Pantai Indrayanti Gunungkidul merupakan pantai yang fenomenal sekaligus kontroversial dibanding pantai-pantai lain yang berdekatan dengannya. Pasalnya, Pantai Indrayanti pernah dikenalkan di 12 negera tetangga usai dikelola oleh salah satu pihak. Menariknya, pihak pengelola dituding belum memiliki izin hingga sempat muncul pemberitaan Pantai Indrayanti Gunungkidul harus ditutup. Nah, seperti apakah kecantikan Pantai Indrayanti? Baik Anda baca artikel ini hingga tuntas.

Kecantikan Pantai Indrayanti Gunungkidul

Pantai Indrayanti dikenal sebagai pantai yang mirip-mirip dengan pantai-pantai di Bali. Secara, pasir putih pantai ini sangat halus. Ditambah dengan warna airnya yang biru dan jernih, rasanya tidak heran jika pantai ini menjadi jujukan wisatawan lokal dan bahkan wisatawan mancanegara.

Pantai Indrayanti Gunungkidul

Ombak di pantai yang memilik nama resmi Pantai Pulang Syawal ini tidak terlalu besar meski juga tidak bisa dibilang kecil. Sebab, pantai ini adalah bagian dari pantai selatan yang cenderung memiliki ombak yang besar. Jadi, meskipun Anda diperbolehkan mandi di pantai ini, tetapi Anda harus berhati-hati demi keselamatan.

Sama seperti pantai-pantai standar pada umumnya, di pantai ini juga bisa Anda temukan satgas pantai. Menara pandang yang digunakan untuk memantau keadaan juga ada di pantai ini. Adanya satgas dan menara pandang membuat pantai ini semakin direkomendasikan selain karena keindahan pantainya sendiri.

Kebersihan Pantai Indrayanti yang Luar Biasa

Salah satu hal yang patut diantisipasi dari banyaknya pengunjung sebuah pantai adalah sampah yang dibawa dan dibuat oleh mereka. Maka tidak jarang, pantai-pantai yang terkenal dan banyak dikunjungi justru memiliki fisik pantai yang dipenuhi oleh sampah.

Pantai Indrayanti Gunungkidul

Itu sebabnya, pengelola Pantai Indrayanti mencoba memerangi hal demikian. Tidak tanggung-tanggung, denda Rp10.000 akan dijatuhkan bagi pengunjung yang terpergok membuang sampah sembarangan. Dan hasilnya, Pantai Indrayanti menjadi pantai yang bersih dari sampah. Anda tidak akan menemukan sampah berserakan di pantai ini. Atau, kalaupun ada, Anda bisa menghitungnya dengan jari.

Menikmati Sisi Menarik Pantai Indrayanti

Pantai yang ada di desa dan Kecamatan Tepus ini memiliki tebing yang menarik untuk didaki. Dari tebing ini, Anda akan melihat Pantai Indrayanti Gunungkidul dengan panorama laut yang menawan. Tidak heran, jika bagian ini menjadi tempat paling asyik untuk melihat panorama laut di Pantai Indrayanti.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Bisa dibilang, fasilitas wisata di Pantai Indrayanti sangat lengkap. Dan memang kenyataannya demikian. Toilet, restoran, cafe, dan bahkan penginapan sudah tersedia di Pantai Indrayanti. Fasilitas ibadah bagi pengunjung muslim pun sudah tersedia. Terdapat juga rest area di pantai ini. Ada juga fasilitas gazebo, payung pantai dan alasnya sekalian.

Hanya saja, dari semua fasilitas yang disebutkan, tidak semua bisa dinikmati dengan gratis. Termasuk tiga fasilitas terakhir. Terpantau hanya fasilitas ibadah dan wahana permainan anak saja yang bebas digunakan. Fasilitas lainnya mewajibkan retribusi untuk setiap kali penggunaan. Tapi tentu saja, besaran retribusinya standar.

Harga tiket masuk Pantai Indrayanti Jogjakarta ini hanya Rp10.000. Pastikan Anda membawa uang lebih. Sebab, untuk menggunakan sarana toilet, kamar mandi, gazebo, atau sewa payung pantai, Anda akan dikenakan biaya bervariasi. Untuk menyewa jetski di pantai ini misalnya, Anda akan dikenakan biaya Rp250.000 dengan durasi penggunaan 15 menit.

Rute Menuju Pantai Pantai Indrayanti Yogjakarta

Rute menuju Pantai Indrayanti cukup mudah. Dari pusat Kota Yogyakarta, Anda bergerak ke arah Wonosari melalui Ringroad Timur. Setelah sampai di Wonosari, silakan ambil arah menuju Kecamatan Tepus. Akan ada papan petunjuk yang akan menuntun Anda ke arah Pantai Indrayanti.

Sebagai tambahan, Pantai Indrayanti ini termasuk dalam kawasan Pantai Gunungkidul. Jadi, jika Anda bisa menemukan salah satu pantai di kawasan Gunungkidul semacam Pantai Baron atau pantai-pantai yang lain, maka Anda pasti akan menemukan Pantai Indrayanti.

Jalan menuju pantai-pantai Gunungkidul, termasuk Pantai Indrayanti, cukup baik. hanya saja, yang patut Anda waspadai adalah jalanan yang tidak terlalu lebar dan banyaknya belokan. Sehingga, tidak disarankan Anda memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Apalagi jika Anda menggunakan mobil.

Jadi, selalu berhati-hati dan jaga kondisi badan. Pastikan Anda dalam kondisi baik. demikian juga dengan kendaraan Anda. Jika Anda belum memiliki kendaraan untuk menuju Pantai Indrayanti Gunungkidul, kami bisa membantu menyediakan kendaraan yang Anda butuhkan. Silakan hubungi jasa rental motor kami melalui whatsapp, sms, atau telpon. Kunjungi Sewa Motor Jogja untuk melihat berbagai aramda yang tersedia. Kami akan sangat tanggap membantu perjalanan wisata Anda.