Museum De Arca Yogyakarta akan membuat pengunjung berekspresi semakin maksimal. Obyek wisata museum ini banyak menawarkan koleksi benda 5D. Ada banyak koleksi patung yang menakjubkan. Selain itu, bentuknya juga sangat mirip dengan rupa yang sebenarnya. Pengunjung tentu saja bisa berinteraksi sepuasnya dengan koleksi benda 5D tersebut. Obyek wisata ini mulai dibuka untuk umum pada akhir tahun 2014. Sejak resmi dibuka, obyek wisata ini sudah memiliki sekitar 100 koleksi patung.

Lalu, seperti apa daya tarik wisata Museum De Arca Yogyakarta? Simak ulasannya berikut.

Koleksi Museum De Arca Yogyakarta, Asli Buatan Seniman Jogja

Obyek wisata ini termasuk sebagai pelopor berdirinya museum dengan koleksi patung 5D di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Apalagi koleksi patung 5D yang ada tergolong unik. Seperti patung dengan rupa pahlawan nasional, tokoh dunia, super hero dan selebriti tanah air maupun mancanegara. Yang luar biasa, seluruh koleksi patung 5D ini merupakan karya asli seniman Jogja. Seniman Jogja ini bernama Dunadi. Ternyata, karya seniman Indonesia memang sudah layak disandingkan dengan karya seniman mancanegara.

Saatnya Berburu Foto Dengan Idola

Museum De Arca Yogyakarta

Bermimpi bisa berfoto dengan tokoh idola dari dalam maupun luar negeri bukan lagi sesuatu hal yang sulit. Anda cukup mengunjungi obyek wisata ini. Koleksi patung 5D-nya dibentuk serupa dengan banyak figur tokoh terkenal. Misalnya selebriti mancanegara seperti Mr Bean, Katty Perry atau Paris Hilton. Ada juga tokoh dunia seperti Madame Theressa, Barrack Obama atau Ratu Elizabeth II. Selain itu, ada banyak juga tokoh terkenal dari Indonesia, misalnya Soekarno, Susilo Bambang Yudhoyono, Dahlan Iskan, Mbah Maridjan atau Cut Nyak Dien. Memutuskan berkunjung ke museum ini berarti Anda siap berburu banyak foto dengan idola.

Museum Terdiri Dari 3 Zona Yang Mempermudah Pengunjung

Museum De Arca Yogyakarta

Obyek wisata ini mempunyai 3 zona. Zona tersebut sangat mempermudah pengunjung untuk langsung mendatangi setiap koleksi tokoh patung yang ada. Ketiga zona tersebut, yaitu zona tokoh nasional, zona tokoh dunia dan zona presiden dunia. Seperti namanya, zona tokoh nasional menyuguhkan koleksi patung pahlawan atau tokoh berpengaruh di Indonesia. Contohnya yaitu Pangeran Diponegoro dan R A Kartini. Pada zona tokoh dunia, pengunjung akan melihat koleksi tokoh patung mulai dari Brad Pitt hingga Dalai Lama. Terakhir di zona presiden dunia terdapat tokoh presiden Indonesia hingga Amerika.

Lokasi dan rute ke Museum De Arca Yogyakarta

Lokasi Museum De Arca Yogyakarta berada di Basement Kompleks Pasar Seni XT Square. Tepatnya di Jalan Veteran 150-151, Pandeyan, Yogyakarta, atau di lokasi bekas terminal lama Umbulharjo. Lokasi obyek wisata ini masih satu lingkungan dengan lokasi Museum De Mata. Rute perjalanan bisa dimulai dengan menuju Jalan Menteri Supeno. Selain itu, bisa juga dengan melewati jalur melalui Jalan Katamso atau Jalan Taman Siswa. Dari jalan tersebut langsung saja belok kiri. Setelahnya, ikuti jalan lurus hingga sampai di XT Square.

Harga tiket masuk, jam buka dan fasilitas

Harga tiket masuk ke obyek wisata ini sebesar Rp50.000 per orang pada hari Senin-Jumat sedangkan pada Sabtu-Minggu sebesar Rp60.000 per orang. Sementara itu, ada paket harga tiket terusan untuk Museum De Arca dan De Mata Trick Eye Museum sebesar Rp80.000 per orang. Pengunjung juga bisa melakukan reservasi sebelumnya untuk tiket individu maupun kelompok. Jam buka operasional obyek wisata ini setiap hari pada pukul 10.00-22.00 WIB. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap mulai dari toilet, tempat beribadah, tempat membeli makan dan area parkir. Bahkan lokasi obyek wisata ini dekat dengan halte TransJogja.

Itulah ulasan tentang Museum De Arca Yogyakarta. Sebagai tambahan, selalu berhati-hati saat berinteraksi dengan koleksi patung yang ada. Terutama ketika berfoto dengan gaya yang terlalu ekspresif. Sebaiknya siapkan kamera dengan baterai dan memori yang cukup supaya kegiatan berfoto tidak terganggu. Terakhir, gunakan kendaraan roda dua agar aksesbilitas ke berbagai lokasi wisata di Jogja lebih lancar. Datang dari luar kota dan tidak membawa sepeda motor? Tenang, kami punya Sewa Motor Jogja yang siap melayani Anda dengan stok dan pilihan motor terbaik untuk Anda sewa.