Pantai Jogan Gunungkidul adalah salah satu pantai yang berada di Desa Purwodadi selain Pantai Timang, Pantai Nglambor, dan Pantai Siung. Desa Purwodadi ini ada di Kecamatan Tepus, masuk dalam wilayah Kabupaten Gunungkidul. Dan tentu saja, seperti pantai di sekitarnya, pantai ini juga memiliki tebing yang eksotis dan khas.

Fisik Cantik Pantai Jogan Gunungkidul

Jangan harap Anda akan melihat pasir yang putih bersih dan selalu disapu ombak dengan suara berdebur. Pantai Jogan sama sekali tidak memiliki pasir. Sebaliknya, di pantai ini Anda akan melihat tebing. Tapi inilah yang justru menjadi daya tarik Pantai Jogan. Banyak wisatawan yang mengunjungi Pantai Jogan untuk melihat tebing yang tingginya berkisar 10 meter tersebut.

Pantai Jogan Gunungkidul

Lain itu, Pantai Jogan memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain. Bahkan, di seluruh indonesia, hanya pantai ini saja yang memiliki keunikan demikian. Tentang keunikan apa, ulasannya ada di bagian bawah ini.

Keunikan yang Menarik Wisatawan ke Pantai Jogan

Di Pantai Jogan, Anda akan menemukan air terjun yang bermuara langsung di laut. Air terjun yang menjadi keunikan Pantai Jogan ini sekaligus menjadi daya tarik kuat Pantai Jogan yang memikat wisatawan untuk datang.

Air terjun di Pantai Jogan ini berasal dari Sungai Mendolo yang juga dimanfaatkan untuk sumber air bersih oleh masyarakat Purwodadi. Debit airnya cukup deras. Terlebih saat musim penghujan. Ketinggian air terjun hanya sekitar 10 meter, sama dengan tinggi tebing di sekitar air terjun ini. Akan menarik tentunya, jika Anda bisa mandi di bawah air terjun yang segar ini.

Bermain di Bawah Air Terjun Pantai Jogan

Di bawah tebing, tempat jatuhnya air terjun, terdapat banyak batu karang yang hitam. Anda bisa turun menuju dasar air terjun melewati tangga bambu yang ada di sana. Tangga bambu tersebut sengaja dibuat oleh warga untuk turun. Tetapi Anda harus berhati-hati karena tangga bambu cukup licin.

Setelah sampai di bawah, Anda bisa merasakan sendiri, bagaimana segarnya mandi di bawah air terjun yang tidak terlalu tinggi ini. Belum lagi, tidak jauh dari tempat Anda merasakan air terjun, deburan ombak Pantai Jogan Gunungkidul menghantam karang-karang di depan Anda. Tentu saja ini menimbulkan kesan yang menyenangkan.

Selain karang-karang hitam, di bagian bawah air terjun tersebut terdapat pasir dengan jumlah sedikit. Luasnya juga tidak seberapa, tetapi cukup untuk membuat Anda merasakan sensasi berbeda menikmati sebuah wisata pantai. Hanya saja, pastikan dulu kondisi ombak dalam keadaan baik sebelum Anda memutuskan untuk turun ke dasar air terjun. Jika ombak terlalu besar, turun ke dasar air terjun akan sangat beresiko.

Menuruni Tebing untuk Memacu Adrenalin

Menuruni tebing di Pantai Jogan ini biasa disebut dengan rappeling. Rappeling ini merupakan aktivitas yang biasa dilakukan oleh para pecinta alam untuk menuruni tebing yang tidak terlalu tinggi seperti tebing yang ada di Pantai Jogan Jogja ini. Sekalian Anda seru-seruan menuruni tebing, Anda juga akan basah diguyur air terjun karena tempat rappeling ada di sampingnya tepat.

Fasilitas Wisata di Pantai Jogan

Pantai Jogan memiliki fasilitas wisata yang cukup baik. lengkap lagi. Parkiran, warung makan, dan toilet telah tersedia di pantai ini. Apalagi, akses jalan menuju pantai ini juga tidak buruk. Jadi, Anda bisa nyaman mengunjungi Pantai Jogan tanpa perlu merasa was-was.

Rute Menuju Pantai Jogan

Dari pusat Kota Yogyakarta itu, Anda bisa mengambil arah menuju Wonosari untuk bisa sampai ke Pantai Jogan. Kendaraan yang bisa Anda gunakan untuk menuju wonosari bisa kendaraan umum saja. Biasanya, kendaraan tersebut akan berhenti di Terminal Wonosari.

Dari Wonosari, silakan pacu kendaraan ke arah Desa Purwodadi atau cari papan petunjuk arah menuju Pantai Siung. Sebelum balai Desa Purwodadi, akan ada papan petunjuk menuju Pantai Jogan. Silakan ikuti petunjuk arah dan Anda akan sampai. Jalan setapak akan Anda temukan ketika Anda sudah sangat dekat denga Pantai Jogan.

Bisa mengunjungi pantai dengan eksotisme yang menarik hati tentu menyenangkan. Jangan lupa, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik sebelum Anda melakukan perjalanan ke Pantai Jogan Gunungkidul. Jika Anda belum memiliki kendaraan dan membutuhkan bantuan, jangan sungkan untuk menghubungi Sewa Motor Jogja. Kami adalah jasa rental motor di Kota Yogyakarta yang bisa diandalkan, dan dengan senang hati akan membantu kelancaran wisata Anda.