Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta menjadi obyek wisata yang menawarkan rekam jejak penerbangan di tanah air. Adanya museum ini sebagai upaya pewarisan, pelestarian dan pengabdian serta untuk mendokumentasikan semua kegiatan termasuk peristiwa bersejarah di bidang penerbangan Indonesia, khususnya dalam lingkungan TNI AU.

Pengunjung akan menyaksikan koleksi alutista dan beragam jenis pesawat serta koleksi lain terkait perkembangan penerbangan TNI AU. Selain itu, pengunjung dapat menaiki beberapa pesawat bahkan ikut merasakan keseruan menjadi seorang pilot pesawat. Lalu, seperti apa daya tarik wisata Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta? Simak ulasannya berikut.

Menikmati Berbagai Koleksi Penerbangan

Sebagai salah satu obyek wisata museum, Museum Dirgantara Mandala, akan membawa pengunjung berpetualang diantara koleksi bersejarah penerbangan Indonesia. Ada banyak koleksi terkait perkembangan penerbangan di Indonesia. Di museum ini juga terdapat 38 koleksi pesawat yang terdiri dari pesawat tempur dan pesawat sipil. Selain itu, terdapat beberapa pesawat bernilai sejarah tinggi.

Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Misalnya, replika pesawat Dakota VT-CLA hasil produksi perusahaan penerbangan India yang jatuh akibat ditembak Belanda di Ngoto ketika akan mendarat di Maguwo. Ada juga pesawat Guntei yang memiliki sayap ganda peninggalan tentara Jepang ketika melakukan pengeboman pertama terhadap TNI AU Indonesia.

Bergaya Ala Pilot Sesungguhnya di Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Bermimpi menjadi seorang pilot dari pesawat tempur maupun pesawat sipil bukan lagi hal yang sulit. Di museum ini pengunjung akan diajak merasakan menjadi pilot sesungguhnya. Tersedia beberapa pesawat yang sudah diijinkan untuk dinaiki. Tidak hanya itu, pengunjung juga diijinkan menduduki bangku pilot beserta seragam pilot lengkap. Pengunjung bisa menyewa langsung pakaian pilot di lokasi lalu bergaya ala pilot yang sesungguhnya. Selanjutnya pengunjung juga bisa mencoba ikut serta dalam wahana simulasi menerbangkan pesawat.

Mengambil Banyak Gambar Pasti Menyenangkan

Berfoto diantara koleksi penerbangan pasti menyenangkan. Pengunjung bisa mengambil gambar bersama replikasi beberapa pesawat bersejarah. Pengunjung juga bisa mengambil banyak foto di dalam gedung museum yang terbagi menjadi 6 ruangan, yaitu ruangan utama, kronologi 1 dan 2, paskhas, alutista dan diorama. Bahkan pengunjung bisa asik berfoto di spot seru dengan latar koleks foto dan lukisan yang ada di museum.

Selain itu, ada koleksi lain yang bisa ikut diabadikan juga seperti koleksi tanda kehormatan, pakaian dinas, buku, senjata api, senjata tajam, mesin pesawat, radar, bom, roket, parasut dan diorama yang tersusun berdasarkan kronologi peristiwa sejarah. Menariknya lagi, ada diorama Satelit Palapa dan pesawat ruang angkasa Challenger yang mengorbitkan pesawat tersebut tentu bisa menjadi kesempatan bagus berfoto.

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Lokasi Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta terletak di Jalan Raya Solo, Yogyakarta, tepatnya di dalam Kompleks TNI AU Lanud Adi Sucipto. Rute perjalanan menuju lokasi sangat mudah. Pengunjung bisa langsung menuju fly over janti. Dari fly over tersebut menuju Ring Road Timur. Kemudian sampai di depan SMA Angkasa berbelok ke arah kiri. Alternatif lain menggunakan bis kota, pengunjung bisa memilih bis yang melalui SMA Angkasa. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kak sejauh 200 meter menuju museum.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka Dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke obyek wisata ini sebesar Rp3.000 per orang. Ada potongan harga tiket masuk jika berkunjung bersama rombongan berjumlah lebih dari 30 orang yaitu menjadi sebesar Rp2.000 per orang. Jam buka operasionalnya setiap hari pada pukul 08.30-15.00 WIB. Fasilitas umum yang tersedia sangat lengkap seperti area parkir luas, toilet umum, kantin, souvenir shop dan musholla. Menariknya, museum ini juga dilengkapi dengan perpustakaan dan taman yang nyaman untuk berpiknik bersama keluarga.

Sebagai informasi tambahan, ketika berkunjung hendaknya selalu membawa kartu identitas yang masih berlaku untuk melalui pemeriksaan oleh penjaga. Sebaiknya, datang bersama rombongan agar aktivitas di museum menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, pengunjung juga bisa membawa perbekalan dan tikar sendiri karena tersedia taman yang sejuk dan nyaman untuk piknik. Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera dalam kondisi prima agar kegiatan berfoto tidak terganggu.

Demikianlah ulasan tentang Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta. Manfaatkan layanan rental motor dari Sewa Motor Jogja untuk mempermudah perjalanan Anda. Banyak pilihan armada yang kami hadirkan. Semuanya dipastikan dalam kondisi fit, karena selalu menjalani perawatan rutin.