Museum Gumuk Pasir Yogyakarta menawarkan eksotisme Gumuk Pasir atau gundukan pasir yang terbentuk karena hembusan angin. Museum bernama lain Parangtritis Geomaritime Science Park ini juga menjadi laboratorium penelitian yang menyimpan berbagai batuan, pasir, herbarium, dan komponen ekosistem pantai yang lain.

Seluk Beluk Museum Gumuk Pasir Parangtritis

Museum ini merupakan revitalisasi dari Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis yang berfungsi menyediakan informasi di bidang geospasial yang terintegrasi dan mudah dimanfaatkan.

museum-gumuk-pasir

Gumuk pasir tidak terbentuk di semua pantai di daerah tropis. Gumuk pasir  di Parangkusumo, Parangtritis, Yogyakarta ini merupakan satu dari dua gumuk pasir di negara beriklim tropis. Di museum gumuk pasir, Anda akan memperoleh pengetahuan tentang proses terbentuknya gumuk pasir di pantai selatan.

Museum yang diresmikan pada tanggal 11 September 2015 oleh Menristekdikti, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak bersama dengan Gubernur DIY, Kepala BIG, Bupati Bantul, dan Rektor UGM ini mendapatkan fasilitas dari Kemenristek Dikti dan Pemda DIY. Sementara pengelolaannya dilakukan bersama Badan Informasi Geospasial (BIG), UGM, dan Pemerintah Kabupaten Bantul.

Wisata dan fasilitas yang ditawarkan

Museum Gumuk Pasir Parangtritis dibuka sejak pukul 08.00-16.00 WIB setiap hari Senin hingga Jumat. Fasilitas yang bisa Anda manfaatkan di sini antara lain auditorium, ruang audio visual, ruang diklat, rumah singgah, dan photobooth. Pihak museum menyediakan seorang pemandu wisata bagi pengunjung yang datang.

Di museum ini, Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai berbagai fenomena geologi, melalui berbagai benda seperti foto, maket, bebatuan mineral, laqueer feel, dan CD tipologi pantai-pantai di Indonesia.

Museum Gumuk Pasir Yogyakarta terdiri atas tiga gedung utama untuk menampilkan aneka koleksi dan sarana edukasinya. Gedung utama berbentuk kerucut dengan warna dominan biru. Gedung tersebut menggambarkan Gunung Merapi sebagai asal batuan vulkanik dan pasir. Gedung ini merupakan bangunan empat lantai yang memiliki koleksi khusus di setiap lantainya.

museum-gumuk-pasir

Di lantai 1, Anda bisa melihat detail bentang alam pesisir Kabupaten Bantul, serta pesisir pantai lain di seluruh Indonesia beserta tumbuhan yang hidup di sana. Sementara lantai 2 menjadi tempat menyimpan peralatan dan perlengkapan pemetaan. Lantai 3 berisi koleksi batuan dan lantai 4 berfungsi sebagai menara pandang untuk melihat pemandangan air laut dari kejauhan.

Bagian ke dua yaitu lorong pengetahuan. Lorong ini melambangkan sungai yang membawa pasir hasil letusan Gunung Merapi ke pesisir pantai. Di tempat ini, Anda bisa mendapatkan informasi tentang terjadinya Gumuk Pasir yang memanjang dari Depok hingga Parangtritis.

Dari lorong ini, Anda akan memahami proses terbentuknya Gumuk Pasir dari material vulkanik seperti debu, lahar panas, lahar dingin, dan batuan yang terbawa aliran sungai. Sungai-sungai yang bermata air di Gunung Merapi seperti Sungai Bedok, Boyong, Opak, dan Gendol membawa material tersebut hingga membentuk daerah aliran sungai yang berkumpul di muara Sungai Opak.

Sesampai di muara, material tersebut dihancurkan oleh ombak Pantai Selatan hingga menjadi pasir halus. Pasir tersebut masih mengalami proses pemanasan sinar mataharai secara terus menerus sehingga kering dan tertiup angin menuju daratan. Pasir yang dibawa angin terus berkumpul dan mengendap sampai menjadi gundukan pasir seperti yang dapat disaksikan saat ini.

Gedung ketiga dari Museum Gumuk Pasir Parangtritis mengandung filosofi muara sungai tempat terbentuknya gumuk pasir.

Menuju ke Museum Gumuk Pasir

Museum Gumuk Pasir berada di sebelah barat Pantai Parangtritis dan Parangkusumo, tak jauh dari Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Untuk menuju ke museum Gumuk pasir ini ada angkutan umum bus dari terminal Giwangan Yogyakarta, jurusan Parangtritis.

Cara menuju ke Museum Gumuk Pasir ini dari Yogyakarta, dengan menuju ke Jalan Parangtritis sampai TPR Pantai Parangtritis. Ikuti jalan sebelum TPR ke arah kanan, hingga sampai ke Pantai Depok. Sebelum sampai ke Pantai Depok, belok kiri sejauh 200m, Museum Gumuk Pasir ada di sebelah kiri jalan.

Demikian informasi tentang Museum Gumuk Pasir . Bagi Anda yang ingin berkeliling Yogyakarta dengan sepeda motor, cobalah layanan terbaik dari Jogis Rental Motor lewat situs sewamotorjogja.id.