Yogyakarta memang memiliki beragam tempat wisata. Mau wisata pantai, wisata alam, air terjun, hingga wisata modern, bisa anda temukan di Yogyakarta. Selain Pantai Parangtritis, salah satu pantai di Yogyakarta yang patut untuk Anda kunjungi adalah Pantai Drini Jogja. Bagaimana pantainya, baik Anda baca artikel ini lebih lanjut.

Menikmati Tepi Pantai Drini Jogja

Pantai Drini adalah pantai yang masih dalam bagian pantai daerah selatan Yogyakarta. Karakter pantai-pantai di Daerah Yogyakarta Selatan ini selalu memiliki batuan karst dari Gunungsewu. Karakter inilah yang membuat daya tarik tersendiri mengunjungi pantai-pantai di Daerah Yogyakarta Selatan, termasuk Pantai Drini ini.

Pantai Drini Jogja

Pantai Drini memiliki pasir putih dengan ombak yang lebih tenang jika dibandingkan dengan ombak di Pantai Parangtritis. Hal ini disebabkan oleh tebing yang ada di bagian tengah Pantai Drini. Tebing itu menjadi semacam penahan ombak sehingga ombak yang sampai di pantai menjadi lebih tenang.

Saat air laut pasang, tebing itu akan berubah menjadi pulau cantik yang menghiasi Pantai Drini. Sebaliknya, jika air laut tengah surut, Anda bisa dengan mudah menjangkau tebing tersebut. Pemandangan Pantai Drini sangat menarik jika dinikmati dari puncak tebing. Di sana, terdapat mercusuar yang bisa Anda gunakan untuk melihat pemandangan bentang laut Pantai Drini.

Puncak Bukit Pantai Drini

Selain tebing yang ada di tengah pantai, Anda juga bisa menikmati Pantai Drini dari puncak bukit yang ada di sebelah timur. Di sana, terdapat beberapa gazebo yang dibangun untuk menikmati Pantai Drini dari sudut pandang lain. Duduk di sana, akan membuat Anda puas melihat keindahan pantai yang diapit tebing batu berwarna hijau menyejukkan.

Melihat Sunset di Pantai Drini

Adalah hal yang menarik, melihat matahari tenggelam di permukaan laut. Banyak orang yang menginginkan momen itu dalam hidupnya. Itu sebabnya, banyak orang yang memburu pantai-pantai tertentu untuk melihat sunset secantik mungkin. Salah satu tempat yang memungkin Anda melakukan hal itu adalah Pantai Drini. Anda akan kagum melihat keindahan sunset di Pantai Drini Gunungkidul ini.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Drini

Untuk masuk ke Pantai Drini Jogja, Anda akan dikenakan retribusi sebesar Rp10.000. Retribusi yang dibayar tersebut bukan hanya retribusi untuk masuk ke Pantai Drini, melainkan juga retribusi ketika Anda mengunjungi pantai dalam kawasan Pantai Wonosari Gunungkidul. Jadi, hanya dengan uang Rp10.000, Anda sudah bisa menikmati Pantai Drini dan beberapa pantai lain yang bertetangga.

Pantai Drini Jogja

Fasilitas tempat parkir pantai ini cukup luas. Demikian juga dengan fasilitas kamar mandi, dan warung. Sebagai penunjang berwisata, Anda juga bisa menyewa kano atau perahu karet. Harga sewa perahu tersebut tidak dipatok, tinggal bagaimana Anda menawar untuk mendapatkan harga yang paling sesuai.

Rute Menuju Pantai Drini Jogja

Pantai Drini berada di Kabupaten Gunungkidul, di bagian Kecamatan Tanjungsari, tepatnya berada di Desa Banjarejo. Rute jalan yang harus ditempuh untuk menuju Pantai Drini sekitar 60 km jika dilakukan dari pusat Kota Yogyakarta.

Paling mudah, patokan yang digunakan untuk menuju Pantai Drini adalah Pantai Baron. Letak Pantai Baron sangat dekat dengan Pantai Drini, hanya terpaut jarak satu kilometer saja. Jadi, jika Anda mau menggunakan patokan ini, maka Anda harus menuju Wonosari dulu. Dari Wonosari, Anda bergerak ke arah Mulo.

Dari Mulo, Anda menuju Pantai Baron. Letak Pantai Drini berada sebelum Pantai Baron. Perhatikan baik-baik jalan yang Anda lalui sehingga tidak terlewat. Akan ada belokan ke arah kiri yang akan mengantar Anda ke Pantai Drini. Sepanjang jalan, Anda akan menemukan banyak kelokan yang sedikit menantang.

Pilihan Kendaraan untuk Menuju Pantai Drini

Kendaraan yang paling direkomendasikan untuk menuju Pantai Drini adalah sepeda motor. Mengapa? Karena sepeda motor lebih fleksibel untuk medan-medan yang sempit dan sedikit sulit. Apalagi, rata-rata jalan menuju pantai tidak terlalu asyik untuk dilalui mobil.

Tentang di mana Anda bisa mendapatkan motor, Anda bisa menyewanya pada kami, Sewa Motor Jogja. Keunggulan kami adalah menyediakan fasilitas delevery order tanpa mengharuskan Anda datang ke kantor. Kondisi motor yang disewakan masih cukup baik untuk medan tempuh yang jauh. Jadi, Anda akan lebih nyaman berwisata, termasuk berwisata ke Pantai Drini Jogja. Semoga perjalanan wisata Anda menyenangkan.