Pulau Jawa berada di kawasan cincin api yang cincin api tersebut tak hanya berada di Jawa, namun membentang dari Papua sampai ke pulau Sumatra. Tak heran jika di Jawa banyak gunung berapi, baik gunung api yang masih aktif maupun yang tidak. Salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa adalah Gunung Merapi Yogyakarta. Di mana di dekat kawasan gunung ini berdiri Museum Gunungapi Merapi Yogyakarta.

Wisata Gunung Api Merapi berdiri karena sebagai antisipasi pendidikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar maupun wisatawan yang datang dari luar kota untuk menghadapi bencana. Selain itu, fungsi lainnya juga adalah sebagai tempat pengembangan ilmu bencana alam, gempa bumi dan tak terlewatkan bencana gunung api. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut tentang Museum Gunungapi Merapi Yogyakarta.

Belajar tentang Gunung Api di Museum Gunungapi Merapi Yogyakarta

museum-gunungapi-merapi-yogyakarta

Museum ini mempunyai bentuk yang unik seperti sebuah gunung. Karena bentuknya yang mengerucut. Bentuk Museum Gunungapi Merapi juga mirip dengan Monumen Jogja Kembali yang ada di Bantul.

Bedanya, Monumen Jogja Kembali mempunyai latar belakang sejarah perlawanan Indonesia terhadap Belanda dan berlantai 3. Sedangkan Museum Gunungapi Merapi Yogyakarta latar belakang dibangunnya adalah karena memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bencana alam gunung api dan hanya mempunyai dua lantai saja.

Di lantai pertama, pengunjung bisa melihat maket Gunung Merapi yang memiliki ukuran jumbo. Maket ini bisa mengeluarkan asap dan bergemuruh layaknya gunung api aktif. Uniknya, salah satu sisi maket Gunung Merapi ini ada sebuah tombol tahun di mana itu merupakan tahun erupsi. Pengunjung yang menekan salah satu tombol ini, akan diperlihatkan gambaran erupsi dan simulasi lava pijar yang meleleh. Juga ada musik jawa sebagai latar belakang dan narasinya.

Museum Gunungapi Merapi Yogyakarta juga menawarkan ruangan zona dunia gunung api. Ada banyak dokumentasi, alat perga dan papan informasi dua bahasa yang ada di setiap alat peraga. Dengan dua bahasa tersebut, pengunjung bisa mudah memahami maksud yang ingin disampaikan.

Ada juga zona khusus Gunung Merapi. Di zona ini, pengunjung akan mendapatkan informasi mengenai asal muasal Merapi dan fenomena tumbuhna kubah Gunung Merapi. Juga seputar mitos yang ada di sana, pos-pos pengamatan Merapi yang sudah ada di zaman Belanda sampai saat ini.

museum-gunungapi-merapi-yogyakarta

Sedangkan di lantai dua, pengunjung bisa melihat alat peraga untuk tentang kejadian tsunami dan berbagai foto erupsi Gunung Merapi. Foto-foto itu sebagai dokumentasi erupsi Merapi yang sudah terjadi sejak tahun 1930-2010 lalu.

Sangat menarik, bukan? Anda bisa juga melihat adegan atau cara yang tepat untuk menyelamatkan diri ketika terjadi letusan Gunung Merapi yang bisa mengancam nyawa. Maka dari itu, Museum Gunungapi Merapi menjadi sarana dan wisata yang edukatif guna meminimalisir korban jiwa.

Lokasi dan Rute Menuju ke Museum Gunungapi Merapi Yogyakarta

Museum ini berada di kawasan lereng Gunung Merapi yang kira-kira berjarak 5 kilometer dari wisata Kaliurang Yogyakarta. Berada di desa Hargoninangun, Pakem Sleman. Untuk sampai ke sini, Anda bisa melalui Jalan Kaliurang hingga menemukan Oasis Crisis Center. Dari situ, belok kiri untuk memasuki kawasan wisata Kaliurang Yogyakarta dari arah barat.

Tak jauh dari wisata Kaliurang itu di sebelah kanan jalan ada Museum Gungung Api Merapi yang saat ini sudah berdiri kokoh di sana.

Harga Tiket dan Fasilitas di Wisata Museum Gunungapi Merapi Yogyakarta

Untuk memasuki museum ini, pengunjung hanya dikenakan tiket sebesar Rp3.000 saja per orang. Tapi, bagi yang ingin menyaksikan film, harus membayar lagi sebesar Rp5.000. Museum Gunungapi Merapi hanya dibuka pada hari Selasa-Minggu mulai jam 09.00-15.30.

Fasilitas yang ada di Museum Gunungapi Merapi antara lain seperti toilet, area parkir, dan warung makan. Ada juga area taman untuk bermain yang ada di halaman Museum Gunungapi Merapi. Di taman ini, anak-anak bisa bermain ayunan.

Demikian ulasan singkat mengenai Museum Gunungapi Merapi Yogyakarta. Bagi Anda yang berminat berkunjung ke Museum ini dan tak memiliki kendaraan, cukup menyewa motor saja melalui laman sewamotorjogja.id. Berbagai penawaran harga menarik kami tersedia untuk Anda.