Candi Gebang Sleman mungkin namanya masih asing di telinga. Padahal candi ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta. Candi berukuran kecil yang memiliki tinggi 8 meter dengan luas sekitar 5,25 x 5,25 ini memang memiliki letak yang terpisah dengan berbagai candi ternama di Jogja. Itulah sebabnya masih sedikit pengunjungnya. Padahal daya pikat candi tak kalah menawan. Jadi, tidak ada salahnya mengajak liburan keluarga ke tempat ini.

Mengulik Fakta Menarik Candi Gebang Sleman

candi-gebang-sleman

Candi ini ditemukan tanpa sengaja ketika penemuan arca ganesa. Proses penggalian berlangsung selama 2 tahun. Penggalian tersebut dipimpin oleh V.R. van Romondt dari Belanda. Dimulai dari tahun 1937 hingga selesai tahun 1939. Dari berbagai pakar memperkirakaan Candi Gebang berdiri sejak tahun 730 sampai 800 masehi. Apa saja hal menarik yang dapat Anda lakukan ketika berlibur di Candi Gebang?

Berfoto di Depan Candi Gebang Tidak Boleh Dilewatkan

Ukuran Candi Gebang Sleman memang tidak besar. Candi Hindu tersebut memang tidak terlihat mencolok karena tidak memiliki relief, arsitektur khas masa wangsa Sanjaya. Namun, melihat candi yang sudah berumur tua masih berdiri dengan gagah akan membuat Anda tidak ingin melewatkan untuk berfoto, bukan?

Menikmati Kenyamanan dan Kebersihan di Candi Gebang Sangat Terjaga

candi-gebang-sleman

Suasana asri dengan pohon-pohon hijau semakin nyaman dengan kebersihan yang terjaga. Candi ini begitu bersih tanpa sampah. Membuat pengunjung betah berlama-lama di sini menikmati keindahan candi dan menghirup udara yang bersih. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk piknik keluarga.

Mempelajari Banyak Arca di Candi Gebang

Mungkin Anda baru melihat berbagai jenis arca di buku materi sejarah. Nah, mengunjugi Candi Gebang, Anda akan menemukan berbagai arca agama Hindu. Dari mulai Arca Ganesa, Nandhiswara, dan Yoin yang terletak di bagian relung sebelah barat. Melihat bentuk berbagai arca tersebut tentu akan membuat Anda lebih paham mengenai perbedaan arca dan penamaannya.

Lokasi dan Rute  ke Candi Gebang Yogyakarta

Lokasi Candi Gebang tidaklah jauh dari pusat kota, jarak tempuhnya hanya 11 kilometer, karena alasan tersebut wisata ini cukup ramai dikunjungi. Berada di daerah Condongcatur, selatan dari Desa Gebang, Kelurahan Widomartani, Kecamatan Ngemplak. Wilayah tersebut masuk ke dalam Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi tersebut. Agar perjalanan lebih mudah, berikut rute menuju Candi Gerbang Yogyakarta. Berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, lajukan kendaraan menuju Kaliurang. Sesampainya di jalan lingkar Kaliurang, beloklah ke arah timur arahkan ke Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta atau lebih sering disingkat UPN.

Ketika berada di jalan lingkar UPN tepat di lampu merah, terdapat pertigaan, akan ada papan reklame sebagai penunjuk arah menuju Candi Gebang Yogyakarta. Kemudian setelah mengikuti jalan tersebut, Anda akan sampai di Pasar Catur. Di pertigaan akan ada papan petunjuk arah menuju Candi Gebang. Ikuti saja petunjuk tersebut Anda akan sampai ke objek wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Berwisata di Candi Gebang Sleman merupakan wisata yang murah meriah. Sebab untuk masuk dan menikmati keindahan bangunan candi tersebut tidak dipungut biaya, hanya memberi uang sukarela. Sedangkan untuk jam bukanya dimulai pukul 08.00 sampai 17.00, buka setiap hari dari Senin sampai Sabtu. Waktu yang cukup banyak untuk menikmati berbagai pesona candi ini, bukan?

Untuk fasilitas yang akan Anda temui ketika berwisata di Candi Gebang masih sangat minim. Untuk mendapatkan akses seperti restoran, hotel, ATM, masjid, Anda dapat menemukannya di luar kawasan candi gebang, yaitu di Jalan Candi Gebang. Jaraknya tidak jauh, sekitar 100 meteran saja.

Itulah review wisata Candi Gebang Yogyakarta yang diulas dengan lengkap dan sederhana. Sebagai saran, karena fasilitas di candi tersebut masih minim maka Anda perlu menata kembali berbagai pelengkapan liburan sebelum mengujungi tempat ini. Misalnya membawa bekal makanan dan minum yang cukup serta perlengkapan ibadah seperti mekenah atau sarung. Sehingga, liburan Anda tidak hanya membahagiakan namun juga menenangkan.

Selain itu, mengunjungi Candi Gebang Sleman tidak akan lengkap tanpa kendaraan yang prima. Manfaatkan layanan prima kami di Sewa Motor Jogja.  Lihat berbagai penawaran menarik paket rental motor dari kami. Selamat berwisata.