Candi Banyunibo Jogja merupakan sebuah komplek wisata candi Buddha di Yogyakarta. Penamaannya berasal dari bahasa Jawa, yaitu dari kata banyu yang artinya air, sedangkan nibo dari kata tibo atau jatuh. Sehingga, jika diartikan secara harfiah maknanya adalah candi yang memiliki air yang menertes jatuh. Nama yang cukup menarik, bukan?

Fakta Menarik dan Keindahan Candi Nibo Jogja

candi-banyunibo-jogja

Berkunjung ke candi yang dibangun abad ke-9 akan menciptakan liburan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga menenangkan. Apa saja hal yang akan Anda temukan jika berlibur di Candi Banyunibo Jogja. Berikut sedikit ulasannya.

Menikmati Keindahan Candi dan Suasana Alam Khas Pedesaan

Candi yang memiliki stupa di bagian atasnya khas candi Buddha tersebut berada di atas bukit. Dikelilingi oleh persawahanan. Itulah salah satu keinstiweaan candi tersebut. Selain melihat kemegahan bangunan candi, Anda juga dapat merasakan suasana alam khas pedesaan. Melihat hamparan sawah dari atas candi pastilah akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan bebas. Seakan-akan semua masalah lepas begitu saja.

Melihat Ornamen Cantik Khas Candi Buddha

Sebagai candi Buddha, Candi Banyunibo memiliki banyak ornamen yang beragam. Anda akan melihatnya di setiap sisi candi. Cobalah untuk menyentuh dan merasakan relief yang terukir di dinding candi. Relief-relief tersebut mengambarkan berbagai tokoh. Sayangnya siapa tokoh tersebut masih menjadi misteri yang belum terpecakan. Lalu, Anda juga dapat melihat berbagai hiasan lainnya yang berbicara pada Anda mengenai kejayaan kerajaan Mataram kuno.

Berfoto di Candi Banyunibo adalah Aktivitas yang Tak Boleh Dilewatkan

candi-banyunibo-jogja

Suasana alamnya tentu tidak boleh dilewatkan sebagai latar belakang foto. Selain itu, bangunan candi pun tak boleh terlewatkan. Anda dapat berfoto di bangunan induk candi dan Candi Parwara. Jumlah Candi Parwara ada enam, setengahnya berada di bagian selatan, dan setengahnya lagi di bagian timur. Selain itu, tunggulah sebentar kedatangan sunset. Bangunan utama candi menghadap ke barat, sehingga akan cantik ketika difoto atau menjadi latar belakang foto.

Lokasi dan Rute ke Candi Banyunibo Jogja

Candi yang mengantarkan Anda pada suasana alam serta sejarah tersebut berada di Dusun Cepit. Tepatnya di Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Letak tersebut tidak jauh dari Candi Ratu Boko tepatnya berada di arah barat sekitar 2 kilometer. Menuju lokasi wisata tersebut Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Untuk rutenya cukup mudah, kok.

Rute menuju Candi Banyunibo Jogja dapat dimulai dari pusat kota Yogyakarta. Ikutilah rute menuju Candi Prambanan, yaitu melewati jalan menuju Solo. Patokannya adalah Pasar Prambanan, jika sampai di pasar belok ke arah kanan. Lanjut perjalanan Anda hingga menemukan tanda jalan menuju Candi Banyunibo.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat mengunakan kendaraan umum yaitu bus Trans Jogja. Gunakan rute bus 1A atau 1B yang ke arah Candi Prambanan. Hingga Anda akan sampai di halte pemberhentian Prambanan. Lanjutkan perjalanan dengan taksi ataupun ojek online menuju Candi Banyunibo.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Candi Banyunibo Jogja merupakan objek wisata murah di Yogyakarta, karena tiket masuknya  senilai Rp5.000 saja. Sangat murah meriah dan tidak menguras kantong, bukan? Harga tiket tersebut ditujukan untuk wisatawan lokal maupun mancanegara dan merupakan harga tiket Candi Banyunibo terbaru tahun 2018.

Mengunjungi candi bersejarah ini dapat dimulai pada jam buka yaitu pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Dibuka setiap hari Senin sampai Minggu atau setiap hari membuat Anda lebih leluasa memilih hari untuk berkunjung ke tempat menarik ini. Walaupun harga tiket kawasan wisata Jogja ini sangat terjangkau, fasilitas yang tersedia sangat memadai. Terdapat fasilitas umum seperti toilet, tempat duduk, dan papan informasi. Sedangkan area parkir tidak berada di dalam candi tetapi di luar.

Demikian ulasan lengkap mengenai warisan menakjubkan leluhur kita, Candi Banyunibo Jogja. Tentu saja, sebagai penduduk Indonesia mengunjungi tempat sejarah seperti candi tidak hanya sebagai liburan namun juga ajang mengenalkan sejarah pada diri kita dan orang yang diajak. Untuk urusan kendaraan roda dua, manfaatkan layanan kami yang akan mempermudah perjalanan wisata Anda selama di Jogja. Kunjungi Sewamotorjogja.id dan dapatkan layanan dari kami yang sudah berpengalaman, terpercaya dan memuaskan.