Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menyajikan panorama alamnya yang indah. Berbeda halnya dengan Gunung Kidul yang terkenal dengan pantainya, Kulon progo lebih dikenal dengan wisata alam pegunungan yang menyegarkan mata. Dan, salah satu objek wisata di Kulon Progo yang sekarang menjadi tren dikalangan wisatawan yaitu Kalibiru Jogja.

Objek wisata Kalibiru Jogja merupakan sebuah wisata alam dengan gardu pandang yang mengarah ke perbukitan. Menyajikan panorama dari atas bukit yang indah, sepanjang mata memandang Anda akan disuguhi hamparan tumbuhan hijau yang menyegarkan. Dari puncaknya, Anda akan melihat perbukitan manoreh dan Waduk Sermo. Jika cuaca sedang bagus Anda juga bisa melihat hamparan air laut pantai Selatan.

Review Keindahan Kalibiru Jogja

Objek wisata Kalibiru bisa menjadi salah satu pilihan saat Anda berkunjung ke kota Yogyakarta. Anda tidak akan menyesal karena pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan tidak akan pernah Anda temukan di kota-kota besar seperti Jakarta. Lalu keseruan apa saja yang bisa Anda nikmati? berikut ini ulasan seputar wisata Kalibiru Jogja untuk Anda.

Menikmati Senja Menawan dari Atas Menara Pandang

Saat pagi hari, Anda bisa memanjakan mata melihat hamparan pepohonan yang hijau dan semburat air waduk yang terlihat indah sedikit kebiru-biruan. Anda akan merasakan ketenangan saat berada diatas gardu menyaksikan keindahan ciptaan Tuhan yang luar biasa indahnya.

Namun, waktu paling tepat berkunjung ke Kalibiru untuk menikmati pemandangan alam dari atas menara pandang adalah ketika sore hari. Di waktu tersebut Anda dapat menyaksikan indahnya alam yang berwarna merah jingga akibat pantulan matahari yang terbenam. Sebuah keindahan Tuhan yang sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Memacu Adrenalin dengan Bermain Flying Fox dan High Rope

kalibiru-jogja-harga

Selain menara pandangnya yang menarik, Anda juga bisa menjajal permainan Flying Fox dan High Rope yang telah disediakan oleh pengelola. Dengan menjajal permainan ini Anda bisa memacu adrenalin sakaligus menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.Dijamin rasa takut Anda pun akan hilang seketika.

Permaina dimulai dengan memanjat batu terlebih dahulu, lalu melewati jaring-jaring dan seutas tali yang telah tersedia. Kemudian Anda berjalan diatas kayu dan terakhir meluncur di atas ketinggian. Anda tidak perlu mengkhawatirkan keamanan permainan ini. Karena permainan flying fox dan high ropenya sudah dilengkapi peralatan keamanan yang memadai.

Untuk Anda yang ingin bermain flying fox saja, Anda bisa memilih ketinggian yang Anda inginkan. Terdapat dua ketinggian flying fox yaitu dengan ketinggian 50 meter dan 85 meter. Biayanya sendiri cukup murah, yaitu Rp10.000,00 untuk dewasa dan Rp5.000,00 untuk anak-anak.

Spot Foto yang Instagramable

kalibiru-jogja-review

Bagi Anda pecinta fotografi dan suka dengan pemandangan alam yang menawan. Anda bisa berkunjung ke wisata Kalibiru Jogja ini. Banyak sekali spot-spot indah sebagai latar foto Anda. Sehingga Anda pun bisa memamerkannya di Instagram maupun sebagai koleksi pribadi di ponsel Anda.

Lokasi, Akses Jalan dan Rute Menuju Kalibiru Jogja

Objek wisata Kalibiru terletak di Desa wisata Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Dari pusat kota Yogyakarta Anda harus menempuh perjalanan sejauh 40 km, namun akses menuju tempat wisata ini sudah cukup bagus dan mudah. Sehingga tidak akan menyulitkan Anda selama perjalanan.

Uuntuk menuju wisata Kalibiru Jogja, Anda bisa melalui dua rute alternatif. Apabila Anda bertolah dari daerah Sermo atau wadur sermo, Anda bisa melalui daerah Sentolo, lalu menuju ke Pengasih. Dan dari Pengasih menuju alun-alun Wates, kemudian RSUD Wates, Beiji dan Sermo. Dari Sermo inilah Anda bisa menuju tempat wisata dengan mengikuti petunjuk arah yang telah tersedia.

Sementara, jika Anda melalui Clereng setelah melewati Pengasih Anda bisa mengambil jalur kanan dan mengikuti petunjuk arah. Apabila masih bingung Anda bisa memanfaatkan GPS ata bertanya pada masyarakat sekitar.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Objek wisata ini dibuka setiap hari pada jam 07.00-17.00 WIB. Untuk menikmati keindahannya Anda diwajibkan membayar tiket sebesar Rp10.000,00 perorang, dengan parkir kendaraan sebesar Rp2.000,00 untuk roda dua, dan Rp5.000,00 untuk roda empat. Sementara, jika Anda ingin menjajal spot high rope game, akan dikenakan biaya Rp35.000,00 dan spot foto panggung Rp15.000,00.

Fasilitas yang diberikan sudah cukup banyak, seperti permainan outbound, tempat berfoto, dan tempat makan dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi, apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke wisata kalibiru?

Demikian sedikit ulasan mengenai wisata Kalibiru Jogja, semoga beberapa informasi ini dapat memandu liburan Anda di kota Yogyakarta. Untuk mode transportasinya, Anda bisa menyewa motor di sewamotorjogja.id. Dapatkan penawaran yang menarik dari kami dan Anda pun siap menikmati liburan yang menyenangkan.