beberapa kolam pemandian dan berenang yang disediakan pengelola untuk memanjakan pengunjung. Jangan khawatir, tentu saja airnya yang jernih langsung dari air terjun tanpa campuran kaporit. Area kolam pemandian dan berenang bertempat di kawasan Kedung Gedoya. Terdapat kolam yang sengaja disediakan untuk pengunjung anak-anak dengan kedalaman 1-1,5 meter. Sementara itu, kolam untuk pengunjung dewasa dibuat agak dalam, yaitu 1,5-2 meter. Rasakan sensasi keseruan bermain air.

Trees Of Hope Sebagai Bentuk Pelestarian Lingkungan

Ada pemandangan berbeda di sekitar kolam pemandian dan berenang obyek wisata ini. Setelah disuguhi pemandangan pepohonan rimbun, rupanya ada juga pemandangan berbagai jenis bunga terutama anggrek yang mempercantik suasana. Bunga anggrek ini sengaja ditanam di sekitar bantaran kolam. Menariknya, pengelola obyek wisata juga memperbolehkan pengunjung untuk ikut serta menyumbangkan benih tanaman atau bunga. Hal tersebut dinamakan sebagai program Trees of Hope sebagai bentuk upaya pelestarian lingkungan. Jadi, program ini ikut serta mengajak pengunjung menjaga lingkungan dengan menitip tanam benih tanaman atau bunga.

Lokasi Dan Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Mudal Yogyakarta

Lokasi Air Terjun Mudal Yogyakarta terletak di perbatasan Pedukuhan Gunungkelir dan Banyunganti atau tepatnya di wilayah Desa Jatimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Akses menuju ke sana cukup mudah. Terlebih lokasi obyek wisata ini juga sudah terdeteksi di map berbasis internet.

Rute menuju ke lokasi melalui jalur dari Tugu Jogja ke arah barat menuju Jalan Kyai Mojo. Setibanya di perempatan Demak Ijo Ring Road Barat menuju ke jalur Jalan Godean. Kemudian melalui Pasar Godean hingga perempatan Nanggulan. Setelah itu menuju Pasar Kenteng lalu ke arah Kecamatan Girimulyo. Sampai di pertigaan Goa Kiskendo ke arah kiri hingga pertigaan Dusun Banyunganti belok ke kanan menuju Air Terjun Mudal.

Harga tiket masuk, jam buka dan fasilitas

Harga tiket masuk ke obyek wisata ini sebesar Rp5.000 per orang. Untuk biaya parkir dikenakan pungutan sebesar Rp2.000 per motor dan Rp3.000 per mobil. Jam buka operasional yaitu setiap hari pada pukul 08.00-17.00 WIB. Ada banyak fasilitas yang tersedia. Seperti toilet untuk berganti pakaian, tempat beribadah, tempat membeli makan dan area parkir. Selain air terjun, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam yang masih asri, bangunan gazebo untuk beristirahat dan area camping ground dengan latar belakang tebing batu Gunung Kelir.

Itulah ulasan tentang Air Terjun Mudal Yogyakarta. Sebagai tambahan, selalu menjaga kesopanan dan kehati-hatian selama berada di obyek wisata, khususnya kepada warga setempat. Sebaiknya, pengunjung juga menjaga kebersihan lingkungan dan keasriannya seperti dengan tidak membuang sampah sembarangan dan membawa perbekalan menggunakan tempat makan dan minum yang bisa diisi ulang. Jangan lupa, agar akses Anda keliling Jogja lebih lancar, ada layanan kami Sewa Motor Jogja yang menyediakan beragam unit sepeda motor. Hubungi kami untuk keterangan lebih lanjut.