Jika ada pertanyaan mengenai tempat apa yang paling terkenal di Jogja, mungkin jawabannya adalah Malioboro. Bagi pemburu oleh-oleh khas Jogja atau Jawa, Malioboro memang surganya. Selain tempat untuk berwisata belanja, memang ada kesan tersendiri yang melekat kuat di kawasan satu ini. Kesan tersebut menimbulkan rindu ketika berpisah dengannya. Yuk simak ulasan mengenai Jalan Malioboro Jogja yang tidak pernah kehabisan cerita ini.

Jalan Malioboro Jogja Zaman Dahulu dan Sejarahnya

Dahulu, Malioboro ini merupakan jalan yang begitu sepi, hanya ditemani oleh pohon asam di bagian tepinya. Meski begitu, jalan ini memang sudah difungsikan sebagai jalan yang dilalui ketika menuju keraton, Benteng Vredeburg, maupun ke Pasar Beringharjo.

Asal mula nama Malioboro sendiri memiliki dua versi. Versi pertama, ada yang mengatakan bahwa nama itu diambil dari bahasa Sansekerta, artinya karangan bunga. Dinamakan demikian, karena jalan ini selalu dipenuhi bunga setiap kali keraton menggelar perhelatan. Versi kedua mengatakan bahwa nama Jalan Malioboro diambil dari nama bangsawan Inggris yang tinggal di Jogja antara tahun 1811-1816, yakni Malborough.

Berbagai Tempat Wisata Belanja Menarik di Jalan Malioboro Jogja

Pertunjukan musisi angklung di Jalan Malioboro Jogja adalah salah satu sajian yang menarik.

Di sepanjang Jalan Malioboro Jogja, terdapat berbagai tempat wisata belanja yang sangat menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat tersebut, antara lain:

  1. Emperan Malioboro

Di Emperan Malioboro, yang terbentang dari Stasiun Tugu hingga kantor pos, terdapat banyak sekali pedagang yang menawarkan barang dagangannya dengan harga yang terjangkau. Mayoritas barang dagangan tersebut adalah pakaian maupun cinderamata khas Jogja yang unik. Bagi Anda yang hendak berbelanja di sini, pintar-pintar menawar harga ya.

  1. Malioboro Mall

Malioboro mall merupakan alternatif pilihan jika Anda kurang suka berbelanja di Emperan Malioboro. Sebenarnya barang yang dijual di sini relatif sama dengan barang yang dijual di mall lain, tapi tetap saja, Malioboro Mall selalu ramai.

  1. Pasar buku murah shopping center

Tempat ini sangat cocok bagi Anda pecinta buku. Di sini Anda dapat berburu, baik buku bekas maupun baru yang harganya murah. Selain cocok sebagai pecinta buku, tempat ini tentu juga menjadi surga bagi para mahasiswa. Banyak yang mengatakan, jika Anda kesulitan mencari buku yang edisi barunya tidak terbit lagi, maka di tempat ini Anda bisa menemukannya dengan harga yang sangat terjangkau.

  1. Pasar Beringhardjo

Pasar satu ini sudah sangat terkenal di Jogja. Berlokasi di ujung Jalan Malioboro Jogja, dan tersedia berbagai macam souvenir, juga kuliner khas Jogja. Jika Anda ingin mendapat harga yang lebih murah ketika berbelanja di Pasar Beringhardjo, maka sebaiknya Anda membeli dalam hitungan grosir.

Selain surga yang berisi berbagai macam souvenir, Malioboro juga menjadi tempat yang pas untuk berburu aneka macam kuliner. Di sepanjang jalan banyak pedagang kaki lima yang menjual sajian-sajian nikmat dengan harga terjangkau. Salah satu makanan yang wajib Anda coba tentu saja gudeg. Sedangkan untuk minumannya, Anda wajib mencoba es dawet yang legit oleh gula merahnya dan gurih ooleh santan kelapanya.

Beberapa Tips Berbelanja di Malioboro

Jalan Malioboro Jogja

Suasana Jalan Malioboro Jogja di malam hari

Ada beberapa tips dan trik ketika berbelanja di Malioboro. Salah satunya adalah pintar dalam menawar. Contohnya begini, Anda ditawari barang dengan harga Rp50.000, dengan kelihaian menawar, maka Anda bisa mendapatkan barang tersebut dengan harga Rp25.000 atau Rp20.000 saja.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati jika ditawari jasa becak atau delman. Meski tidak semua, ada beberapa tukang becak atau delman yang ‘nakal’ dan sengaja membawa Anda ke toko tertentu. Biasanya tukang becak atau delman tersebut sudah bekerja sama dengan pemilik toko. Jadi tetap waspada ya.

Lokasi Dan Rute yang Dapat Diakses

Malioboro berada di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta. Untuk sampai di kawasan ini, Anda bisa menggunakan bus jalur 4 dan bus Transjogja trayek 3A atau 3B. Anda bisa juga naik taksi untuk menuju ke jalan yang membentang sejauh 2,5 km ini.

Harga Tiket dan Fasilitas

Untuk ke kawasan ini, tidak ada biaya yang dibebankan, mungkin jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda hanya dikenakan biaya parkir.

Adapun untuk fasilitas dan akomodasi penunjang pariwisata di Malioboro ini sudah sangat lengkap. Berbagai hotel, mulai dari hotel kelas melati hingga berbintang lima sudah ada di sini. Fasilitas lain, seperti rumah makan, tempat ibadah, pos informasi, ATM, dan tempat oleh-oleh sudah tersedia juga di sini.

Bagi Anda yang hendak ke Jalan Malioboro Jogja dengan kendaraan pribadi dan tidak memilikinya, Anda tidak perlu khawatir, karena kami menyediakan jasa sewa motor Jogja. Sekian ulasan mengenai Malioboro Jogja, semoga hari-hari Anda semakin menyenangkan ya.