Kalisuci merupakan salah satu sungai di Kabupaten Gunungkidul yang bermuara di Pantai Baron. Hulu sungai Kalisuci berada di pegunungan karst yang memiliki panorama alam menawan. Di daerah hulu tersebut ada sebuah gua yang dijadikan tempat wisata yaitu Gua Kalisuci Yogyakarta.

Nama Kalisuci berarti sungai dengan air yang bersih dan jernih. Nama ini sangat sesuai karena keadaan air sungai tetap jernih meski musim hujan.

Cave Tubing di Sungai Gua Kalisuci Yogyakarta yang Jernih

Kegiatan wisata utama di Gua Kalisuci adalah cave tubing. Keindahan alam di sekitar gua sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan Kalisuci termasuk tempat cave tubing paling indah setelah gua di Selandia Baru dan Meksiko.

Gua Kalisuci Yogyakarta

Infrastruktur jalan menuju Gua Kalisuci Yogyakarta sudah bagus dan mulus hingga ke Wonosari. Namun dari Wonosari sampai ke lokasi gua, medan yang akan Anda hadapi berupa tanjakan, turunan, dan tikungan yang cukup ekstrem.

Sampai di lokasi cave tubing, Anda akan mendapatkan peralatan lengkap dan pengarahan sebelum melakukan aktivitas tersebut.

Untuk menelusuri sungai, Anda harus mendayung dengan tangan. Batuan karang dan tebing karst di kanan kiri adalah pemandangan yang akan mewarnai perjalanan Anda. Dengan menyandarkan badan pada ban pelampung, pemandangan di atas terlihat jelas dan menawan.

Pemandu akan memberikan informasi mengenai lokasi menarik yang dilalui. Tak hanya Gua Kalisuci Yogyakarta ada juga Gua Suci, Gua Geleng, Gua Buri Omah, dan Gua Luweng Senglat.

Perjalanan Penyusuran Dalam Gua

Sungai Kalisuci yang mengalir di dalam gua memiliki lebar sekitar 5-10 meter. Di beberapa bagian sungai Anda akan mendapati kelokan dan jeram yang berarus deras. Ketika melewati jeram, ban pelampung kurang stabil dan berputar-putar sehingga Anda perlu menjaga keseimbangan. Kegiatan cave tubing akan memakan waktu selama 1,5 hingga 2 jam.

Jika Anda pernah mencoba cave tubing di Gua Pindul, pengalaman di Gua Kalisuci agak berbeda. Lebar sungai di dalam Gua Kalisuci lebih sempit, terdapat batuan sungai yang cukup banyak dan terjal, sehingga Anda harus lebih berhati-hati. Air sungai akan terlihat kehijauan karena pancaran sinar matahari.

Tantangan penyusuran yang lebih menarik dimulai setelah masuk ke dalam mulut gua. Suasana sepi, dingin, dan gelap di dalam gua memberi Anda nuansa yang berbeda. Anda bisa menyaksikan keindahan stalaktit dan stalagmit pada dinding, langit-langit, dan dasar gua.

Di akhir kegiatan, Anda harus mendaki bukit dengan medan cukup curam dan tinggi serta berjalan jauh untuk sampai ke tempat penjemputan. Sehingga disarankan untuk mengikuti cave tubing di gua Kalisuci, Anda menyiapkan stamina dan kondisi fisik yang baik.

Tiket Masuk dan Tarif Cave Tubing

Tarif cave tubing di Gua Kalisuci yaitu sebesar Rp70.000 per orang. Anda juga perlu membayar retribusi sebesar Rp5.000 untuk masuk ke dalam kawasan wisata. Tempat wisata Gua Kalisuci Jogja buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Tetapi aktivitas cave tubing biasanya ditutup ketika musim hujan demi keamanan wisatawan.

Fasilitas yang Disediakan

Pengelola wisata cave tubing akan memberikan perlengkapan yang diperlukan seperti pelampung, headlamp, ban, sepatu boat, dan makan setelah selesai kegiatan. Setiap pemandu akan menemani wisatawan selama perjalanan menyusuri sungai dan gua. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan fasilitas lain seperti toilet, tempat parkir, dan transportasi dari titik akhir ke tempat permulaan.

Lokasi dan Rute Menuju Gua Kalisuci Yogyakarta

Gua Kalisuci Yogyakarta berada di Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 60 km. Perjalanan menuju gua dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam. Menuju ke Wonosari, Anda dapat melewati jalan Yogya – Wonosari.

Selanjutnya teruskan perjalanan menuju ke Semanu. Perlu waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke basecamp tempat wisata ini. Sebelum menjumpai basecamp, Anda harus berjalan melewati medan berbatu sepanjang 500 meter. Setelah itu Anda akan sampai di titik permulaan cave tubing.

Menuju Gua Kalisuci Yogyakarta dapat dilakukan dengan kendaraan umum maupun pribadi. Namun untuk lebih mudah dan nyaman, Anda sebaiknya membawa kendaraan sendiri. Kami menyediakan kendaraan bermotor untuk disewa bagi Anda yang memerlukan. Hubungi Sewa Motor Jogja untuk mendapatkan servis terbaik dan harga memuaskan dari kami.