Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di Kota Gudeg cobalah menguji nyali dengan menjajal wisata Lava Tour Merapi. Memanfaatkan erupsi Gunung Merapi tahun 2010, hadirlah wisata penuh petualangan bernama Lava Tour Merapi. Wisata unik di Yogyakarta tersebut menawarkan keseruan membelah padang pasir luas di sisi selatan Gunung Merapi menggunakan mobil jeep. Pastilah liburan kali ini menjadi lebih menegangkan.

Beragam Keseruan Dalam Lava Tour Merapi

Apa saja hal menarik yang dapat dilakukan dalam Lava Tour Merapi Yogyakarta? Berikut ulasannya agar Anda tidak melewatkannya satu pun.

Menantangnya Menjelajah Lahan Pasir Luas dengan Menggunakan Mobil Jeep

lava-tour-merapi

Sesuai dengan namanya, wisata ini menyajikan touring menjelajahi lahan pasir luas hasil erupsi Gunung Merapi. Tentu saja, mobil yang digunakan harus khusus karena jalur yang digunakan tidak biasa. Sehingga, tour ini menyediakan mobil jeep terbuka yang siap menghantarkan sensasi menyenangkan bercampur menegangkan di liburan kali ini. Anda akan melihat debu yang menari di udara seperti balerina, dan merasakan getaran-getaran ketika roda jeep melewati jalanan terjal berbatu.

Perjalanan akan semakin menegangkan maka Anda perlu memegang erat-erat besi jeep. Sebab  jeep  akan mulai menanjak melewati tanjakan curam atau menuruni turunan curam. Sang supir jeep akan membuat adrenalinmu semakin meningkat dengan memperlihatkan keahliannya membelok-belokan arah jeep. Termasuk tiba-tiba mengijak rem dan menekan gas tanpa izin terlebih dahulu pada penumpang.

Sang supir akan semakin jahil dengan mengarahkan jeep dengan cepat melewati sungai. Hingga air sungai menyembur ke arah Anda. Membuat tubuh dan pakaian Anda basah. Namun, pastinya tidak akan ada makian atau amarah, sebab Anda akan merasa bahagia dan berteriak girang.

Wisata yang Membawa Dalam Kesadaran Diri di Museum Mini

Anda akan dibawa ke museum mini. Di tempat tersebut mungkin Anda perlu tisu sebab air mata dapat saja jatuh. Atau setidaknya kesadaran diri sendiri tentang keberadaan Tuhan yang Maha Besar. Selain itu, membayangkan bagaimana sedihnya korban erupsi gunung berapi juga akan menyadarkan kita akan makna hidup. Soalnya, di museum mini ini, ada berbagai barang peninggalan erupsi gunung berapi. Dari mulai botol kaca yang meleleh setengahnya, sepeda motor yang hanya kerangka saja, berbagai alat dapur dan jahit yang rusak dan penuh debu vulkanik, dan masih banyak lagi.

Beristirahat di Bunker Kaliadem

Erupsi telah meluluh lantahkan hutan di kawasan ini hingga menjadi padang pasir. Inilah titik pemberhentian jeep.  Selain menatap gagahnya Gunung Merapi, terdapat Bunker Kaliadem. Anda dapat masuk ke bunker tersebut dan merasakan tempat yang dibangun untuk menyelamatkan penduduk ketika erupsi datang .

Menyaksikan Keindahan Sunrise

lava-tour-merapi

Bangun pagi merupakan jaminan untuk mengikuti lava tour merapi untuk menemui sunrise. Sunrise di tempat ini punya keindahan berbeda sehingga para fotografer wajib mengabadikannya.

Lokasi dan Rute ke  Lava Tour Merapi Yogyakarta

Lava Tour Merapi merupakan wisata favorit, sebab letaknya berada tidak jauh dari pusat kota Jogja. Terdapat dua titik mulai dari paket Lava Tour Merapi yang dapat Anda pilih. Pertama berada di Terminal Tlogo Putri, Kaliurang. Sedangkan titik mulai kedua berada di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, tepatnya di Kecamatan Umbulharjo.

Rute menuju lokasi dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, motor maupun mobil. Jarak tempuhnya berkisar antara 30 menit sampai 45 menit dari jantung kota. Menuju lokasi, Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum yaitu angkutan. Diawali dengan mencari angkutan jalur Jogja menuju Kaliurang di Terminal Condongcatur. Kemudian, turunlah di Terminal Tlogo Putri, lalu ikuti papan tanda menuju Lava Tour Merapi.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Harga tiket yang ditawarkan Lava Tour Merapi berbeda-beda sesuai dengan paketnya. Yang paling murah adalah paket short trip lava tour Merapi dengan harga Rp400.000 saja, dengan fasilitas tour selama 1 sampai 1,5 jam. Sedangkan termahal, adalah paket long trip lava tour merapi dengan harga Rp550.000 dengan fasilitas tour selama 2 sampai 2,5 jam. Untuk jam buka, belum ada ketentuan pasti, sebab ini adalah tour. Maka, Anda harus mengubungi terlebih dahulu pihak tour tersebut.

Menyenangkan bukan liburan dengan Lava Tour Merapi? Nah, agar perjalanan menyenangkan, gunakanlah mobil pribadi. Jika tidak ada, Anda bisa memanfaatkan jasa sewa kendaraan di Jogja.