Ada satu lagi objek wisata pantai di Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Namanya Pantai Gua Cemara. Dulu ketika jalur ke pantai mulai dibuka, orang-orang yang merambah pantai ini meninggalkan jejaknya berupa kerimbunan pohon cemara yang mirip gua. Penasaran bagaimana indahnya Pantai Gua Cemara Jogja? Check it out!

Sekilas tentang Pantai Gua Cemara Jogja

Di sini ada sebuah lubang besar rimbun yang menyerupai gua. Kerimbunan itu merupakan kumpulan pohon cemara. Maka dari itu, pantai ini dinamakan Gua Cemara.

pantai-gua-cemara-jogja

Pohon cemara itu sendiri ditanam dengan tujuan agar bisa menahan angin laut yang sangat asam. Keasaman yang tinggi itu dapat merusak akar, sehingga pertumbuhan tetumbuhan yang ditanam petani menjadi terhambat. Lambat laun deretan pohon cemara yang ditanam tersebut semakin rimbun dan menciptakan pesonanya tersendiri yang menyerupai gua. Keunikan itulah yang dimiliki oleh pantai satu ini, dan tidak dimiliki oleh pantai lainnya.

Pantai Gua Cemara ini Indah Sekali!

Pantai Gua Cemara Jogja sebenarnya masih satu garis dengan pantai yang paling terkenal di Jogja, Pantai Parangtritis. Pohon cemara yang rimbun dan membentuk gua tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Adanya gua-gua dari pohon cemara itu seringkali dimanfaatkan sebagai tempat untuk berfoto pre wedding.

Karena banyak pohon cemara, suasana di pantai jadi sejuk sekali. Karena kesejukan dan wilayahnya yang luas, maka para pengunjung berbondong-bondong membawa tikar untuk digelar. Duduk-duduk bersantai sembari menikmati lukisan dari Sang Maha Sempurna yang memikat mata tentu berkesan sekali. Selain itu, ada juga mercusuar untuk menikmati keindahan Pantai Gua Cemara dari ketinggian.

Berbagai Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Sini

pantai-gua-cemara-jogja

Selain spot foto indah di deretan pohon cemara, Anda juga dapat membawa hammock yang bisa dipasang di pepohonan tersebut. Berayun di hammock sambil bersantai, membaca buku, ditemani angin yang lembut membelai kulit menjadi aktivitas yang tentunya dapat mengusir penat.

Anda juga bisa melakukan susur pantai, bukan hanya di Pantai Gua Cemara Jogja, melainkan juga di pantai sekitarnya. Seperti Pantai Depok, Parangtritis, dan Parangkusumo. Jika malas berjalan kaki, maka susur pantai itu dapat Anda lakukan menggunakan ATV yang bisa disewa di Pantai Gua Cemara.

Adanya mercusuar membuat Anda yang bisa menikmati pemandangan seluruh penjuru pantai dari ketinggian. Bukan hanya itu, jika sore hari Anda masih di sini, Anda juga akan disuguhkan pemandangan terbenamnya matahari yang begitu ciamik. Tentu hal ini akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan, bukan? Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang Anda lalui.

Lokasi dan Rute yang Bisa Ditempuh

Lokasi Pantai Gua Cemara Jogja berada di Desa Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota sekitar 30 km ke arah selatan.

Sayangnya, masih belum ada kendaraan umum yang menuju pantai ini. Dengan kendaraan pribadi, dari pusat kota, Anda tinggal menuju ke Kabupaten Bantul. Setelah sampai, Anda ambil arah lurus terus ke selatan sampai menemui jalan baru lintas selatan. Jalan baru tersebut rencananya akan dibangun tembus sampai Kabupaten Gunungkidul. Nah Pantai Gua Cemara jaraknya hanya sekitar 2 km ke arah barat dari Pantai Samas.

Harga Tiket dan Fasilitas yang Tersedia

Seperti harga tiket pantai lain di Bantul yang sangat terjangkau, untuk masuk ke Pantai Gua Cemara anda cukup membayar Rp5.000,00 per kepala. Jika Anda penasaran dengan pemandangan yang dapat terlihat dari mercusuar, maka Anda tinggal membayar Rp5.000,00 lagi. Sangat murah, bukan?

Selain fasilitas umum, seperti toilet yang sudah tersedia, di sini juga sudah terdapat banyak warung yang menjajagan berbagai jenis makanan khas pantai. Ada juga kios-kios ikan yang menjual hasil tangkapan laut dari masyarakat sekitar. Untuk Anda yang lupa membawa tikar, tidak perlu khawatir karena pengelola juga sudah menyediakan pendopo yang terbuat dari kayu untuk Anda bersantai.

Karena belum adanya kendaraan umum menuju Pantai Gua Cemara, bagi Anda yang hendak berlibur ke sana, maka kami menyediakan jasa sewa motor. Klik saja sewamotorjogja.id dari ponsel pintar Anda. Sederhana sekali ya? Demikian ulasan mengenai Pantai Gua Cemara Jogja. Selamat mencoba sensasi gua dari pohon cemara!