Saat ini, hutan menjadi salah satu objek destinasi wisata. Salah satu hutan itu adalah hutann pinus. Di Yogyakarta sendiri ada tiga hutan pinus yang bisa dijadikan salah satu tujuan untuk berlibur. Ada wisata Hutan Pinus Asri, wisata Hutan Pinus Pengger dan yang terakhir, Hutan Pinus Mangunan Jogja.

Hampir semua sudut di Yogyakarta mempunyai nilai jual tersendiri untuk sektor industri pariwisata. Hutan Pinus Mangunan termasuk salah satunya. Hutan Pinus Mangunan merupakan kawasan wisata yang baru populer, namun karena kepopulerannya itu bisa mengalahkan dua tempat wisata yang ada di dekatnya, seperti Kebuh Buah Mangunan dan Puncak Becici. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut mengenai Hutan Pinus Mangunan Jogja.

Hutan Pinus Mangunan Jogja Sebagai Tempat Wisata

hutan-pinus-mangunan-jogja

Hutan Pinus Mangunan Jogja mempunyai nama lain yaitu Hutan Pinus Imogiri. Hutan ini sebetulnya adalah hutan yang berada di wilayah Resort Pengelolaan Hutan Mangunan. Tak sampai masuk ke dalam kawasan Imogiri. Yang menjadikannnya terkenal dengan nama Hutan Imogiri karena hutan ini ada di jalur yang sama dengan makam dari para raja Imogiri, sehingga banyak para pengunjung yang salah sangka dan akhirnya menyebut hutan ini dengan nama itu.

Awalnya, hutan ini bukan sebagai tempat wisata seperti sekarang. Karena dulu, hutan pinus ini gersang dan tandus akibat kebakaran hutan dan pembalakan liar oleh tangan yang tak bertanggung jawab. Dengan usaha pemerintah setempat melalui pihak Perhutani, hutan ini direboisasi dengan menjadikannya sebagai hutan lindung yang homogen. Setelah berubah menjadi hijau dan penuh dengan pohon pinus, kawasan hutan menjadi perhatian besar dan menarik publik untuk berkunjung dan akhirnya hutan pinus  mangunan menjadi tempat wisata.

Berfoto Tentu Sangat Instagramable

hutan-pinus-mangunan-jogja

Banyak spot menarik di hutan pinus mangunan. Salah satunya adalah ketika Anda baru masuk ke pintu gerbang, sudah ada spot cantik di mana terdapat taman yang dipenuhi bermacam-macam bunga. Spot ini sangat cocok untuk dijadikan tempat mengabadikan momen saat berkunjung ke hutan pinus mangunan.

Ada spot foto menarik lainnya. Di hutan pinus  mangunan Anda bisa menemukan jalan setapak yang jalurnya menuju ke sebuah tebing. Nah, tepat di tepi tebing ini terdapat aliran Sungai Opak berlatar belakang perbukitan yang sangat menawan. Tentu momen ini tak bisa dilewatkan begitu saja untuk dijadikan tempat selfie.

Pihak pengelola Hutan Pinus Mangunan Jogja sudah menyiapkan fasilitas gardu pandang yang tingginya sekitar 10-12 meter agar pemandangan yang ditangkap menjadi semakin luas dan landskap. Gardu pandang ini berada di bibir tebing yang menempel di pohon dengan bahan dasar kayu dan bambu dengan dua tingkat.

Di tingkat pertama, kapasitasnya hanya mampu menampung 3 orang saja, dan untuk tingkat kedua, paling banyak 2 orang. Karena keterbatasan tempat itulah, para pengunjung biasanya hanya diberi batas waktu maksimal 10 menit saja untuk mengambil foto dan menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dari gardu pandang ini.

Pengunjung harus berhati-hati ketika menaiki gardu pandang ini, karena hembusan angin yang cukup kencang, terkadang bisa membuat gardu pandang bergoyang-goyang. Selain itu, spot-spot cantik lainnya ada seperti hammock di antara dua pohon, ayunan, dan bangku-bangku yang telah disiapkan sebagai tempat duduk wisatawan dan cocok untuk tempat berfoto ria.

Lokasi dan Rute Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan ada di desa Mangunan, Dlingo, Bantul. Kawasan ini dekat dengan Kebuh Buah Mangunan. Jaraknya hanya berkisar 25 km dari pusat kota Yogyakarta di sebelah selatan.

Untuk menuju ke kawasan ini cukup mudah. Dengan melewati jalan Imogiri Timur lalu melintasi kawasan makam para raja Imogiri. Sebelum sampai di kawasan makam para raja Imogiri, ada sebuah pertigaan yang Anda harus lurus jika bertemu dengannya untuk sampai ke Hutan Pinus. Jika berbelok ke arah kanan, itu adalah jalan menuju Kebun Buah Mangunan dan jalan yang ke kiri menuju makam para raja.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Hutan Pinus Mangunan

Untuk memasuki hutan, pengunjung tidak kenai biaya sepeser pun. Namun hanya membayar biaya parkir. Bagi pengendara motor Rp3.000, pengemudi mobil Rp10.000 dan untuk bus Rp20.000.

Fasilitas yang ada di hutan ini seperti beberapa bangku, hammock, gardu pandang, rumah pohon, ayunan, kamar mandi, dan tempat ibadah. Ada juga area untuk outbond, camping dan tempat parkir.

Itulah ulasan singkat mengenai Hutan Pinus Mangunan Jogja. Bagi Anda yang ingin berwisata ke sana, namun tak memiliki kendaraan, Anda bisa memanfaatkan jasa sewa moto kami di sewamotorjogja.id.