Jika Anda mencari pantai di wilayah Gunungkidul yang cocok untuk bermain selancar, Anda bisa datang ke Pantai Krakal Jogja. Ombak Pantai Krakal Wonosari cukup bagus untuk memuaskan hobi berselancar Anda. Apalagi, terdapat penginapan yang bisa menjadi pilihan Anda tinggal lebih lama di pantai ini.

Bagaimana, Anda ingin tahu lebih banyak tentang keindahan Pantai Krakal dan karakter pantainya? Berikut ulasannya.

Karakteristik Pantai Krakal Jogja

Hamparan pasir di Pantai Krakal ini cukup landai. Pantai yang terbentuk dari peristiwa alam ini memiliki pasir yang bersih. Keindahan pasir Pantai Krakal itu masih didukung dengan air yang berwarna kebiruan dan ombak yang cantik. Ombak itu tidak terlalu besar, tetapi cukup menggairahkan para peselancar untuk bermain-main dengannya.

Sebagaimana karakter pantai-pantai di Yogyakarta bagian selatan yang lain, Pantai Krakal juga memiliki batuan karst yang menarik untuk dinaiki. Terdapat dua batu karang berukuran besar yang bercokol di Pantai Krakal. Anda jangan membayangkan batu karang itu terlihat putih dan tandus. Sebab batu karang di Pantai Krakal justru berwarna hijau karena rimbun dengan tumbuhan.

Spot Foto Menarik di Atas Batu Karang Pantai Krakal

Salah satu cara menikmati Pantai Krakal Gunungkidul adalah dengan mendaki puncak batu karang di pantai ini. Selain ukurannya besar, batu karang di Pantai Krakal ini cukup tinggi. Keduanya menjadi semacam pembatas antara Pantai Krakal dan pantai kecil di sebelahnya yang sama-sama indah.

Pantai Krakal Jogja

Apa nanti tidak takut jatuh? Anda hanya perlu berhati-hati dan waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tetapi, sejauh Anda tidak berbuat hal yang sembrono, Anda akan tetap aman naik di atas batu karang ini. Apalagi, jalan setapak menuju puncak batu karang ini sudah sangat rapi. Anda bisa memijakkan kaki dengan aman pada anak tangga batu karang.

Di atas puncak batu karang, banyak sudut yang bisa dijadikan spot menarik untuk berfoto. Bentang alam Pantai Krakal Jogja tampak sangat luas jika dinikmati dari atas batu karang. Sungguh luar biasa.

Fasilitas Wisata di Pantai Krakal

Pantai Krakal memiliki area parkir, tempat makan, serta toilet sebagai sarana dasar sebuah tempat wisata. Lain itu, Anda bisa juga memanfaatkan tempat istirahat yang ada di sepanjang pantai. Tempat itu terlihat semacam saung dengan ukuran yang mungil seperti hanya didesain untuk istirahat dua atau tiga orang saja. Tapi yakin, Anda akan merasa nyaman dengan fasilitas-fasilitas yang ada di Pantai Krakal ini.

Pantai Krakal Jogja

Ah, ya. Pantai Krakal memiliki penginapan yang cukup memadai. Anda bisa menginap di penginapan tersebut untuk menikmati pagi di Pantai Krakal. Jadi, pastikan Anda bangun pagi dan berjalan melihat keindahan pantai di waktu yang tidak biasa. Tentu saja, seraya menunggu matahari muncul dari balik bentangan air laut. Akan menarik sekali tentunya.

Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Pantai Krakal merupakan salah satu pantai di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini ada di Kecamatan Tanjungsari, tepatnya berada di Desa Ngastiharjo. Rute jalan menuju pantai ini masih dalam satu garis dengan pantai-pantai lain di kecamatan yang sama. Jadi, jika Anda ingin ke pantai ini, Anda bisa menggunakan rute menuju Pantai Drini, atau rute menuju Pantai Baron.

Jarak tempuh dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Krakal sekitar 65 km. Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Wonosari melalui Perempatan Ketandan di Ringroad Timur Yogyakarta. Dari pusat Kota Wonosari, jarak tempuh ke Pantai Krakal tinggal 23 kilometer lagi dengan melewati alun-alun Kota Wonosari dan Desa Kemandang, hingga sampai di Objek Wisata Pantai Gunungkidul.

Badan jalan di Wonosari sangat baik. Hanya saja, Anda perlu waspada berkendara karena banyak tikungan tajam yang harus Anda lalui, termasuk Perbukitan Gamping Gunungkidul. Jadi, pacu kendaraan dengan kecepatan dan kontrol yang baik. Pastikan juga fisik tubuh Anda dalam keadaan baik untuk berkonsentrasi.

Sampai di loket wisata Pantai Gunungkidul, Anda akan diminta membayar retribusi sebesar Rp10.000 untuk menikmati banyak pantai yang berada dalam kawasan yang sama. Jalan terus dan Anda akan menemukan pertigaan. Ambil arah kiri untuk menuju Pantai Krakal.

Akhirnya, selamat berlibur di Pantai Krakal Jogja. Jika Anda membutuhkan kendaraan untuk menunjang mobilitas liburan Anda, Anda bisa menghubungi jasa rental motor milik kami, Sewa Motor Jogja. Cukup pesan online, kami akan mengantar kendaraan ke tempat yang sudah Anda tentukan. Menarik, bukan?