Gunungkidul mempunyai begitu banyak destinasi wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Mulai dari air terjun hingga jajaran pantai yang menawarkan pesona tersendiri, layak untuk dimasukkan ke dalam rancangan perjalanan Anda. Salah satu objek wisata pantai terindah di Gunungkidul adalah Pantai Kukup Yogyakarta.

Indahnya Akuarium Alam di Pantai Kukup Yogyakarta

Pantai Kukup Yogyakarta memiliki kawasan yang paling luas bila dibandingkan dengan pantai lain di sekitarnya. Di sekitar pantai dengan pasir putih yang sangat bersih masih terdapat pepohonan dan pegunungan yang menghijau.

Pantai Kukup Yogyakarta

Ketika air laut sedang surut, Anda bisa melihat aneka hidupan laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik di bawah permukaan air. Keindahan aneka hewan dan tumbuhan laut ini seakan akuarium alam yang sangat luas. Ikan-ikan hias dari laut juga banyak dijual di sekitar pantai. Ikan-ikan ini nantinya dapat Anda pelihara dengan air laut yang bisa didapat di toko-toko akuarium dan ikan hias.

Di sebelah timur, terdapat pulau karang yang tak jauh dari bibir pantai. Untuk menuju ke pulau itu, Anda bisa melewati jembatan yang sudah disediakan. Tepat di atas pulau karang yang dinamai Pulau Jumino, ada sebuah rumah yang berfungsi sebagai gardu pandang. Sepintas pemandangan Pantai Kukup dengan pulau karangnya serupa dengan Tanah Lot di Bali.

Pilihan Berisitirahat di Resort

Selain berenang di pantai, wisatawan juga dapat bermandi-mandi di kolam renang Pantai Kukup yang berada di kawasan Ineesya Resort.

Resort tersebut terletak di perbatasan antara Pantai Kukup dan Pantai Baron. Dari kolam renang yang berada di bibir tebing, Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang menawan. Foto berlatar Pantai Kukup dan sekitarnya tentu menjadi kenangan yang manis untuk Anda.

Pantai Kukup Yogyakarta

 

Kolam renang ini menjadi tempat favorit untuk melakukan pemotretan pre-wedding atau berswafoto sendiri. Untuk menikmati fasilitas kolam renang, Anda harus membayar Rp100.000 termasuk handuk dan minuman. Jika berfoto plus minuman saja, dikenakan biaya Rp25.000. Untuk makan siang dengan minimum pemesanan 5 pax yaitu Rp50.000 per pax. Anda juga dapat menginap di resort ini dengan menghubungi pihak resort sebelumnya.

Pantai Kukup Gunungkidul juga mempunyai gua-gua karang yang digenangi air. Wisatawan sering menggunakan gua untuk berteduh dan bersantai sambil mengamati biota laut di dalamnya.

Sebagian masyarakat di sekitar pantai masih melaksanakan sedekah laut setiap 1 Suro dalam penanggalan Jawa, bersamaan dengan ritual serupa di Pantai Baron.

Berkunjung ke pantai kurang lengkap jika tidak menikmati hidangan makanan laut yang lezat. Di warung-warung makan sepanjang pantai, Anda bisa menemukan aneka seafood yang diolah dengan berbagai bumbu yang mengundang selera. Anda juga bisa membawa pulang makanan sebagai oleh-oleh, seperti kepiting goreng, udang goreng, dan ikan goreng siap santap.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke Pantai Kukup Yogyakarta tergolong murah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp10.000 per orang. Tiket masuk ini termasuk kunjungan ke pantai di sekitarnya yaitu Pantai Krakal dan Pantai Sundak. Sementara tarif parkir sebesar Rp2.000 bagi sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Pantai Kukup Yogyakarta memiliki fasilitas warung makan, pendopo, pondok wisata, musala, toko suvenir, dan penginapan kelas melati dengan harga kamar bervariasi.

Lokasi dan Rute Pantai Kukup Gunungkidul

Pantai Kukup Yogyakarta berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Pantai Baron, lokasi pantai ini hanya berjarak sekitar 1 km.

Jika Anda bergerak dari Yogyakarta, lewati Jalan Ringroad Selatan hingga perempatan kedua setelah Terminal Giwangan. Selanjutnya ambil arah ke timur hingga memasuki Jalan Wonosari. Dari Wonosari, ikuti arah kanan menuju Jalan Baron sampai pos retribusi. Selanjutnya Anda ikuti petunjuk arah yang menandakan lokasi Pantai Kukup, Krakal, Baron, dan Indrayanti di pinggir jalan.

Anda dapat lebih merasakan pengalaman menyenangkan menyusuri jalanan menuju Pantai Kukup Yogyakarta dengan mengendarai kendaraan pribadi. Namun, jika Anda tidak membawa kendaraan sendiri, cukup menyewa dari tempat penyewaan kendaraan kami. Di Sewa Motor Jogja, kami menawarkan kendaraan dengan performa terbaik untuk dibawa berwisata di Yogyakarta dan sekitarnya.