Pantai satu ini terletak di daerah Bantul. Kabarnya, Pantai Kuwaru merupakan pantai yang memiliki hiburan terlengkap dari sekian pantai yang ada di Bantul. Apa iya? Yuk simak ulasan mengenai Pantai Kuwaru Jogja.

Mengenal Pantai Kuwaru Jogja Lebih Dekat

pantai-kuwaru-jogja

Pantai Kuwaru rupanya sudah cukup terkenal di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai satu ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama saat musim libur telah tiba.

Ciri khas dari pantai ini adalah pasirnya yang hitam dan deretan pohon cemara yang sudah pasti menawarkan keindahan yang sangat sayang jika dilewatkan. Pantai Kuwaru memiliki beberapa wahana yang berbeda dari wahana pada pantai lain. Salah satu wahana tersebut adalah adanya hutan cemara udang yang rupanya dahulu hanya dijadikan sebagai penghalang dari Tsunami, sekaligus sebagai penyerap kadar garam dari air laut. Namun saat ini, wahana tersebut telah menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Kuwaru.

Berbagai Keindahan yang Lekat

Ada berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Pantai Kuwaru Jogja. Banyak pohon cemara yang rindang sehingga pas untuk untuk berteduh dari teriknya matahari, sambil berdecak kagum akan keindahan pantai. Apa lagi bonus di sela pepohonan cemara memiliki pemandangan yang menarik sehingga cocok untuk berfoto. Keindahan yang ditawarkan ini membuat Pantai Kuwaru tidak jarang digunakan sebagai lokasi lokasi pemotretan pre wedding.

Usai puas melahap keindahan pantai namun tetap terasa lapar karena keindahan memang tidak bisa membuat perut kenyang, maka Anda dapat beristirahat sambil menikmati berbagai olahan seafood. Di sini bisa dipesan ikan bakar, cumi, udang, dan lain sebagainya. Namun bagi yang tidak menyukai ikan-ikanan laut, maka Anda tidak perlu khawatir karena tersedia juga makanan non-ikan. Terlebih bila sdang terik, es kelapa muda menjadi pilihan utama yang segar sebagai pendamping makanan.

Banyaknya pohon cemara di pantai ini membuatnya mirip dengan Pantai Goa Cemara. Perbedaannya, pohon cemara udang yang ada di sini renggang sehingga tidak tampak terlalu gelap namun juga menyelamatkan dari terik matahari yang membakar. Selain itu, fungsi utama dari pohon cemara itu sebebnarnya adalah menahan kerasnya angin laut dan mengurai abrasi pantai.

Wahana Seru yang Wajib Dicoba

pantai-kuwaru-jogja

Ada banyak wahana yang disediakan oleh pengelola wisata Pantai Kuwaru Jogja. Antara lain wahana kolam renang yang disediakan terutama untuk anak-anak, ATV untuk berkeliling pantai, motor trail, kereta mini, dan mandi bola yang dikhususkan bagi anak-anak.

Wahana tersebut merupakan wahana tetap, karena selalu ada setiap hari. Namun ada juga wahana tidak tetap yang disediakan oleh pengelola. Wahana tidak tetap itu biasanya hanya ada saat liburan. Beberapa wahana tidak tetap antara lain, komedi putar, bianglala, dan rumah balon.

Lokasi dan Rute yang Harus Ditempuh

Pantai Kuwaru berlokasi di dusun Poncosari, desa Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Rute yang dilalui dapat dimulai dari pusat kota Yogyakarta di jalan Malioboro. Ambil arah barat daya dengan jarak tempuh sekitar 35 Km dan estimasi waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 60 Menit menggunakan jalur jalan bantul dan jalan samas untuk sampai ke pantai Kuwaru.

Harga Tiket dan Fasilitas yang Ditawarkan

Harga tiket masuknya hanya sebesar Rp5.000,00 dengan biaya parkir untuk roda dua sebesar Rp5.000,00 dan roda empat sebesar Rp10.000,00. Harga ini belum termasuk harga wahana-wahana yang ada.

Untuk menikmati wahana kolam renang, Anda harus membayar Rp5.000,00. Untuk penyewaan ATV dan motor trail, biaya yang dikenakan sebesar Rp25.000,00. Untuk naik kereta mini dan mandi bola, yang harus dibayarkan juga sebesar Rp5.000,00.

Selain itu, fasilitas umum yang hukumnya fardu ain juga sudah ada di sini, seperti WC dan kamar mandi. Bila ingin menginap, di sekitar pantai terdapat penginapan dengan harga terjangkau.

Di dekat sekumpulan pohon cemara udang, ada beberapa fasilitas penunjang yang memang dibangun oleh penduduk setempat dan investor lokal. Fasilitas itu berupa warung makan, warung souvenir dan fasilitas lain yang masih banyak. Fasilitas ini bisa dikatakan paling lengkap dibadningkan pantai lain di wilayah Bantul.

Bagi Anda yang hendak bepergian menuju Pantai Kuwaru, kami menyediakan jasa sewa motor. Caranya sangat mudah, Anda tinggal klik sewamotorjogja.id melalui ponsel pintar Anda. Demikian ulasan mengenai Pantai Kuwaru Jogja. Sudah tidak sabar ya ingin segera ke sana?