Meski dikenal daerah pegunungan karst yang tandus, ternyata Kabupaten Gunungkidul memiliki air terjun yang debamnya menenangkan telinga. Air terjun itu dinamakan Sri Gethuk, tapi bukan gethuk yang merupakan makanan berbahan dasar singkong loh ya. Bagaimana ya daya tarik wisata Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta ini? Makanya simak ulasan berikut ini ya!

Mengenal Air Terjun Sri Gethuk

Air-Terjun-Sri-Gethuk-Yogyakarta

Orang-orang sering mengaitkan Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta ini dengan Grand Canyon yang ada di Arizona, Amerika Serikat. Perwajahan tempat wisata satu ini digadang-gadang mirip dengan Grand Canyon yang terkenal itu. Tempatnya masih sangat asri dan alami, karena memang masih belum banyak yang mengetahuinya.

Nama Gethuk yang melekat pada air terjun ini bukan merujuk pada olahan kuliner gethuk yang selama ini dikenal. Nama tersebut berasal dari sebuah legenda. Dahulunya, tempat air terjun ini diduga sebagai tempat penyimpanan Kethuk. Kethuk adalah alat musik khas Jawa yang di miliki oleh mahluk halus bernama Jin Anggo Meduro. Selain dengan nama Sri Gethuk, air terjun ini juga dikenal dengan nama Slempret.

Mulanya ada tiga sumber mata air yang membentuk air terjun ini, yakni Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul. Ketiganya mengalir dan besatu, membentuk bulir-bulir air yang jatuh dari tebing karst yang tandus.

Betapa Indahnya Ciptaan Bernama Sri Gethuk

Air-Terjun-Sri-Gethuk-yogyakarta

Sudah disampaikan bahwa keindahan wisata Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta ini menyerupai keindahan Grand Canyon yang sudah mendunia. Bebatuan tersusun rapi membentuk undakan di bawah air serupa tepi kolam renang kelas eksekutif. Saat cuaca tengah terik, cahaya matahari yang mengenai sungai sering membentuk pelangi di sungai tersebut. Indah sekali!

Air yang berdebam dari tebing ditampung oleh Sungai Oya. Kerennya, tidak peduli walau terus dihujani oleh air terjun, arus sungai selalu relatif tenang. Airnya sangat jernih, sehingga bagian dasar tampak jelas dari permukaan. Perlu diketahui bahwa Sungai Oya menjadi salah satu pintu gerbang untuk menuju Air Terjun Sri Gethuk.

Keseruan yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Sri Gethuk

Air yang mengalir dari air terjun ini tidak pernah berkurang, meski pada musim kemarau. Meski belum pernah ada pengukuran secara pasti, namun volume dan debit dari air terjun ini selalu terasa ‘tetap’.

Ada dua jalan yang bisa ditempuh menuju air terjun. Bisa dengan berjalan kaki melalui persawahan nan hijau yang dihiasi pohon kelapa. Alternatif lain bisa dengan menuruni anak tangga menuju dermaga di tepi Sungai Oya. Setelah sampai di Sungai Oya, maka tersedia perahu yang bisa memuat sekitar 7-8 penumpang.

Sekitar selama 15 menit di Sungai Oya, akan terdengar gemericik merdu air. Bila sudah mendengar suara ini berarti jarak menuju Air Terjun Sri Gethuk tidak jauh lagi. Begitu sampai di lokasi, maka Anda akan disuguhkan panorama Air Terjun Sri Gethuk yang sangat indah. Karena panoramanya yang sangat indah itulah, tempat ini juga sangat cocok untuk berfoto ria.

Lokasi dan rute yang dilalui

Lokasi tempat wisata ini berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Dari pusat kota Yogyakarta dapat menuju ke sana dengan kendaraan pribadi melalui dua rute. Rute pertama, Jl. Majapahit lalu ikuti saja jalan besar ke arah Wonosari sampai bertemu dengan Pertigaan Gading. Kemudian belok kanan melewati pusat kecamatan Playen sampai bertemu pertiggaan lagi di jalan menuju Bleberan. Di sini petunjuk jalan menuju air terjun tampak jelas di setiap pertigaan.

Rute kedua, bisa melalui rute alternatif, yakni Jalan Imogiri Barat, menuju Panggang, lalu Paliyan, Playen, dan sampai di Bleberan.

Harga Tiket dan Fasilitas yang Tersedia

Untuk biaya masuk, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup dengan membayar Rp7000,00 per orangnya, maka Anda sudah dapat menikmati keindahan Air  Terjun Sri Gethuk. Sedangkan untuk sewa perahu, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000,00 saja. Mengingat keindahan yang disuguhkan oleh tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta, tentu harga ini terbilang sangat murah bukan?

Dan satu lagi, bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi menuju Air Terjun Sri Gethuk, maka kami menyediakan rental motor bagi Anda. Cara pesannya mudah, Anda klik saja sewamotorjogja.id dari ponsel pintar Anda, lakukan transaksi, dan kami siap mengantarkan motor untuk Anda.