Candi Sambisari Yogyakarta merupakan candi Hindu yang dibangun pada abad 9 masehi. Candi yang terdapat di Purwomartani tersebut merupakan saksi kejayaan dari Kerajaan Mataram Kuno. Tepatnya pada pemerintahan Raja Rakai Garung. Bangunan candi tersebut terawat dan terjaga sebagai warisan leluhur tanah air kita. Tentu saja mengunjungi tempat ini membuat Anda lebih mengenal sejarah bangsa kita.

Berbagai Fakta Keseruan Berwisata di Candi Sambisari Yogyakarta

candi-sambisari-yogyakarta

Keberadaan Candi Sambisari awalnya ditemukan oleh para petani pada tahun 1966 ketika sedang bekerja. Sehingga, Anda dapat melihat bangunan candi tersebut berada di tengah persawahan. Kemudian, Dinas Purbakala mulai melakukan pemugaran tahun 1986. Candi Sambisari terkubur di dalam tanah sedalam 6,5 meter.

Lalu, apa saja hal menarik yang dapat Anda lakukan di Candi Cambisari Yogyakarta? Simak, ya, penjelasan berikut.

Melihat Saksi Bisu Kejayaan Kerajaan Medang, Salah Satu Kerajaan Mataram Kuno

Anda dapat menatap dengan seksama bangunan megah Candi Sambisari yang tetap kokoh meski waktu sudah menyentuh tubuhnya terlalu lama. Candi tersebut tetap bertahan untuk memperlihatkan pada orang zaman sekarang, bahwa dahulu di Indonesia terdapat Kerajaan Medang. Kerajaan yang sangat berjaya dan berkuasa yang dibangun pada wangsa Sanjaya.

Berfoto di Banggunan Candi Sambisari

candi-sambisari-yogyakarta

 

Berfoto di setiap mengujungi objek wisata merupakan hal wajib sama ketika Anda mengunjungi Candi Sambisari. Luas keseluruhan candi dapat dilihat dari pagar yang mengelilingi, yaitu 50 meter x 48 meter. Luas tersebut membuat Anda akan menemukan spot foto menarik dan keren. Anda dapat berfoto berdampingan dengan candi utama ataupun tiga candi pendamping.

Jangan lewatkan juga patung Ganesha, Agastya, dan patung-patung lainnya, yang berada di relung setiap sisi bangunan candi. Anda juga dapat masuk ke bagian utama candi untuk melihat secara langsung lingga dan yoni berukuran besar. Selain itu, Anda juga akan menemukan berbagai tembikar, prasasti, perhiasan, maupun cermin logam.

Menikmati Kesejukan dan Keindahan Persawahan

Candi Sambisari Kalasan Yogyakarta berada di area persawahan. Sehingga Anda dapat menikmati alam yang begitu mempesona. Suara kicauan burung, aktivitas para petani, maupun angin yang semilir. Rasanya begitu menenangkan.

Lokasi dan Rute ke Candi Sambisari Yogyakarta

Candi peninggalan agama Hindu tersebut letaknya tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, sekitar 12 kilometer saja. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Lokasi Candi Sambisari berada di Dusun Sambisari, tepatnya di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Letak lokasi tersebut tidak jauh dari objek wisata populer Candi Prambanan, hanya sekitar 5 kilometer saja.

Rute menuju Candi Sambisari dengan menggunakan kendaraan pribadi dari pusat Yogyakarta sebagai berikut. pertama mulailah mengikuti jalan menuju Solo, akan ditemukan tanda jalan menuju arah candi tersebut di KM 10. Ikuti tanda arah tersebut hingga sampai di candi tersebut.

Selain itu, Anda dapat menggunakan kendaraan transportasi. Naiklah bus Yogyakarta-Solo, kemudian turun di kilometer 10. Dari tempat tersebut Anda dapat melanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang 2 kilometer atau bisa naik ojek.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Tidak semahal Candi Prambanan, tiket masuk Candi Sambisari hanya Rp2.000 saja untuk semua usia, wisatawan lokal maupun internasional. Sangat murah dan dapat menjadi tempat istimewa bagi para bagpacker, bukan? Untuk memasuki kawasan ini dapat dimulai sesuai jam  buka yaitu pukul 09.00 sampai 16.00 WIB, setiap hari Senin sampai Minggu atau setiap hari.

Dengan harga tiket semurah itu, Candi Sambisari menawarkan berbagai fasilitas. Selain melihat panorama hijau pegunungan dan indahnya lekak-lekuk candi tersebut, fasilitas di tempat ini juga cukup memadai. Dari mulai tempat parkir, warung makan, toilet, dan fasilitas umum lainnya. Selain itu, terdapat ruang informasi yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui lebih dalam mengenai sejarah Candi Sambisari. Akan tampak foto-foto selama penggalian dan rekonstruksi.

Demikian ulasan lengkap mengenai Candi Sambisari Yogyakarta yang sangat eksotis. Mengunjungi objek wisata Yogyakarta tersebut tidak hanya akan menawarkan aroma alam dan keindahan arsitekture khas Hindu, tetapi juga sebagai tanda kebanggan kita kepada warisan leluhur kita. Nah, ketika liburan di candi ini diharapkan tidak merusak keberadaan candi dengan membuang sampah ataupun mencoret-coret bangunan candi.

Sedangkan jika Anda butuh kendaraan selama di Jogja, termasuk untuk ke Candi Sambisari Yogyakarta, kunjungi saja layanan kami di sewamotorjogja.id. Penyewaan kendaraan di tempat kami sudah terpercaya sejak lama, selain murah, amanah, juga terpercaya.