Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang menjadi destinasi wisata favorit para pecinta pantai. Tak semua pantai di wilayah ini digarap menjadi tempat wisata yang gemerlap dengan fasilitas modern. Ada juga pantai yang masih bertahan dengan keindahan alam yang masih asli, di antaranya Pantai Jungwok Yogyakarta.

Keindahan Pantai Jungwok Yogyakarta

Jalan menuju ke pantai agak sulit, sehingga kendaraan tak dapat menjangkau sampai ke bibirnya. Wisatawan yang datang pun harus berjalan kaki untuk sampai ke pantai.

Pantai Jungwok Gunungkidul dikenal juga dengan sebutan Pantai Njuwok atau Juwok oleh masyarakat setempat. Bentuk garis pantainya yang melengkung konon menjadi sebab mengapa dinamakan demikian.

Pantai ini tidak terlalu luas, namun bersih dan tenang karena tidak banyak pengunjung yang datang ke sana. Bukit hijau yang mengelilingi pantai serta pasir putih yang membentang membuatnya terlihat indah. Selain itu, terdapat tebing yang menghalangi ombak sampai ke tepi pantai. Ada bagian pantai yang menarik dengan batu karang berlubang di dekatnya, sehingga saat ombak menghantam, air laut akan masuk ke dalam karang.

Sensasi dan Pemandangan Pantai Jungwok

Pantai Jungwok Yogyakarta sangat sesuai untuk Anda yang mencari ketenangan dan menepi sejanak dari keriuhan. Suasana damai dan angin yang berhembus tenang dapat membuat hati merasa nyaman. Perairan di pantai tidak terlalu dalam dan ombaknya juga tenang sehingga cukup aman untuk bermain air.

Pemandangan yang mencolok dari Pantai Jungwok adalah batu besar di tengah pantai bernama Watu Topi. Batu karang tersebut merupakan tempat penduduk biasa memancing atau menangkap lobster dengan perangkap.

Di sekitar Watu Topi Anda dapat menemukan ikan-ikan hias, bintang laut, dan alga. Karena ombak di dekat batu karang ini cukup besar, Anda perlu berhati-hati jika mendekat ke kawasan tersebut.

Selain menikmati keindahan pantai, biasanya pengunjung juga berkemah untuk menunggu matahari tenggelam dan matahari terbit. Jangan lupa membawa perlengkapan kemah yang memadai seperti tenda, kayu bakar untuk membuat api unggun, dan alas tidur.

Menyenangkan Meski Fasilitas Terbatas

Sejak tahun 2018, Pantai Jungwok Yogyakarta mulai dibenahi dari segi fasilitas. Terdapat toilet dan kamar mandi umum di pantai ini.

Pantai Jungwok Yogyakarta

Bagi Anda yang hendak berkemah atau berwisata sepanjang hari, nampaknya perlu menahan diri dari keinginan eksis di media sosial karena sinyal seluler yang tak begitu baik.

Di sekitar pantai terdapat beberapa warung milik warga setempat. Tetapi disarankan Anda membawa bekal sendiri dari rumah. Selain lebih hemat, Anda dapat menikmati makanan bersama keluarga sambil menggelar tikar di tepi pantai. Untuk masuk ke pantai, Anda dikenakan tiket sebesar Rp10.000 per orang.

Rute dan Jalan Alternatif ke Pantai Jungwok

Pantai Jungwok Yogyakarta berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi pantai tak jauh dari Pantai Wediombo dan Pantai Greweng. Apabila Anda memilih menggunakan angkutan umum, dapat menggunakan bus jurusan Wonosari dari Terminal Giwangan. Dari Wonosari ambil angkutan ke arah Jepitu, kemudian dilanjutkan dengan ojek hingga ke lokasi. Tetapi tarif ojek cukup mahal, sekitar Rp40.000 per orang.

Perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju Pantai Jungwok Yogyakarta paling cepat sekitar 2,5 jam dengan kendaraan roda empat. Jika menggunakan kendaraan roda dua tentu waktu perjalanan dapat dipersingkat.

Dari Yogyakarta, Anda perlu mengarahkan kendaraan ke Jalan Bausasran melewati SMA Negeri 8 Yogyakarta sampai ke PLN Jogja. Kemudian ikuti Jalan Nasional III, lalu ke Jalan Yogyakarta – Wonosari. Selanjutnya masuk ke Jalan Kyai Legi, lanjutkan ke Jalan Pantai Selatan lalu Jalan Wediombo – Jungwok. Tak jauh dari sana, Anda akan menemukan Pantai Jungwok Gunungkidul.

Alternatif rute yang lain yaitu melewati Jalan Imogiri Timur atau Imogiri Barat. Keduanya berujung di Jalan Playen Dlingo, kemudian masuk ke Jalan Kyai Legi. Selanjutnya ikuti jalur seperti pada rute utama.

Perjalanan menuju ke Pantai Jungwok Gunungkidul lebih nyaman dan cepat dilakukan dengan kendaraan pribadi. Namun kondisi medan yang dilalui terjal, sempit, dan licin ketika musim hujan.

Kendaraan yang tepat untuk menuju ke Pantai Jungwok Yogyakarta sebaiknya sepeda motor jenis trail karena lebih aman dan kuat untuk menaklukkan kondisi jalan. Kami menyediakan layanan sewa sepeda motor bagi Anda yang memerlukan. Hubungi Sewa Motor Jogja untuk mendapatkan informasi ketersediaan kendaraan kami atau pemesanan dengan harga yang bersahabat.