Posisi candi Budha terbesar di Indonesia diduduki oleh Candi Borobudur. Sedangkan peringkat kedua, diduduki oleh Candi Sewu Klaten.  Penamaan Candi Sewu tersebut bukan dari jumlah candi yang genap seribu. Namun orang Jawa khususnya Jogja memang suka menyebut jumlah candi yang banyak menjadi seribu dan berakar pada legenda Loro Jongrang. Padahal, di kawasan wisata tersebut hanya ada 249 candi.

Candi ini juga dikenal sebagai Candi Manjusrighra ini terbangun dari bebatuan andesit.  Penamaan lain tersebut berasal dari prasasti Manjusrigrha yang ditemukan tahum 1960. Prasasti tersebut menjelaskan bahwa bangunan candi ini selesai dibuat pada tahun 792 masehi. Terdapat juga prasasti Kelurak yang menjelaskan dimulainya pembangunan candi yaitu pata tahun 782 masehi.

Apa saja hal menarik dari candi yang berdiri di atas tanah 185 x 165 meter dengan ketinggian Candi mencapai 30 meter ini? Berikut ulasannya.

Melihat Tempat dari Kisah Roro Jograng dan Bandung Bondowoso

Di Indonesia, tidak ada yang tidak mengenal kisah tragis dari legenda Roro Jograng dan Bandung Bondowoso. Di dalam cerita tersebut, dikisahkan Roro Jograng memberikan syarat pada Bandung yang ingin menikahinya, yaitu membangun seribu candi dalam waktu semalam. Bandung Bondowoso menyanggupi. Dia dan balanya segera membuat candi dan hampir selesai, jumlahnya sudah 999 candi. Namun, Roro Jograng berbuat curang, hingga ayam berkoko sebagai petanda pagi tiba.

Karena kecurangan itu, Roro dikutuk Bandung menjadi patung sebagai pelengkap hingga menjadi 1000 candi. Walaupun sudah diketahui bahwa jumlah candi sebenar adalah 249 candi, tidak ada salahnya melihat patung Roro Jograng di tempat ini, bukan?

Belajar Sejarah di Candi Sewu Klaten

Melihat keindahan candi sewu serta lekak-lekuknya, akan membuat Anda tercenggang dengan wangsa Sailendra yang membangun candi tersebut. Selain itu, ada berbagai sejarah yang terkait dengan candi yang sebenarnya bernama Prasada Vajrasana Manjusrigrha tersebut. Berlibur di tempat ini akan mengajarkanmu sejarah secara langsung.

Lokasi dan Rute ke Candi Sewu Klaten dari Yogyakarta

Wisata bersejarah Candi Sewu Klaten bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jaraknya hanya 17 kilometer dari pusat kota Jogja. Jika Anda mengunjungi Candi Prambanan, dapat menyempatkan waktu mengujungi Candi Sewu, sebab lokasinya kedua candi tersebut cukup dekat. Masih dalam satu kecamatan Prambanan, tepatnya berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Klaten, Jawa Tengah.

Rute menuju Candi Sewu jika menggunakan kendaraan pribadi dimulai dari pusat kota Yogyakarta, Anda harus mengikuti jalur menuju Solo, kemudian masuk ke kawasan kecamatan Prambanan. Kemudian arahkan kendaraan menuju Jalan Candi Sewu. Akan ada petunjuk menuju candi tersebut yang dapat diikuti oleh Anda dengan mudah hingga sampai ke Candi Sewu.

Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum transjogja. Dari koridor yang terdapat di Jalan Jogja, naiklah trasjogja koridor 1A atau 2A. Koridor tersebut akan menuju rute Candi Prambanan. Anda akan sampai ke Halte Prambanan, kemudian Anda dapat naik angkutan maupun ojek online menuju ke Candi Sewu. Jika Anda bagpacker dan ingin tantangan, bisa berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer dari halte menuju candi tersebut.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Masih sekomplek dengan Candi Prambanan sehingga harga tiketnya sudah mencangkup kedua objek populer tersebut. Tiket untuk wisatawan lokal anak-anak harganya adalah Rp12.500 per anak, sedangkan untuk orang dewasa dan anak di atas umur 6 tahun dikenai harga tiket Rp30.000 per orang. Sedangkan bagi wisatawan asing harga tiketnya USD 18. Jika datang dengan rombongan minumal 20 orang pelajar atau mahasiswa, akan ada harga diskon.

Namun untuk memasuki Candi Sewu, Anda harus membayar tiket kereta mini dari Candi Prambanan menuju Candi Sewu seharga Rp10.000 per orang. Untuk mengunjungi objek wisata ini, Anda dapat memulainya dari pukul 06.00 sampai 17.00, dibuka setiap hari dari Senin sampai Minggu. Waktu yang cukup panjang untuk menikmati kedua keindahan candi ini, bukan? Sedangkan untuk fasilitas di Candi Sewu cukup lengkap, fasilitas umum sudah ada. Seperti toilet, tempat makan, tempat parkir, dan lain sebagainya.

Itulah ulasan mengenai Candi Sewu Klaten. Semoga dapat menambah referensi Anda mengenai wisata di Yogyakarta. Dengan ulasan di atas bisa jadi Anda tertarik mengunjungi wisata bersejarah tersebut bersama keluarga, sahabat, atau kekasih. Apalagi, kawasan candi ini memiliki pesona yang cantik untuk dijadikan latar belakang foto. Dapat menjadi referensi tempat prewedding juga, ya? Jika Anda membutuhkan kendaraan di Yogyakarta, terdapat tempat penyewaan yang direkomendasikan sekali. Klik saja sewamotorjogja.id.