Jika Anda berpikir bahwa Affandi adalah nama orang, maka Anda tidak salah. Affandi merupakan salah satu maestro lukis kontemporer yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Museum Affandi Jogja memang dibangun untuk menyimpan karya seni yang berupa lukisan dari Sang Maestro. Mari kita telusuri lebih jauh Museum Affandi.

Mengenal Sosok Sang Maestro dari Museum Affandi Jogja

Nama lengkapnya Affandi Koesoema. Affandi lahir di Kota Cirebon, pada tanggal 01 Mei 1907 dan wafat pada tanggal 23 Mei 1990. Affandi tidak hanya terkenal dan berpengaruh di Indonesia, tetapi karyanya telah mendunia.

Pada tahun 1950-an, Affandi sering menggelar pameran tunggal di berbagai negara, seperti Inggris, Amerika Serikat, dan India. Begitu produktifnya, sehingga semasa hidupnya, Affandi berhasil menelurkan lebih dari 2000 karya lukis. Jumlah yang tentunya sangat fantastis!

Affandi dikenal sebagai pelukis beraliran ekspresionisme atau abstrak. Oleh karenanya, karya lukisnya sulit dipahami bagi orang yang awam terhadap seni lukis. Pada tahun 1974, Affandi mendapat gelar Doctor Honoris Causa dari University of Singapore. Hingga pada saat wafatnya di tahun 1990, beliau tetap berprofesi sebagai pelukis. Makamnya pun tidak jauh dari makam museum yang didirikannya.

Sejarah Museum Affandi Jogja

Museum Affandi Jogja

Museum Affandi Jogja berdiri di atas lahan seluas 3500 m2 yang terdiri atas bangunan museum beserta pelengkap, sekaligus rumah tinggal sang pelukis dan keluarga. Museum pertama kali dibangun di tahun 1962 oleh Affandi sendiri. Konsep dari museum ini terbilang unik, yakni gedungnya menyerupai lembaran daun pisang.

Pada tahun 1974, gedung pameran pertama (Galeri I) resmi dibuka oleh Dirjen Kebudayaan saat itu. Kemudian gedung pameran kedua dibangun pada tahun 1987, dan peresmiannya satu tahun kemudian oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Adapun gedung pameran ketiga dibangun pada tahun 1997, dan diresmikan oleh Sri Sultan HB X tiga tahun kemudian.

Menilik Isi Museum

Museum Affandi Jogja

Di sini terdapat 300 karya lukisan Affandi. Selain itu, museum ini juga menyimpan lukisan dari pelukis lain, seperti Basuki Abdullah, Barli, Hendra Gunawan, Sudjojono, dan Popo Iskandar. Tersimpan juga patung yang dibuat oleh Amrus Natalsya, dan cukil kayu poles yang dibuat oleh keluarga Tjokot.

Museum Affandi Jogja memiliki empat galeri, yaitu:

  1. Galeri I

Di sini merupakan tempat dijualnya tiket serta pusat informasi. Karya-karya Affandi mulai dari awal hingga akhir juga dipajang di sini. Bukan hanya itu, sandal jepit, kuas, sepeda, mobil sedan, dan berbagai barang yang pernah dipakai Affandi juga ada di sini.

  1. Galeri II

Di galeri inilah terpajang lukisan dari pelukis-pelukis lain. Galeri yang terdiri dari dua lantai ini diisi dengan lukisan bertema abstrak di lantai pertama, dan lukisan bertema realis di lantai kedua.

  1. Galeri III

Galeri III juga terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama merupakan ruang untuk memajang karya lukis keluarga Affandi sekaligus sebagai tempat “Sanggar Gajah Wong”. Lantai keduanya digunakan sebagai tempat untuk perawatan lukisan. Ada satu lagi, lantai bawah tanah yang digunakan untuk menyimpan koleksi lukisan.

Jika Anda tengah berada di galeri III, maka tidak jauh dari sini terdapat sebuah menara yang sangat cocok sebagai tempat melihat pemandangan. Seluruh bagian museum, Sungai Gajahwong, hingga jalan raya, semua terlihat dari menara ini.

  1. Galeri IV

Galeri IV berfungsi sebagai ruang pameran lukisan karya cucu Affandi, bernama Didit.

Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan

Bila Anda berkunjung ke museum ini, ada beberapa aktivitas yang dapat Anda  lakukan di sini, antara lain belajar melukis di Studio Gajah Wong, menyaksikan demo melukis, hangout di Loteng Café, dan juga belanja di art shop. Tidak lupa, Anda juga bisa berfoto ria dengan lukisan-lukisan tersebut.

Lokasi Dan Rute Untuk Akses

Alamat Museum Affandi berada di Jalan Laksda Adisucipto No. 167, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Museum berdiri tepat di samping Sungai Gajah Woong dan berhadapan langsung dengan UIN Sunan Kalijaga. Untuk menuju ke sini, Anda dapat menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Jam Buka Dan Harga Tiket

Museum buka dari hari Senin – Sabtu pada pukul 09:00 – 16:00 WIB. Hari Minggu dan hari libur nasional tutup.

Mengenai harga tiket, untuk wisatawan lokal dan dewasa Rp25.000, wisatawan asing Rp50.000, anak-anak Rp10.000. Jika Anda membawa kamera, maka ada biaya tambahan, untuk kamera digital Rp20.000 dan kamera ponsel Rp10.000.

Jangan khawatir jika Anda hendak ke Museum Affandi Jogja namun tidak memiliki kendaraan, kami menyediakan jasa Sewa Motor Jogja untuk Anda. Ayo, segera hubungi kami. Sampai sini ya ulasan mengenai museumnya sang maestro, see you!