Kebun binatang selalu menjadi daya tarik tersendiri. Bercengkerama dengan satwa-satwa yang jarang ditemui memang bisa menyegarkan jiwa yang sedang gulana. Jika ibukota Jakarta memiliki Kebun Binatang Ragunan, maka Yogyakarta memiliki Kebun Binatang Gembiraloka. Mau tahu apa saja yang ada di dalam sana? Simak ulasan berikut ya.

Sejarah Dibangunnya Kebun Binatang Gembiraloka

Ide untuk membangun kebun binatang datang dari Sri Sultan Hamengku Buwono VIII di tahun 1933. Keinginan sultan adalah membangun tempat hiburan untuk rakyat yang berupa kebun raya. Kemudian niatnya tersebut ia sampaikan kepada seorang temannya yang berkebangsaan Australia.

Kebun Binatang Gembiraloka

Pembangunan kebun binatang dilakukan beberapa tahun kemudian. Pada tanggal 10 November 1953, kebun binatang diresmikan langsung oleh Sri Sultan HB IX. Pengelolaan kebun binatang sendiri diserahkan kepada Yayasan Gembiraloka dan ketuanya adalah Sri Paduka Paku Alam VIII.

Kebun Binatang Gembiraloka sempat rusak parah ketika Jogja dilanda gempa bumi pada tahun 2006. Tidak lama setelah itu, renovasi pun dilakukan, dan pengunjung kembali memadati kebun binatang.

Melihat-lihat Berbagai Macam Koleksi Satwa

Kebun Binatang Gembiraloka memiliki berbagai macam satwa yang diadopsi dari beragam penjuru dunia, baik hewan vertebrata maupun avertebrata. Beragam mamalia, seperti gajah sumatera, harimau sumatera, kuda nil, rusa tutul, unta, orangutan, simpanse, beruang madu, wallaby, singa, siamang, zebra, dan lainnya.

Ada juga beragam jenis reptil, seperti buaya muara, kura-kura terapin, kura-kura radiata, kura-kura sulkata, biawak naga, kura-kura kepala ceri, iguana merah, kalman kedil, dan lainnya. Selain mamalia dan reptile, di sini juga terdapat berbagai jenis burung, ikan, dan amfibi yang dapat Anda nikmati.

Kebun Binatang Gembiraloka

Di Kebun Binatang Gembiraloka juga telah dibangun laboratorium flora dan fauna yang menjadi sarana pembelajaran bagi masyarakat, terutama pelajar dan anak-anak. Jika Anda ingin berfoto dengan satwa, tidak ada biaya tambahan yang dibebankan. Bukan hanya melihat-lihat, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan satwa-satwa itu lho, namun tetap didampingi oleh pemandu professional ya. Menyenangkan, bukan?

Bukan Hanya Melihat Satwa, Berbagai Wahana pun Tersedia

Usai puas bercerangkama dengan beragam satwa dan mendapatkan banyak foto bersama satwa-satwa tersebut, Anda bisa mencoba wahana rekreasi yang ditawarkan oleh kebun binatang ini. Wahana rekreasi yang tersedia saat ini, antara lain speed boat, bumper boat, ATV, transportasi keliling, skuter air, perahu kayuh, terapi ikan, kolam tangkap, kolam sentuh, gajah tunggang, onta tunggang, ninebot, zoo express, petting zoo, dan kandang unta tema timur tengah.

Kebun Binatang Gembiraloka juga rutin mengadakan gelar satwa terampil. Satwa yang biasa tampil adalah burung kakak tua jambul kuning, linsang, beruang mdu, burung kangkareng, dan orangutan. Tidak ada biaya yang dipungut untuk menyaksikan gelar satwa terampil ini. Selain gelar satwa terampil, ada juga feeding time simpanse, arapaima, ular, dan burung pecuk hitam pada jadwal-jadwal tertentu.

Lokasi dan rute yang dapat diakses

Kebun Binatang Gembiraloka berlokasi di Jalan Kebun Raya No. 2 Kotagede, Yogyakarta. Jaraknya dari Terminal Giwangan kurang lebih sekitar 4 km, dan jika dari Malioboro jaraknya sekitar 6 km. Untuk menuju ke sini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dan juga berbagai transportasi umum, seperti taksi, bus Trans Jogja trayek 1B, bus kota jalur 9 atau 7.

Jadwal buka, harga tiket, dan fasilitas

Kebun binatang ini buka setiap hari, termasuk saat akhir pekan dan hari libur. Untuk gelar satwa terampil dapat Anda nikmati pada setiap hari Minggu/libur pukul 10:00 – 15:00 WIB, pada hari Sabtu pukul 11:00 – 14:00 WIB, dan pada hari Senin – Jumat pukul 11:00 dan 13:00 WIB.

Jika Anda ingin menikmati feeding time, Anda dapat menemukannya mulai pukul 10:30 (simpanse), 11:00 (arapaima), 11:30 (ular), 10:00 dan 13:00 (burung pecuk hitam). Dan di hari Minggu/libur, tetap ada feeding time yang bisa Anda nikmati, antara lain feeding time harimau pukul 12:00 dan atraksi gajah pukul 10:00.

Harga tiket masuk ke Kebun Binatang Gembiraloka sebesar Rp20.000 pada weekday dan Rp25.000 pada weekend serta hari libur. Fasilitas yang tersedia di sini, antara lain mushola dan masjid, akses wifi gratis, kartu sobat satwa, food court, kursi roda, dan gelang anak.

Tertarik berkunjung ke Kebun Binatang Gembiraloka? Kami juga menyediakan jasa sewa motor yang dapat Anda gunakan untuk bermain ke kebun binatang. Selain harganya pas, kami juga sudah dipercaya oleh para wisatawan. Segera hubungi kami ya, di Sewa Motor Jogja. Sampai jumpa!