Berada di ketinggian 196 m membuat udara di Candi Ratu Boko Yogyakarta begitu dingin dan segar. Sangat cocok menjadi tempat pelarian dari kehidupan perkotaan yang sumpek dan penuh asap kendaraan. Candi yang juga sering dikenal sebagai Candi Boko atau Situs Ratu Baka tersebut memiliki luas 25 hektar.

Gaya bangunannya merupakan gaya arsitektur keraton yang begitu kental. Sehingga berbagai pendapat sejarahwan mengatakan dulunya tempat tersebut adalah keraton atau istana raja. Namun, fungsi keberadaan Candi Boko memang belum diketahui dengan jelas dan masih misteri. Diperkirakan candi tersebut dibangun ketika kejayaan masa wangsa Sailendra, yaitu oleh Rakai Panangkaran pada abad ke 8.

Ada berbagai hal menarik yang dapat Anda lakukan di Candi Ratu Boko Yogyakarta. Simak ulasan berikut, ya.

Belajar bahwa Candi Ratu Boko Bukan Situs Agama

candi-ratu-boko-yogyakarta

Berbeda dari kebanyakan candi yang ada di Yogyakarta yang merupakan situs agama, Candi Ratu Boko merupakan komplek profan. Ini dibuktikan dengan adanya pendopo, gerbang masuk, dan tempat tinggal. Selain itu, terdapat juga kolam pemandian dan pagar pelindung semakin membuktikan bahwa tempat ini merupakan keraton. Namun, keraton ini istimewa karena berada di atas bukit, bukan di tempat landai seperti biasanya kraton di Jawa.

Menikmati Sunset di Candi Ratu Boko

candi-ratu-boko-yogyakarta

Sunset memiliki rasa berbeda di setiap tempat, termasuk jika Anda menikmatinya di Candi Ratu Boko. Sensasi bangunan Ratu Boko berlatar belakang warna jingga dari senja begitu mengaggum. Apalagi, tempat ini berada di atas ketinggian membuat senja semakin menakjubkan. Sampai ketika Anda melihatnya, sulit sekali untuk menggambakannya dengan kata-kata.

Berfoto Tentu Tidak Boleh Dilewatkan

Setiap tempat memiliki kenangan sendiri-sendiri, dan cara untuk menyimpan dengan baik kenangan tersebut adalah berfoto. Apalagi dengan latar kemegahan candi yang berada di ketinggian ini akan menambah kesan menarik di foto Anda.

Lokasi dan Rute ke Candi Ratu Boko Yogyakarta

Memilih Candi Ratu Boko sebagai liburan Anda merupakan pilihan tepat sebab lokasi tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja. Hanya sekitar 18 kilometer saja. Selain itu, candi megah tersebut tidaklah jauh dari Candi Prambanan, sekitar 3 kilometer saja. Sehingga, Anda dapat mengunjungi dua candi sekaligus dalam satu liburan. Lokasi Candi Ratu Boko ini berada di Dusun Bokoharjo. Tepatnya masuk ke Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Candi Ratu Boko tentu hampir sama dengan rute menuju Candi Prambanan jika berangkat dari jantung kota Jogja, yaitu dengan mengikuti jalan menuju Solo hingga sampai ke Candi Prambanan. kemudian, ketika menemukan Pasar Prambanan, beloklah ke kanan. Kira-kira 3 kilometer perjalanan Anda akan sampai di Candi Ratu Boko. Candi tersebut berada di atas perbukitan sehingga perjalanan melelahkan tersebut akan segera terbayar dengan udara segar khas alam.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Untuk mengujungi Candi Ratu Boko Yogyakarta, harga tiketnya lumayan lebih murah dibandingkan tiket Candi Prambanan maupun Candi Borobudur. Untuk wisatawan lokal, harga tiket yang harus dibayar adalah Rp25.000 per orang untuk kategori umum, sedangkan untuk anak-anak harus membayar tiket sebesar Rp12.000. Bagi wisatawan mancanegara harga tiketnya sebesar USD 13. Harga tiket tersebut adalah harga tiket Candi Ratu Boko terbaru tahun 2018.

Mengunjungi Candi Ratu Boko dapat Anda mulai dari pukul 06.00 sampai 17.00, yang merupakan jam buka candi tersebut. Untuk hari kunjungan, Anda dapat berkunjung setiap hari sebab candi bersejarah tersebut dibuka setiap hari dari mulai hari Senin sampai Minggu. Untuk fasilitas yang dapat ditemui di sini cukup lengkap. Anda dapat menemukan penginapan, toilet, tempar parkir, serta rumah makan. Tak hanya itu, terdapat juga area perkemahan.

Mengunjungi Candi Ratu Boko Yogyakarta merupakan pilihan tepat apalagi untuk study tour atau mengajak anak-anak. Ini bisa menjadi cara mudah dan menyenangkan mengenalkan sejarah Indonesia yang materi sejarah. Selain itu, bagi Anda yang ingin berkemah dengan rombongan anak sekolah, area di Candi Ratu Boko dapat menjadi tempat yang tepat. Sudah ingin segera mengunjungi candi tersebut bukan? Nah, untuk lebih memudahkan tranportasi Anda di Jogja, Anda sebaiknya menyewa kendaraan di Sewa Motor Jogja.