Yogyakarta mempunyai banyak cerita yang luar biasa dan tak habis jika dituliskan. Salah satunya tentang aneka wisata yang ada di wilayahnya. Tak hanya pantai dan candi saja, Yogyakarta juga memiliki wisata alam berupa gua, Salah satunya adalah Gua Cerme Yogyakarta.

Gua Cerme Yogyakarta Punya Sejarah dan Pesona Alam

gua-cerme-yogyakarta

Gua Cerme merupakan gua yang memiliki sejarah cukup panjang. Tak hanya sejarahnya yang panjang, gua ini juga cukup panjang mencapai 1.5 km hingga tembus ke sebuah sendang di desa Ploso, Kecamatan Giritirto, Gunungkidul. Penamaan gua cerme berasal dari kata ceramah. Kata ini berarti ucapan atau perbincangan walisongo. Karena dulunya Gua Cerme dimanfaatkan oleh Sunan Kalijaga, salah satu dari walisongo yang menyebarkan Islam di Jawa, untuk menyebar ajaran agama Islam. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan singkat tentang wisata Gua Cerme Yogyakarta berikut ini.

Berpetualang Menyusuri Sungai Bawah Tanah

gua-cerme-yogyakartaGua Cerme Yogyakarta memiliki sungai bawah tanah yang cukup dangkal. Kedangkalan sungainya hanya bervariasi di antara setinggi mata kaki sampai pinggang orang dewasa. Jika Anda ingin menyusuri keindahan sungai bawah tanah di Gua Cerme, cukup siapkan helm dan lampu untuk penerangan saja yang tak perlu repot-repot membawanya dari rumah. Karena pengelola wisata ini sudah menyediakannya.

Di Gua ini, pengunjung bisa melakukan caving. Yaitu menyusuri arus air sungai sepanjang 1.5 kilometer dengan kegelapan dan tanpa cahaya matahari. Untuk itu, lampu penerangan sangat dibutuhkan untuk melakukan perjalanan di dalam gua. Biasanya, pengunjung akan menemui tempat-tempat yang keramat, antara lain watu kaji, mustoko, watu gilang dan masih banyak lainnya.

Tak hanya itu, wisata alam ini juga menawarkan ke pengunjung pemandangan indah dari sebuah air terjun yang bernama Gerojogan Sewu. Gerojoga Sewu ini merupakan air terjun mini yang ada di dalam Gua Cerme. Kalau debit air di gerojogan sewu cukup deras, dan untuk lebih amannya biasanya pengunjung hanya akan diantarkan oleh pemandu sampai bagian ini saja kemudian kembali untuk keluar gua.

Selain caving, Anda pun bisa mengabadikan momen bersejarah saat menyusuri lorong di gua cerme ini. Ada beberapa spot yang patut untuk diabadikan seperti stalaktit dan stalagmit yang terbentuk dari rintikan air. Stalaktit dan stalagmit yang ada di Gua Cerme masih hidup. Selain itu ada spot foto lain seperti sodastraw, gourdam dan masih banyak lainnya. Gua ini patut untuk Anda jadikan sebagai latihan fotografi di tempat gelap.

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Gua Cerme Yogyakarta

Gua cerme berada di desa Selopamioro, Imogiri, Bantul. Pintu keluar gua berada di kawasan Ploso, Giritirto, Gunungkidul. Untuk menuju ke gua ini, Anda bisa melewati jalur Imogiri timur setelah sampai di jalur terminal Giwangan. Dari daerah Imogiri, ada banyak petunjuk jalan untuk menuju ke gua cerme. Gua Cerme hanya berada di 26 kilometer ke arah selatan dari kota Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Wisata Gua Cerme Yogyakarta

Harga tiket masuk ke Gua Cerme cukup murah. Hanya Rp3.000 saat weekday dan Rp4.000 saat wekeend dan libur lebaran serta tahun baru. Untuk menyusuri gua, pengunjung cukup membayar Rp3.000 dan menyewa guide Rp50.000 per jumlah pengunjung maksimal 13 orang. Cukup murah bukan? Hanya dengan harga sedemikian sudah bisa menikmati keindahan dalam perut bumi di Gua Cerme.

Fasilitas di Gua Cerme hanya ada toilet, meeting point atau tempat pertemuan, warung makan, dan pusat informasi serta area parkir. Bagi Anda yang ingin melakukan caving harus menyewa headlamp guna penerangan ketika menyusuri gua cerme. Pihak pengelola Gua Cerme Yogyakarta sudah menyediakan dan pengunjung harus menyewa sekitar Rp5.000 per orang.

Nah, itulah sedikit banyak ulasan mengenai Gua Cerme Yogyakarta. Anda bisa menyusuri gua ini bersama sahabat-sahabat seperjuangan untuk merasakan keseruan dan menambah eratnya tali persahabatan. Berminat ke wisata ini? Tak perlu repot jika tak memiliki kendaraan. Karena sekarang di wilayah Yogyakarta sudah ada jasa sewa motor yang bernama Jogis Rental Motor. Anda bisa menyewa motor di jasa ini di laman sewamotorjogja.id