Selain menghadirkan wisata alam dan airnya yang menawan, Kabupaten Kulon Progo juga menyajikan wisata Arung Jeram Sungai Progo sang pemacu adrenalin. Wisata ini termasuk wisata baru yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Mengenal Lebih Dalam Wisata Arung Jeram Sungai Progo Magelang – Jogja

arung-jeram-sungai-progo

Sungai Progo merupakan sebuah sungai yang mengaliri dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sehingga secara geografis memang Sungai Progo ada bagian yang di Kabupaten Magelang jawa Tengah, dan ada yang di Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta. Dan masing-masing merupakan objek yang saling melengkapi rute arung jeram. Sungai Progo punya daya tarik tersendiri untuk mencoba mengarungi sungai dengan perahu karet bersama-sama ditambah pemandangan alam sekitar yang menakjubkan.

Objek wisata Arung Jeram Sungai Progo mempunyai rute sepanjang 25 km dengan waktu tempuh sekitar 5 jam. Arung Jeram Sungai Progo ini pun terbagi menjadi tiga rute, yaitu Progo Atas, Hulu dan Progo Bawah. Selain itu, ada juga lokasi yang diperuntukan untuk anak-anak usia 5 tahun dengan jarak tempuh 1 km atau setara dengan 30 menit.

arung-jeram-sungai-progo

Penambahan rute tersebut dikarenakan minat Wisatawan yang semakin membeludak dan merasa tertantang untuk menaklukkan aliran Sungai Progo. Selain itu juga memberikan kesempatan bagi pemula yang ingin menjajal wahana ekstrem pemacu adrenalin di Sungai Progo.

Penambahan alur Arung Jeram Sungai Progo meliputi rute reguler sejauh 9 km. Rute medium sejauh 12 km dan rute yang paling menantang yaitu rute Adventure Trip dengan jarak tempuh sejauh 25 km. Hal tersebut dimaksudkan agar para Wisatawan bisa dengan leluasa memilih rute yang Mereka inginkan.

Rute reguler di mulai dari Hotel Puri Asri dan berakhir di Tempuran yang terbagi menjadi tiga waktu. Trip I dimulai pukul 08.00 atau 09.00, Trip II dari pukul 11.00, dan Trip III dari pukul 13.00 atau 14.00 WIB. Sementara rute medium di mulai dari Kandangan dan berakhir di Payaman dan di mulai pada pukul 08.00 atau 09.00 WIB. Sedangkan rute adventure di mulai dari Klangon dan berakhir di Dekso dan di mulai pada pukul 08.00 atau 09.00 WIB.

Lokasi dan Akses Jalan Menuju Arung Jeram Sungai Progo

Arung Jeram Sungai Progo berlokasi di Kabupaten Kulon Progo. Dari Kota Yogyakarta berjarak sekitar 17 Km saja.

Jika Anda ingin menjajal wahana ekstrem pemacu adrenalin ini, silakan datang ke Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magetan. Akses menuju objek wisata Arung Jeram Sungai Progo sangat mudah karena jalanannya yang sudah beraspal. Sehingga kendaraan seperti motor dan mobil bisa melewatinya dengan aman.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Untuk dapat menikmati sensasi mendebarkan mengarungi Sungai Progo yang indah dan berjeram Anda bisa memilih paket harga sesui kebutuhan. Di objek wisata Arung Jeram Sungai Progo sudah terdapat beberapa operator yang siap memandu dan melayani Anda. Mereka semua mempunyai beberapa tawaran paket arung jeram yang menarik. Sehingga Anda bisa lebih mudah untuk memilih fasilitas yang Anda inginkan.

Seperti contohnya, penawaran yang diberikan oleh Progo Rafting. Operator ini memberikan penawaran berupa Children Fun Trip seharga Rp100.000,00 dengan kapasitas minimal 5 orang untuk anak usia 5 tahun keatas. Dengan jarak tempuh 1 km atau setara 30 menit mengarungi sungai.Kemudian Arung Jeram Progo Atas seharga Rp200.000,00 dengan kapasitas minimal 4 orang untuk anak usia 7 tahun ke atas, dengan jarak tempuh 9 km.

Dan terakhir, Arung Jeram Sungai Elo seharga Rp175.000,00 dengan kapasitas 4 orang untuk anak usia kurang lebih 7 tahun keatas. Dengan jarak tempuh 11 km atau setara 2,5 jam mengarungi sungai. Selain itu masih banyak penawaran-penawaran menarik lain dari beberapa operator yang berada disana, dan tentunya dengan fasilitas-fasilitas yang bervariasi.

Demikian sedikit informasi mengenai objek wisata Arung Jeram Sungai Progo. Semoga bisa jadi referensi bagi yang ingin berkunjung ke objek wisata tersebut. Apabila Anda berasal dari luar kota dan tidak membawa kendaraan pribadi, alangkah baiknya jika Anda memanfaatkan jasa rental motor di sewamotorjogja.id. Anda akan mendapatkan penawaran yang menarik dan liburan Anda menjadi sempurna.