Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta masih berada di dalam kawasan kesultanan Keraton Yogyakarta. Masjid ini sering disebut sebagai Masjid Agung, Masjid Besar atau Masjid Raya Daerah Istimewa Yogyakarta. Obyek wisata ini termasuk sebagai salah satu destinasi wisata religi atau keagamaan yang populer di Jogja. Masjid ini sudah dibangun sejak tahun 1773 dengan ide yang datang langsung dari Sri Sultan Hamengkubuwono I. Bahkan masjid ini didirikan di atas tanah seluas 16.000 meter persegi dengan luas bangunan mencapai 2.578 meter persegi dan mampu menampung jamaah sekitar 1.500 orang.

Lalu, seperti apa daya tarik wisata Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta? Simak ulasannya berikut.

Mengenal Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Masjid ini dibangun di atas tanah dalam kawasan Keraton Yogyakarta. Masjid ini juga termasuk salah satu masjid paling tua di Yogyakarta. Berdirinya masjid ini tidak terlepas dari peran penting Sri Sultan Hamengkubuwono I bersama Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat selaku penghulu keraton pertama dan dibantu oleh Kayi Wiryokusumo sebagai arsitek pembangunan masjid. Proses pembangunan masjid dimulai pada 29 Mei 1773. Tujuan pembangunan masjid ini sebagai pusat peribadatan umat muslim. Tentu saja dengan gaya arsitektur Jawa kuno seperti pada masanya.

Bangunan Masjid Dengan Banyak Simbol Khas Keraton

Berada di dalam kawasan keraton, sedikit banyak memengaruhi bangunan masjid. Salah satunya dengan adanya banyak simbol khas keraton. Misalnya, atap masjid bersusun tiga menggunakan gaya tradisional Jawa. Gaya tersebut dinamakan Tajuk Lambang Teplok dengan mustaka sebagai ilustrasi daun kluwih dan gadha. Pada bagian dalam masjid bernuansa etnik seperti di jaman kerajaan.

Di bagian dalam masjid terdapat mimbar bertingkat tiga dari bahan material kayu, mihrab sebagai tempat imam memimpin ibadah dan ada bangunan serupa sangkar bernama maksura. Bahkan di salah satu sudut ruangan masjid terdapat koleksi prasasti aksara dalam tulisan bahasa arab. Gerbang masjid juga dibuat sangat khas dengan nuansa keraton.

Berwisata Religi Pasti Menyenangkan

Keberadaannya di dalam kawasan keraton membuat masjid ini dikunjungi banyak wisatawan. Ada berbagai macam kegiatan keagamaan diselenggarakan pengelola masjid khususnya ditujukan bagi seluruh perangkat keraton. Penyelenggaraan shalat berjamaah sudah pasti tersedia.

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

 

Kegiatan lainnya seperti pemberdayaan zakat, infaq dan shodaqoh, koperasi masjid, pengajian rutin, tabliq akbar, kegiatan belajar mengaji TPA serta kegiatan belajar mengaji bagi masyarakat umum. Selain itu, masjid ini juga melakukan penyiaran melalui radio. Ada juga Saka Wisata sebagai pengelola kampung wisata.

Lokasi dan rute ke Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Lokasi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta berada di Jalan Kauman Alun-Alun Keraton Yogayakarta, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondoman, Kota Yogyakarta. Akses menuju masjid ini sangat mudah karena letaknya tepat di sebelah barat Alun-Alun utara dan di sebelah barat daya Keraton Yogyakarta. Pengunjung bisa berjalan kaki dari Jalan Marioboro atau menggunakan kendaraan umum seperti bus TransJogja.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka Dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke obyek wisata ini gratis, karena obyek wisata ini memang diperuntukan sebagai tempat ibadah seperti pada umumnya. Jam buka operasionalnya juga sepanjang waktu. Masjid ini selalu dibuka setiap saat untuk siapa saja. Bahkan ketika ada kegiatan yang diselenggarakan, pengunjung bebas ikut serta. Fasilitas umum yang tersedia sangat lengkap seperti masjid lainnya. Mulai dari area parkir luas, kamar mandi yang cukup banyak, tempat penitipan sepatu dan sandal hingga perlengkapan ibadah. Menariknya, masjid ini juga menyediakan ruangan untuk penyiaran radio dakwah, perpustakaan dengan koleksi buku islami, kantor sekretariat dan ruang multimedia.

Sebagai informasi tambahan, pengunjung hendaknya selalu menjaga kebersihan dan kesucian masjid khususnya di wilayah tempat beribadah. Pengunjung juga sebaiknya tidak menimbulkan kegaduhan atau suara yang terlalu kencang agar tidak mengganggu pengunjung lain. Selain itu, pengunjung juga dapat berkeliling melihat beragam koleksi buku di perpustakaan dan bisa juga ikut mencoba melakukan siaran radio dakwah, tentu saja setelah mendapatkan izin dari pihak pengelola. Jika pengunjung ingin berfoto maka usahakan tidak menimbulkan efek cahaya.

Itulah ulasan tentang Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Tentunya Anda tidak hanya ingin mengunjungi masjid saja kan? Nah, agar perjalanan ke berbagai lokasi wisata di Jogja lebih mudah, manfaatkan layanan rental motor kami di Sewa Motor Jogja. Selain banyak pilihan unit motor, semua armada dipastikan dalam kondisi fit karena rutin diservis.