Candi Borobudur merupakan salah satu situs kebanggaan Indonesia. Candi Buddha berbentuk stupa yang begitu megah tersebut merupakan peninggalan dari masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Berdiri sejak abad ke-8 masehi tidak membuat bangunan candi rusak, padahal dibangun dari bebatuan yang direkatkan dengan bagian telur putih. Mungkin sulit dipikir dengan nalar, tetapi itulah kenyataannya.

Menikmati Keindahan Candi Borobudur

candi-borobudur

Candi Borobudur juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Semakin membanggakan karena candi tersebut merupakan candi terbesar dengan relief terlengkap di dunia. Selain itu, masih banyak keistimewaan Candi Borobudur. Bahkan membuat Barack Obama begitu tertarik mengunjunginya.

Melihat Sunset Sempurna yang Begitu Memikat

Cahaya oranye sunset akan sangat cantik jika menyentuh bangunan candi yang begitu megah. Ini yang membuat para wisatawan lokal maupun asing betah menunggu sanset singgah di Candi Borobudur.

Naik Gajah Mengelilingi Kawasan Candi Borobudur

Kawasan Candi Borobudur sangat luas, sehingga menjelajahinya dengan jalan kaki pastilah sangat melelahkan. Selain kereta mini, andong, Anda juga dapat menaiki hewan bertubuh kuat dan besar. Yap, menggelilingi kawasan candi dengan naik gajah akan menambah keseruan Anda berlibur di tempat ini.

Sampai di Pucak Candi dan Berfoto Selfie

candi-borobudur

Pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman, sehingga Anda dapat menaiki anak tangga hingga sampai ke puncak candi. Soalnya, di puncak candi merupakan pusat kecantikan di tempat ini. Dari puncak, Anda akan melihat pemandangan yang begitu memanjakan mata. Pastikan baterai handphone atau kamera penuh agar momen ini bisa diabadikan dengan lengkap.

Lokasi dan Rute ke Candi Borobudur

Sudah tidak sabar untuk segera menjejakan kaki di candi termegah di Indonesia ini? Anda dapat menuju lokasi Candi Borobudur dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Secara administratif Candi Brobudur berada di Kecamatan Borobudur, tidak jauh dari Kota Mungkid kira-kira jaraknya hanya 3 kilometer saja. Banyak orang yang salah menganggap bahwa Borobudur masuk Yogyakarta, padahal sebenarnya candi tersebut masuk Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Rute menuju Candi Borobudur jika Anda memulai dari pusat kota Yogyakarta berjarak 45 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Jalankan kendaraan ke arah utara dengan mengikuti rute berikut, dari jantung kota Yogyakarta, arahkan kendaraan Anda melewati Jalan Magelang, kemudian terus sampai ke Sleman, lalu menuju Tempel, berlanjut ke Salam, lurus lagi sampai ke Muntilan. Setelah itu, belok ke kanan setelah menemukan pertigaan sehabis Muntilan, hingga sampai di Palbapang.

Perjalan tinggal sebentar lagi, Anda harus melewati Mendut, barulah sampai di parkiran Candi Borobudur. Selain menggunakan kendaraan bermotor, angkutan umum.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Candi Budha yang pernah menjadi 7 keajaiban dunia tersebut memiliki harga tiket yang berbeda untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Serta harga tiket untuk rombongan juga berbeda. Berikut daftar harga tiket masuk Borobudur terbaru 2018.

Untuk wisatawan lokal atau domestik dibagi menjadi dua, yaitu umum dengan harga tiket Rp30.000 per orang, dan anak-anak di bawah umur 6 tahun harga tiketnya adalah Rp12.500 per orang. Sedangkan jika Anda datang bersama rombongan, terdapat diskon 10% harga tiket jika rombongan sama atau lebih dari 30 orang. Sedangkan untuk rombongan pelajar akan mendapatkan diskon 10% jika jumlah rombongan sama atau lebih dari 20 orang. Sedangkan untuk harga tiket wisatawan mancanegara adalah USD 20.

Mengunjungi Candi Borobudur dapat di semua hari, karena objek wisata ini memang dibuka setiap hari, dari Senin sampai Minggu. Sedangkan untuk jam buka Candi Borobudur dari mulai pukul 06.00 sampai 17.00. Waktu yang cukup lama untuk menjelajahi candi yang kawasan luar tersebut.

Itulah ulasan mengenai Candi Borobudur secara lengkap. Walaupun bisa dibilang harga tiket masuk wisata tersebut cukup mahal, tetapi tidak usah ragu. Uang sebesar itu akan dibayar dengan kemegahan Candi Borobudur ketika Anda memasukinya. Anda pasti akan dibuat terpana dan berdecak kagum. Jadi, siapkan diri Anda untuk mempersiapkan liburan ke Candi Borodur. Jika Anda membutuhkan jasa sewa kendaraan yang murah dan terpercaya, kunjungi dan lihat penawaran terbaik kami di Sewa Motor Jogja. Selamat berlibur!