Yogyakarta tampaknya tidak pernah puas untuk memamerkan berbagai potensi wisatanya yang unik. Di kota destinasi terkenal kedua setelah Bali tersebut tampak beribu-ribu wisatawan selalu merindukan untuk berkunjung kembali ke Jogja. Wisata di Yogyakarta memang lengkap, dari mulai pantai, hutan, gunung, wisata belanja, kuliner, dan wisata sejarah. Salah satu wisata sejarah yang dicampurkan dengan pesona alam akan Anda temui di Candi Ijo Jogja.

Mengulik Fakta dan Keindahan Candi Ijo Jogja

candi-ijo-jogja

Candi Hindu tersebut berada di dataran tinggi membuat keberadaannya istimewa. Apa saja keistimewaan dari Candi Ijo Jogja yang wajib Anda tahu? Simak ulasan berikut ini, ya.

Candi Ijo Memiliki Nama yang Unik

Penamaan Candi Ijo bukan berasal dari warna bangunan candi tersebut. Warna candi tersebut sama dengan candi yang lain. Hanya saja nama Ijo berasal dari tempat candi tersebut berada, yaitu di Gumuk Ijo.

Melihat Sunset dari Atas Ketinggian Candi

candi-ijo-jogja

Letaknya berada di atas perbukitan Batur Angung yang tinggi membuat Candi Ijo tempat cocok untuk menemukan matahari tenggelam paling sempurna di Jogja. Selain itu, pemandangan sebelum sunset pun begitu mempesona. Anda dapat melihat persawahan yang luas bahkan Bandara Adisucipto dan birunya Pantai Parangtritis. Tentu saja pemandangan tersebut tidak pantas dibiarkan begitu saja, harus diabadikan lewat jepretan kamera.

Belajar Sejarah Secara Langsung di Candi Ijo

Candi ijo merupakan peninggalan zaman Kerajaan Medang. Tepatnya pada masa periode Mataram. Komplek percandian tersebut dibangun sekitar 1 abad, yaitu dari abad 10 samai 11 masehi. Candi megah ini termasuk candi Hindu dan memiliki sejarah yang benar-benar menakjubkan. Bahkan sejarah Candi Ijo sering keluar dalam materi Sejarah, loh.

Lokasi dan Rute ke Candi Ijo Jogja

Candi cantik tersebut berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo. Tepatnya di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yoyakarta. Lokasi Candi Ijo  tersebut berada di sebelah timur dan tidak terlalu jauh dari jantung kota. araknya sekitar 28 kilometer saja.

Mengunjungi Candi Ijo Jogja dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda tiga. Ikutilah rute berikut ini : diawali dari pusat kota Yogyakarta, arahkan kendaraan Anda melewati jalan Raya Jogja ke arah Solo. Sesampainya, di pertigaan Candi Prambanan, beloklah ke arah kanan dan akan ditemui pasar Prambanan. Lalu lurus saja hingga melewati rel kereta api. Akan terdapat papan tanda menuju Candi Ratu Boko.

Kemudian, ikuti kembali papan petunjuk menuju Candi Ijo. Dari Candi Ratu Boko, Anda akan menempuh jarak sekitar 4 kilometer hingga sampai di Candi Ijo. Tidak jauh dari Candi Ijo, sekitar 500 meter terdapat objek wisata populer lain yaitu Tebing Breksi.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan transjogja. Gunakanlah busjogja koridor 1A maupun 1B, menuju Candi Prambanan. Setelah sampai Candi Prambanan, lanjutkan perjalanan menuju Candi Ijo dengan taksi maupun tranportasi online.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Menikmati eksotisnya bangunan Candi Ijo dan keindahan alamnya, Anda tidak dikenai biaya alias harga tiket masuk gratis. Namun, Anda dikenai biaya parkir kendaraan dengan harga yang normal, yaitu Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp5.000 untuk mobil. Sedangkan untuk jam buka Candi Ijo dimulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Tenang saja, untuk hari buka objek wisata Jogja yang satu ini setiap hari, dari mulai Senin sampai Minggu.

Membeludaknya wisatawan yang mendatangi Candi Ijo membuat penggelola semakin melengkapi fasilitas pendukung. Terdapat toilet, rest area, dan tempat parkir. Selain itu bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh, terdapat toko sovenir. Kalau lapar dan tidak membawa bekal, Anda dapat membelinya di warung-warung yang ada di tempat ini.

Demikian sedikit ulasan mengenai wisata Candi Ijo Jogja. Objek wisata Jogja yang satu ini sangat cocok untuk menjadi pilihan Anda kali ini. Agar liburanmu semakin sempurna, siapkanlah kendaraan yang fit atau dalam keadaan baik. Jika Anda membutuhkan sewa kendaraan, terdapat penyewaan murah di Jogja. Kunjungi saja, sewamotorjogja.id.