Wisata alam lain di Kabupaten Kulon Progo yang tidak kalah keren yaitu wisata Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo. Kebun Teh Nglinggo sudah ada sejak belasan tahun yang lalu, hanya saja dahulu kebun teh ini hanya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai ladang pertanian teh saja. Namun lambat laun kreatifitas masyarakat semakin tumbuh, dan menjadikan kebun teh Nglinggo ini sebagai salah satu objek wisata baru di daerah Nglinggo.

Sebenarnya sebelum dijadikan objek wisata, Kebun Teh Nglinggo sudah banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Akan tetapi untuk wisatawan lokal sendiri belum ada. Sehingga masyarakat sekitar memiliki ide untuk merubah kebun teh yang mulanya berfungsi sebagai lahan pertanian, menjadi kebun teh yang dapat digunakan untuk wisata.

Mengungkap Indahnya Suasana di Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo Yogyakarta

kebun-teh-nglinggo-kulonprogo-yogyakarta

Pemandangan pohon teh yang hijau dan udara sejuk daerah pegunungannya sangat menyegarkan dan memanjakan mata. Ada bebberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo Yogyakarta, diantaranya:

Belajar Memetik Daun Teh Bersama Petani Teh Setempat

Selain bisa menikmati keindahan kebun teh, Anda juga bisa ikut belajar memetik daun teh bersama para petani yang ada di Kebun Teh Nglinggo. Anda hanya perlu meminta dengan sopan, maka para petani yang biasanya terdiri dari ibu-ibu tersebut akan mengajari Anda bagaimana memetik teh dengan cara yang benar. Anda juga tidak akan dikenkan biaya sepeser pun saat meminta bantuan petani untuk mengajari memetik teh.

Dengan kegiatan tersebut, Anda bisa mendapatkan manfaat lebih saat berlibur, yaitu pengetahuan tentang teknik memetik daun teh yang baik dan benar. Jika Anda penasaran, segeralah berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo. Dijamin Anda akan mendapatkan pemandangan yang dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih segar.

Spot Foto Terbaik Berlatarkan Pohon Teh yang Hijau

kebun-teh-nglinggo-kulonprogo-yogyakarta-tiket

Selama berkeliling dan belajar memetik teh, Anda juga bisa mengambil foto sebagai kenang-kenagan pribadi atau untuk di unggah di sosial media seperti Instagram dan Facebook. Pemandangan hijaunya daun-daun teh akan menghasilkan latar yang segar dan menawan pada foto Anda.

Melihat Panorama dari Atas Bukit Kebun Teh Nglinggo

Bagi Anda yang meyukai tantangan, mungkin Anda harus menjajal tracking menuju puncak bukit Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta. Untuk menuju puncak bukit memang sedikit menguras tenaga. Namun sesampainya diatas bukit, Anda akan menyaksikan pemandangan yang jauh lebih indah dan luas dibandingkan jika dilihat dari bawah. Hamparan pohon teh yang hijau, beberapa petani pemetik teh akan terlihat sangat jelas dari atas bukit.

Lokasi, Akses Jalan dan Rute Menuju Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh ini berada di Desa Wisata Nglinggo yang berada di ketinggian 800 mpdl di bukit Manoreh, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Akses menuju Kebun Teh Ngilnggo sudah cukup mudah, karena jalanan sudah beraspal sehingga bisa diakses menggunakan mobil. Meskipun begitu Anda tetap harus berhati-hati karena jalananannya menanjak, sempit dan berliku.

Rute ke Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta sendiri cukup mudah untuk Anda temukan. Jika Anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta Anda bisa melewati jalan godean. Lalu dari godean menuju tugu Jogja arah ke barat menuju ke kabupaten kulon progo kurang lebih 18 km.

Lajukan kendaraan Anda sampai jembatan Kali Progo, setelah jembatan tersebut Anda akan menemukan lampu merah. Ambil arah ke kanan sampai Anda menemukan lampu merah berikutnya. Dan dari perempatan Dekso ambil  arah kekiri menuju Pasar Plono. Setelah sampai pasar Plono ikuti petunjuk arah ke Kebun Teh Nglinggo sampai menuju ke pintu retribusi.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas Kebun Teh Nglinggo

Anda bisa berkunjung ke objek wisata Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo Yogyakarta setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Dan untuk menikmati keindahan kebun teh, Anda akan dibebankan biaya tiket masuk sebesar Rp3.000,00 sudah termasuk parkir kandaraan. Bagaimana, cukup murah bukan?

Kebun Teh Nglinggo mempuyai lahan parkir yang cukup luas, toilet yang bersih, dan beberapa warung makan disekitar kebun. Untuk Anda yang ingin menginap kebun teh ini juga sudah menyediakan homestay yang cukup nyaman dengan fasilitas tempat tidur dan kamar Mandi. Setiap pagi pemilik homestay juga akan menghidangkan makanan tradisional Jogja untuk Anda.

Itulah sedikit ulasan mengenai Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo Yogyakarta, semoga sedikit info tersebut dapat membantu Anda menentukan tempat wisata untuk liburan akhir pekan Anda. Untuk mempermudah transportasi menuju ke tempat wisata, Anda bisa memanfaatkan jasa rental motor di sewamotorjogja.id. Semoga liburan Anda menyenangkan.