Daerah Istimewa Yogyakarta memang tidak pernah kehabisan cara untuk memanjakan para wisatawan. Kali ini, suguhan keindahan alamnya datang dari Goa Kiskendo Kulon Progo. Gua ini merupakan salah satu tempat wisata yang memberikan kisah sejarah menarik dari dunia pewayangan. Tentu saja, dari namanya langsung mengingatkan pada kisah Ramayana.

Sejarah dan Keindahan Goa Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta

goa-kiskendo-kulon-progo

Goa Kiskendo Yogyakarta memiliki sejarah panjang. Goa ini dikisahkan menjadi lokasi pertempuran dan sebagai tempat kediaman kakak beradik Sugriwa dan Subali. Goa Kiskendo ditemukan tahun 1820. Mulai dijadikan tempat wisata sejak tahun 1964 sebagai wisata religi. Di tahun 1979, Goa Kiskendo resmi di bawah pengelolaan Dinas Pariwisata Yogyakarta. Sejak tahun 2005, pemerintah mulai melakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar goa terkait keberlangsungan Goa Kiskendo Kulon Progo.

Banyak hal menarik mengunjungi Goa Kiskendo Kulon Progo. Berikut ini ulasannya.

Pementasan Kisah Ramayana di Goa Kiskendo Yogyakarta

goa-kiskendo-kulon-progo

Pahatan relief kisah Ramayana pada tebing-tebing di sekitar pintu masuk gua akan membuat mata wisatawan tidak berkedip. Pahatan relief berukuran besar ini membuat kisah Ramayana begitu nyata. Setiap segmen kisahnya terjalin indah menceritakan perebutan Dewi Shinta antara Rama dan Rahwana. Lalu berlanjut pada persekutuan Rama dan kerajaan kera. Pertempuran antara Mahesasura dan Lembusuro melawan Subali manusia kera juga sangat menarik.

Setiap lorong goa mengisahkan tempat kediaman kakak beradik berkepala kerbau dan sapi. Pahatan relief juga menggambarkan kecemasan Sugriwa menunggu Subali dari pertempuran melawan kakak beradik Mahesasura dan Lembusuro di dalam goa. Bahkan pahatan relief juga ada di langit-langit goa memamerkan kepanikan Subali terkurung di pintu masuk akibat tertutup batu. Akhirnya Subali menghancurkan langit-langit goa agar bisa keluar. Seluruh pahatan relief di sepanjang goa ini seperti pertunjukan pementasan kisah Ramayana.

Berfoto dengan Sensasi Berbeda

Pemandangan di dalam goa akan memberikan sensasi berbeda dalam foto. Meskipun perlu pencahayaan khusus agar hasil jepretan lebih baik. Namun, pahatan relief yang luar biasa serta ornamen stalaktit dan stalaknit dalam goa sungguh sayang untuk dilewatkan. Berfoto di spot-spot eksotis dalam goa akan jadi foto mengesankan sebagai oleh-oleh selama liburan.

Air Segar dalam Goa

Selain melihat pementasan kisah Ramayana melalui pahatan reliefnya, wisatawan akan berkesempatan merasakan air segar dalam goa. Tepatnya di tengah-tengah goa, ada sebuah ruangan yang serupa dengan aula kecil. Di sebelah aula kecil tersebut terdapat gentong berisi air. Air dalam gentong ini berasal dari tetesan stalaktit. Air ini segar dan bisa diminum. Wisatawan bisa menikmati air segar ini setelah menempuh perjalanan menyusuri goa.

Lokasi dan Rute ke Goa Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta

Goa Kiskendo berada di jalan Goa Kiskendo Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. Lokasinya sekitar 38 kilometer dari kota Yogyakarta atau sekitar 21 kilometer dari kota Wates. Rute menuju goa ini sangat mudah. Dari Yogyakarta menuju jalan Godean lalu melanjutkan ke arah barat hingga ke jalan Goa Kiskendo. Sementara dari arah kota Wates menuju ke arah Nanggulan sampai ke jalan Goa Kiskendo. Rute perjalanan naik turun dan berkelok karena lokasinya berada di deretan Pegunungan Menoreh.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Goa Kiskendo Kulon Progo terbuka untuk umum mulai jam 08.00 s/d 14.00 WIB setiap harinya. Harga tiket masuknya hanya Rp 3.000 per orang. Sementara untuk parkir kendaraan motor sebesar Rp 2.000 sedangkan mobil sebesar Rp 5.000. Sejak tahun 2017, wisata Goa Kiskendo Yogayakarta semakin meriah dengan adanya pertunjukan seni tarian kisah Ramayana tersebut. Pertunjukan seni tarian diselenggarakan mulai pukul 10.00 WIB setiap hari. Goa Kiskendo Yogyakarta memberikan kenyamanan dalam berwisata dan menyediakan fasilitas seperti lokasi parkir, tempat ibadah dan toilet umum yang dapat ditemukan dengan mudah.

Itulah ulasan terkait wisata Goa Kiskendo Kulon Progo. Sangat dianjurkan untuk selalu menjaga perilaku karena masih banyak mitos atau kepercayaan di masyarakat terkait Goa Kiskendo ini. Jangan lupa juga untuk selalu berhati-hati menyusuri lorong-lorong goa. Semakin berminat untuk mengunjungi Goa Kiskendo? Untuk urusan transportasi serahkan saja pada penyewaan motor di layanan sewamotorjogja.id.