Kaliurang merupakan daerah wisata di Yogyakarta. Ada berbagai objek wisata yang akan Anda temukan dalam satu kawasan ini. Itulah yang menjadikan Kaliurang Jogja populer dan sangat direkomendasikan sebagai tempat liburan. Apalagi, bagi Anda yang penat dengan hiruk-pikuk suasana kota, tempat tersebut menawarkan kenyamanan khas pegunungan. Terletak di lereng Gunung Merapi membuat udara di sini dingin, segar, dan bersih.

Serunya Berwisata di Kaliurang Jogja

Selain itu, ada berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di Kaliurang Jogja. Berikut kegiatan favorit yang tidak boleh dilewatkan.

Menikmati Alam Kaliurang dengan Bersepeda

Nama tempat tersebut berasal dari kata Kali bermakna sungai dan urang berarti udang. Sehingga, ketika memasuki objek wisata ini Anda akan disambut dengan patung udang yang besar. Nah, untuk menikmati alamnya yang begitu asri dan udara segar, aktivitas bersepeda menjadi pilihan populer para wisatawan. Tentu saja perlu tenaga ektra karena ada banyak tanjakan yang akan ditemui. Di sepanjang jalan, Anda akan melihat bunga kecubung bermekaran.

Menikmati Pemandangan Alam Kaliurang Bisa Juga Dari Atas Gardu

kaliurang-jogja

Menikmati megahnya Gunung Merapi dan hijaunya pepohonan, lebih menyenangkan dari atas gardu. Di gardu yang disediakan di sini juga merupakan spot foto favorit para penggunjung. Jadi, jangan sampai terlewatkan, ya!

Melihat Pementasan Budaya di Telaga Muncar

Di Kaliurang memang ada telaga berwarna hijau bernama Telaga Muncar. Di sini sering diadakan berbagai pementasan di hari libur. Pementasan tersebut merupakan pementasan budaya yang sangat menarik untuk ditonton.

Mencicipi Sate Kelinci

kaliurang-jogja

Setelah selesai menikmati keindahan Kaliurang, pastilah perut menjadi lapar. Di kawasan ini, ada kuliner lezat yaitu sate kelinci. Rasanya yang enak pastilah membuat Anda merindukannya.

Lokasi dan Rute ke Kaliurang Jogja

Kaliurang berada di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Jalan Astorenggo, Hargo Binangun, Kelurahan Pake, Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Menuju lokasi tersebut tidak butuh waktu lama, sebab dari jantung kota hanya sekitar 25 kilometer saja, lebih tepatnya 24,5 km. Perjalanan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi roda empat ataupun dua.

Rute menuju Kaliurang dimulai dari pusat kota menuju ke arah timur melalui Jalan Jendral Sudirman sampai ke Jalan Kp. Jogoyudan jarak tempuh sekitar 0,8 kilometer. Kemudian Anda akan menemukan apotek di sebelah kanan, lalu belok ke arah kiri melewati Jalan Cik Di Tiro, sekitar 0,8 kilometer akan ada Bank BRI di sebelah kiri.

Ketika sampai di bundaran, arahkan ke jalan keluar pertama ke arah Jalan Terban. Setelah itu, menuju Jalan Persatuan dan sampai ke Jalan Kaliurang. Ikuti jalan, lurus saja hingga sampai ke Jalan Atomulyo, kemudian belok melewati Jalan Pelajar. Lalu belok ke arah Jalan Astorenggo, beberapa meter dari jalan tersebut Anda akan menemukan wisata Kaliurang.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Harga tiket masuk Kaliurang Jogja 2018 cukup terjangkau. Tiket untuk dewasa hanya Rp3.000, anak-anak Rp2.000, parkir sepeda motor Rp2.000, sedangkan parkir mobil dikenai biaya Rp5.000 saja. Jam buka Kaliurang dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 WIB.

Fasilitas yang tersedia di Wisata Kaliurang Jogja sangat lengkap. Mulai taman rekreasi, kesejukan hutan rindang dan asri, pondok wisata, tempat pertemuan dan seminar pun tersedia. Kalau Anda ingin menginap ada berbagai alternatif, dari mulai berkemah, villa, maupun menginap di hotel. Terdapat juga area parkir kendaraan yang cukup luas, tempat ibadah Masjid dan Gereja, ditambah warung makan untuk mengisi perut yang keroncongan.

Demikian ulasan detail mengenai wisata Kaliurang Yogyakarta. Sebagai saran, Anda lebih baik datang di pagi hari, sebab banyak sekali spot menarik yang perlu dilihat di Kaliurang. Dengan datang lebih awal, Anda dapat menemui spot tersebut satu per satu dan lebih banyak waktu untuk mengabadikan momen-momen dengan jepretan kamera.

Mengatur waktu perjalanan sangatlah penting, jika waktu perjalanan molor pastilah jadwal yang dibuat akan hancur. Karena itu, Anda perlu mengadarai mobil atau motor dalam keadaan baik. Kunjungi sewamotorjogja.id, dijamin kendaraan yang disewa di tempat kami tersebut dalam peforma yang baik. Tentu tidak akan ada masalah, kendaraan mogok di tengah jalan menuju Kaliurang Jogja jika menyewa kendaraan di tempat kami.