Gunungkidul mempunyai destinasi wisata alam baru yang menyuguhkan keindahan gua yang dapat dinikmati dengan cara menyusurinya. Hampir serupa dengan Gua Pindul, Gua Tanding Yogyakarta juga merupakan primadona wisata susur gua.

Gua Tanding Gunungkidul yang dikelola oleh kelompok Sadar Wisata asalnya ditemukan oleh warga bernama Mbah Harto Tanding yang sedang mengebor tanah untuk dibuat sumur. Peristiwa ini terjadi sekitar tahun 1997. Ketika itu Mbah Harto menemukan gua yang tembus sampai ke bawah saat mengebor.

Pada tahun 2015, Pak Sadam seorang pengusaha asal Bejiharjo meninjau sumur Mbah Harto yang memiliki gua di dasarnya. Selanjutnya beliau memprakarsai pengembangan Gua Tanding menjadi tempat wisata setelah adanya penelitian yang dilakukan ahli geologi dari UPN Veteran Yogyakarta. Selanjutnya, pengelolaan objek wisata dilakukan oleh kelompok Sadam Wisata dan mulai dibuka secara resmi pada Agustus 2016.

Susur Gua Tanding Yogyakarta dengan Perahu Karet

Gua Tanding Yogyakarta memiliki panjang sungai sekitar 450 meter dengan lebar antara 8 sampai 10 meter. Sementara kedalaman sungai di dalamnya antara 2 hingga 6 meter. Jalan menuju titik permulaan penyusuran dikelilingi oleh gerbang dan taman. Kawasan sekitar gua yang sebelumnya merupakan hutan jati kini menjadi dinding batu gamping dengan pagar besi. Di luar itu, alam sekitar masih asri dan terjaga.

Gua Tanding Yogyakarta

Wisatawan dapat mengeksplorasi keindahan bagian dalam gua dengan menggunakan perahu karet. Perahu bisa leluasa bergerak di dalamnya karena tidak ada stalaktit besar yang menghalangi aliran sungai. Perahu karet beserta perlengkapan keselamatan seperti helm, pelampung, dan sepatu karet disediakan oleh pengelola.

Gua Tanding Yogyakarta memiliki pesona keindahan yang menawan dengan stalaktit dan stalagmit di dalamnya. Stalaktit putih menyerupai sayap raksasa yang membentang pada langit-langit gua menjadi pemandangan yang unik.  Di tengah penelusuran gua, Anda akan menemukan lubang yang dapat meneruskan sinar matahari dari atas. Dari lubang tersebut juga air tanah menetes ke bawah.

Keindahan Sepanjang Jalur Susur Gua

Pemandangan eksotik di dalam gua tak hanya itu. Batuan kapur yang menyembul ke permukaan air berjajar rapi seperti punggung buaya jika dilihat dari kejauhan. Di lokasi ini, wisatawan boleh turun dari perahu dan berfoto di atas bebatuan. Pada langit-langit gua terlihat ribuan kelelawar bergelantungan. Kelelawar tersebut tidak berbahaya karena merupakan pemakan buah-buahan dan serangga, yang biasa disebut kampret.

Ujung Gua Tanding Gunungkidul tertutup dinding karst sehingga tidak dapat dilewati. Untuk keluar dari gua, wisatawan harus berbalik arah melewati jalan yang semula.

Usai menyusuri gua, pemandu akan membawa pengunjung ke sungai kecil yang menjadi habitat ikan-ikan kecil. Ketika mencelupkan kaki ke dalam air, ikan-ikan akan menggigitinya sehingga menimbulkan sensasi geli.

Saat ini pengelola Gua Tanding Yogyakarta baru menyediakan empat perahu yang memiliki kapasitas masing-masing 8 orang termasuk pemandu. Karena udara di dalam gua terbatas, kunjungan pun dibatasi setiap kloter agar wisatawan yang masuk tidak kekurangan oksigen.

Jika ingin menikmati aktivitas yang lebih menantang, cobalah rappelling rope ke dasar gua. Terdapat lubang yang bisa dilalui dengan satu tali menuju Kedung Buntung yang memiliki mata air Sumber Ngancar yang indah.

Harga Paket Wisata dan Fasilitas

Ketika masuk ke dalam kawasan wisata Gua Tanding Yogyakarta, Anda akan dikenai retribusi sebesar Rp10.000. Sementara untuk mengikuti aktivitas menyusuri gua, dipatok tarif sebesar Rp150.000 untuk wisatawan lokal dan Rp200.000 bagi wisatawan mancanegara. Dengan membayar paket wisata tersebut, Anda akan memperoleh fasilitas perlengkapan susur gua, jasa pemandu, terapi ikan, dan makan bakso setelah selesai acara penyusuran.

Rute ke Gua Tanding

Gua Tanding Yogyakarta berada di Dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak dari Yogyakarta sekitar 45 km, dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dengan kendaraan pribadi. Jika Anda berangkat dari Yogyakarta, ambil jalan arah ke Wonosari hingga sampai ke Bundaran Wonosari. Kemudian belok ke kiri ke arah Gua Pindul, terdapat petunjuk arah di tepi jalan. Lokasi Gua Tanding berada di sebelah selatan Gua Pindul sehingga mencarinya tidak sulit.

Apabila Anda tidak membawa kendaraan sendiri, dapat menggunakan jasa sewa kendaraan sebagai alternatif untuk menuju ke Gua Tanding Yogyakarta. Hubungi kami, Sewa Motor Jogja untuk pemesanan dan sewa kendaraan roda dua dengan tarif bersahabat dan layanan memuaskan.