Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang sangat memesona. Tak hanya pantainya, salah satu wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan yang tak kalah indahnya adalah Kebun Buah Mangunan Jogja.

Kebun Buah Mangungan Jogja Tempat Seru Untuk Selfie dan Rekreasi

kebun-buah-mangunan-jogja

Wisata dengan sebutan lain “Negeri di Atas Angin” ini berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Maka tak heran jika kebun buah mangunan dijuluki negeri di atas angin. Karena dari ketinggiannya, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan yang sangat memesona mata. Di antara adalah pemandangan melihat awan-awan yang menyelimuti gunung-gunung di bawahnya. Lebih jelasnya, simak penjelasan berikut tentang Kebun Buah Mangunan Jogja.

Belajar tentang Tumbuhan di wisata Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Namanya saja kebun buah, tentu di wisata ini terdapat banyak tanaman buah. Pengunjung bisa memperkenalkan dan mengedukasi anak-anak mereka secara langsung tentang buah-buahan dan tanaman yang ada di sini.

Ada berbagai macam buah di Kebun Buah Mangunan Jogja. Di antaranya ada 1500 pohon durian, 220 pohon buah jeruk, 300 pohon buah jambu, 950 pohon buah mangga dan sekitar 200 pohon buah lainnya lagi seperti pohon buah manggis dan rambutan.

Pemandangan Eksostis di Atas Awan

kebun-buah-mangunan-jogja

Udara sejuk di atas ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut tentu hal yang jarang bisa dinikmati kebanyakan orang. Kebun Buah Mangunan Jogja menawarkan hal kenikmatan pemandangan ini. Suasana yang sejuk dan jauh dari polusi udara serta keramaian kota akan menjadikan tubuh lebih segar dan rileks.

Tak hanya itu, di ketinggian ini Anda dan teman-teman bisa mengambil foto dengan latar belakang pemandangan menakjubkan gumpalan awan putih. Atau keindahan sunset di sore hari yang memikat.

Di Kebun Buah Mangunan, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan selain melihat dan mencicipi buah, seperti permainan flying fix, outbond, reflying, berenang di kolam renang bagi anak-anak. Anda juga bisa melakukan kegiatan perkemahan, belajar membuat pupuk dan melihat pembibitan sapi dan tanaman. Sangat seru, bukan?

Lokasi dan Rute Menuju ke Kebun Buah Mangunan

Kebuh buah mangunan berlokasi di Mangunan, Dlingo, Bantul. Untuk menuju ke wisata ini cukup mudah sekali, Anda bisa berjalan dari terminal Giwangan ke arah selatan menuju Imogiri Timur. Setelah sampai di Imogiri Timur, terus saja sampai mentok di pertigaan. Dari pertigaan itu, cukup belok ke timur sampai Anda bisa melihat papan petunjuk ke kebun buah mangunan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Kebuh Buah Mangunan

Tak perlu takut untuk masuk ke Kebun Buah Mangunan Jogja. Cukup membayar Rp5.000 saja per orang. Dengan biaya yang sangat murah itu, Anda sudah bisa menikmati wisata yang nyaman dan menakjubkan.

Fasilitas yang ada di wisata kebun buah mangunan di antaranya ada wahana flying fox, permainan outbond, kawasan bumi perkemahan, reflying, ruang pertemuan, kolam renang untuk anak-anak, lahan pembibitan tanaman, pembibitan sapi, taman buah dan taman untuk tanaman hias, tanaman goyang dan tempat parkir.

Untuk parkir kendaraan, tak dikenaik biaya sepeser pun. Dan juga wisata kebun buah mangunan hanya dibuka pada bukul 08.00-18.00 WIB.

Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke wisata satu ini. Karena biayanya sangat murah dan fasilitasnya yang begitu memuaskan. Juga ada fasilitas edukasi untuk pembibitan tanaman dan sapi. Tentu ini seperti menyelam sambil minum air, karena berwisata sekaligus belajar dari alam secara langsung.

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai Kebun Buah Mangunan Jogja yang cukup ramai pengunjung, baik saat hari biasa maupun hari libur mingguan dan nasional. Jadi, tak ada salahnya untuk berkunjung ke sini saat musim liburan sekolah tiba.

Bagi Anda yang berminat menjadikan wisata Kebun Buah Mangunan Jogja sebagai objek dan daftar pilihan destinasi wisata yang akan dikunjungi, ada baiknya jika mengendarai motor untuk ke kawasan ini. Jika tak punya motor, tenang saja, sekarang di wilayah Yogyakarta kami melayanai jasa sewa motor. Anda bisa mengakses laman sewamotorjogja.id untuk mengetahui informasi selengkapnya.