Museum Biologi UGM akan membuat pengunjung mengenal flora dan fauna dengan suasana akademisi. Obyek wisata ini memang ditujukan untuk pendidikan, khususnya pendidikan hayati, pengabdian masyarakat dan penelitian. Obyek wisata ini juga merupakan museum gabungan dari Museum Zoologicum dan Herbarium. Tidak main-main, museum ini dikelola langsung oleh para akademisi. Terutama di bawah kepengurusan Fakultas Biologi yang ada di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Lalu, seperti apa daya tarik wisata Museum Biologi UGM? Simak ulasannya berikut.

Museum Biologi UGM, Perpaduan Zoologicum dan Herbarium

Obyek wisata ini cukup memiliki sejarah yang panjang, berawal dari adanya Museum Zoologicum yang diresmikan pada tahun 1964. Museum Zoologicum tersebut ditempatkan di salah satu ruang perkuliahan mahasiswa UGM. Sementara itu, koleksi herbarium berada di sebagian ruang gedung lain di Jalan Sultan Agung. Kemudian pada 20 September 1969, diresmikan Museum Biologi UGM sebagai hasil perpaduan dua museum, yaitu Museum Zoologicum dan Herbarium.

Akhirnya, pada 1 Januari 1970 museum ini resmi dibuka sebagai obyek wisata untuk masyarakat umum. Tentu saja di bawah kepengurusan yang sama yaitu UGM. Banyak koleksi dalam museum tersebut didapatkan dengan hibah. Seperti koleksi Kerangka Gajah utuh sebagai hibah dari Keraton Yogyakarta dan Penyu Lekang utuh sebagai hibah dari BKSDA Yogyakarta.

Memperkaya Pengetahun Flora Dan Fauna Dengan Asyik

Obyek wisata ini berisi banyak koleksi binatang dan tumbuhan serta herbarium (sesuatu yang diawetkan). Koleksi tersebut terdiri dari delapan ruangan dengan beberapa kelompok, yaitu binatang tingkat rendah atau tak bertulang belakang, binatang bertulang belakang, tumbuhan tingkatan hidup rendah, tumbuhan tingkatan hidup tinggi dan biji-bijian.

Koleksi binatang dan tumbuhan tersebut mencapai sekitar lebih dari 4.000 spesimen. Persentase pembagian koleksi tersebut, yaitu 70% untuk koleksi flora dan 30% untuk koleksi fauna. Ada juga kotak diorama yang menunjukan latar belakang habitat sekelompok hewan dengan ilustrasi gambar tiga dimensi. Sangat lengkap untuk memperkaya pengetahuan flora dan fauna. Jangan khawatir karena kegiatan ini pasti menyenangkan.

Beragam Kegiatan Seru

Museum Biologi UGM

 

Obyek wisata ini memang dikenal sarat ilmu pengetahuan khususnya terkait flora dan fauna. Ada banyak kegiatan pameran yang berguna untuk mengenalkan keanekaragaman hayati kepada masyarakat yang lebih luas. Ada juga kegiatan praktek yang sering diikuti oleh mahasiswa Fakultas Biologi. Selain itu, koleksi di museum ini selalu bertambah baik dari dalam maupun luar negeri.

Lokasi dan Rute ke Museum Biologi UGM

Lokasi Museum Biologi UGM berada di Jalan Sultan Agung nomor 22, Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Akses menuju museum ini sangat mudah karena letaknya di tengah kota. Rute perjalanan menggunakan kendaraan pribadi bisa dari titik nol kilometer Yogyakarta. Dari titik tersebut arahkan kendaraan menuju timur. Kemudian sampai di perempatan Gondomanan lurus sampai melewati Jembatan Sayidan. Selanjutnya, dari lampu merah Superindo pilih arah lurus sejauh dua ratus meter akan ditemukan museum di sebelah kanan jalan.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke obyek wisata ini sebesar Rp5.000 per orang untuk pelajar, Rp7.000 per orang untuk umum dan Rp15.000 per orang untuk wisatawan asing. Jam buka operasional yaitu setiap hari Senin hingga Jumat pada pukul 07.30-16.00 WIB. Namun, di hari Jumat pada pukul 07.30-15.00 WIB. Sementara itu, untuk hari Sabtu, Minggu dan hari besar lainnya museum ditutup, kecuali setelah melakukan reservasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola. Fasilitas umum yang tersedia cukup lengkap mulai dari toilet, tempat beribadah, tempat membeli makan dan area parkir.

Demikianlah ulasan tentang Museum Biologi UGM. Sebagai informasi tambahan, selalu berhati-hati ketika berada di sekitar koleksi flora dan fauna. Pengunjung dapat meminta pemandu kepada pihak pengelola museum untuk mengenalkan setiap koleksi secara lebih rinci. Ada baiknya juga jika pengunjung mempersiapkan kamera dengan kondisi baterai dan memori yang baik untuk mengabadikan setiap momen berharga selama mengunjungi museum. Agar lebih leluasa berkendara, gunakan saja jasa rental motor. Kami, Sewa Motor Jogja siap melayani Anda. Cek koleksi unit dan harga rental kami. Selain menjamin kendaraan dalam kondisi prima, kami juga memberi para pelanggan perlengkapan tambabahan seperti jas hujan dan helm. Buktikanlah kenyamanan layanan kami.