Jika Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di Indonesia, maka Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di tanah air kita. Candi yang juga dikenal dengan Candi Roro Jograng tersebut memang cukup misterius dengan berbagai legenda yang menyelimutinya. Candi cantik ini dibagun sekitar abad ke-9 masehi yang dipersembahan kepada tiga dewa tertinggi di agama Hindu, yaitu Wishnu, Siwa, dan Brahma. Berikut ini berbagai hal menarik tentang Candi Prambanan Klaten-Yogyakarta.

Sejarah dan Keindahan Wisata di Candi Prambanan Klaten-Yogyakarta

candi-prambanan-klaten-yogyakarta

Candi Prambanan Klaten-Yogyakarta merupakan warisan leluhur Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Begitu membanggakan, bukan? Selain itu, bangunan candi sudah terkenal sebagai candi yang tercantik di Asia Tenggara. Menurut keberadaan prasasti Siwagrha, diketahui bahwa candi tersebut dibangun oleh Rakai Pikatan tepatnya pada tahun 850 masehi. Ada berbagai aktivitas menyenangkan yang daat dilakukan di Candi Prambanan.

Belajar Sejarah Candi Prambanan Langsung

Meskipun bangunan merupakan benda bisu, tetapi sebenarnya bisa bicara lewat relief, arca, maupun prasasti. Kemegahan bangunan Candi Prambanan juga menjadi saksi kejayaan agama Hinduisme yang telah mempengaruhi Kerajaan Medang yang awalnya lebih condong ke Buddha.

Menikmati Arsitektur Candi Prambanan yang Istimewa

candi-prambanan-klaten-yogyakarta

Candi tersebut memang sangat indah, dan ternyata pembangunannya dibuat sesuai petunjuk yang ada di kitab agama Hindu yaitu kitab Wastu Sastra. Bentuknya memang tampak seperti gunung, itulah khas dari rumah Siwa yang menjulang ke langit. Bentuk meruncing ke atas tersebut juga melambangkan zona tingkatan candi. Yaitu, bhurloka, bwahloka, dan swahloka.

Berfoto Tentu Tidak Boleh Dilewatkan

Sambil berlajar, tidak lupa mengabadikan momen dengan berfoto. Bangunan megah dan eksotis milik Candi Prambanan memang sangat cocok dijadikan latar belakang untuk fotomu.

Lokasi dan Rute ke Candi Prambanan Klaten-Yogyakarta

Lokasi Candi Prambanan berada di dua provinsi; Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tepatnya di Kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten. Untuk sampai di candi hindu beraroma Roro Jongrang tersebut tidaklah jauh dari jantung kota Yogyakarta. Hanya sekitar 16,8 kilometer saja, dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Rute lengkap dan detail menuju Candi Prambanan menggunakan kendaraan pribadi sebagai berikut:

Pertama perjalanan dimulai dari Jalan Malioboro yang merupakan jantung Kota Gudeng. Kemudian, jalankan kendaraaan Anda ke arah selatan hingga melewati Jalan Pajeksan. Kira-kira 0,3 kilometer, kemudian akan ditemui Toko Mas Berkah di sebelah kanan, beloklah ke arah kiri. Lajukan kendaraan Anda sekitar 0,4 kilometer sampai menemukan persimpangan jalan, beloklah ke arah kiri menuju Jalan Mataram.

Lanjutkan perjalanan hingga sampai Masjid Mubarok, kemudian belok kiri sampai ke RM Murni83. Lalu belok ke kanan mengikuti Jalan Krasak Timur, ambil jalan sebelah kanan. Setelah menemukan Prista Mart beloklah ke kiri, sekitar 0,4 km akan ditemukan kembali belokan, ambil arah kanan melewati Jalan Kusbini. Tak lama, Anda kemudian belok kiri mengikuti Jalan Langensari, terus jalankan kendaraan hingga sampai Jalan Munggur.

Setelah itu, beloklah ke kanan menuju Jalan Laksda Adisucipto, ikuti jalan sampai 4,6 kilometer hingga menemukan Batik Danar Hadi Solo, kemudian belok kiri. Kemudian Anda akan menemukan Wahana Ritel Hondo Yogyakarta, masih lurus terus mengikuti Jalan Raya Solo. Sekitar 6,2 kilometer kemudian akan ditemui gereja. Masih di Jalan Raya Solo ambillah jalur sebelah kanan. 1,7 kilometer kemudian belok ke arah kiri. Belok ke kiri, ini belokan terakhir, sebentar lagi Anda akan sampai sekitar 25 meter lagi.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Harga tiket masuk Candi Prambanan dibagi menjadi tiket wisatawan lokal dan asing, serta dibedakan juga sesuai usianya. Wisatawan lokal umum  harus membayar tiket sebesar Rp30.000 per orang, sedangkan untuk anak-anak di bawah umut 6 tahun dikenai biaya tiket senilai Rp12.500 per orang. Bagi Wisatawan mancanegara berusia anak-anak dikenai biaya USD 9, sedangkan wisatawan mancanegara umum tiket yang harus dibayar senilai USD 18.

Tiket serta jam buka Candi Prambanan persis seperti Candi Borobudur, yaitu dibuka setiap hari dari Senin sampai Minggu, pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Karena merupakan wisata populer, Candi Prambanan memiliki fasilitas lengkap. Misalnya, fasilitas standar seperti toilet dan tempat parkir. Untuk membeli oleh-oleh dan makan, Anda bisa temukan di luar gerbang candi.

Candi Prambanan Klaten-Yogyakarta bisa menjadi alternatif liburan menyenangkan serta edukatif untuk keluarga, jadi tidak ada salahnya untuk mengunjunginya sekali seumur hidup. Nah, jika Anda membutuhkan penyewaan kendaraan di Yogyakarta yang terpercaya dengan harga relatif murah. Amati dan simak penawaran terbaik kami di Sewa Motor Jogja.