Salah satu pantai yang masih sepi di Yogyakarta, dan belum banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Ngandong. Pantai Ngandong Tepus Jogja adalah pantai yang masih dalam kawasan Pantai Gunungkidul. Posisinya berada di bagian tengah antara Pantai Sundak dan Pantai Krakal. Keindahannya pun tidak jauh dari pantai-pantai saudaranya. Simak ulasannya berikut ini.

Menikmati Pasir Putih Bersih Pantai Ngandong Tepus Jogja

Iya. Pasir di Pantai Ngandong adalah pasir putih yang sangat bersih. Keindahan pasir ini senada dengan airnya yang bening kebiruan. Tidak heran, jika setiap wisatawan yang datang akan mengatakan panorama di Pantai Ngandong ini luar biasa. Apalagi, seperti saudara-saudaranya, pantai ini juga memiliki tebing karst sebagai titik menarik untuk menikmati panorama pantai di sini.

Tebing Karst di Pantai Ngandong

Pantai Ngandong Tepus Jogja

Tebing karst di Pantai Ngandong Tepus Jogja ada di bagian kanan dan kiri pantai. Dua tebing ini menjadi pengapit pantai, sekaligus menjadi pembatas Pantai Ngandong dan membuatnya memiliki luas yang tidak seberapa. Warna tebingnya hitam. Namun pada bagian atas berwarna hijau. Mirip sekali dengan tebing-tebing karst di Pantai Sundak, tetapi berbeda bentuk dan besarnya.

Menariknya, dari Pantai Ngandong ini Anda akan melihat banyak batu karang yang menarik untuk objek fotografi. Letaknya bukan di bagian pantai, tetapi di bagian lepas pantai. Sepintas batu karang-batu karang itu terlihat seperti mengapung. Dan bagian inilah yang paling menarik dari Pantai Ngandong. Bagian ini menjadi ciri paling khas dari Pantai Ngandong jika dibandingkan dengan pantai tetangganya.

Menyewa Perahu Nelayan dan Berlayar

Berlayar adalah bagian aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Ngandong. Mungkin aktivitas ini terlihat tidak menarik jika Anda adalah seorang nelayan. Tetapi, bagi yang belum pernah, sensasi terombang-ambing di atas perahu tentu akan memberikan kesan lain. Apalagi ketika perahu dihempas ombak, sensasi yang Anda rasakan akan sulit diceritakan.

Menikmati Sunset di Pantai Ngandong

Pantai Ngandong Tepus Jogja

Bermain di atas pasir putih yang lembut, dan menikmati birunya laut, tentu akan membuat perasaan menjadi tenang. Lebih-lebih ombak di pantai ini cenderung bersahabat meski berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Ketenangan ini akan sempurna ketika hari sudah jelang senja. Bersama sepi pantai, Anda akan menatap sunset yang menarik dari Pantai Ngandong Tepus ini.

Fasilitas Wisata di Pantai Ngandong

Pantai Ngandong sudah memiliki fasilitas wisata yang cukup. Di pantai ini, Anda sudah bisa menemukan warung makan jika Anda lelah dan ingin mengisi perut sembari menikmati indahnya Pantai Ngandong. Di pantai ini juga sudah ada fasilitas toilet jika itu Anda perlukan, juga tempat parkir yang memadai.

Di Pantai Ngandong, Anda juga bisa membeli ikan dari nelayan setempat untuk oleh-oleh. Lokasi tempat pelelangan ikan tidak jauh dari pantai, jadi Anda bisa ke sana dan melihat banyak nelayan berkumpul menawarkan ikan hasil tangkapannya.

Rute Menuju Pantai Ngandong Tepus Jogja

Lokasi Pantai Ngandong Gunungkidul Jogja bisa Anda temukan dengan melewati Jalan Pantai Selatan Jawa. Pantai ini berada di wilayah Kabupaten Gunungkidul, masuk dalam wilayah Kecamatan Tepus. Desa tempat Pantai Ngandong berada adalah Desa Sidoharjo.

Jarak pusat Kota Yogyakarta dan Pantai Ngandong sekitar 70 km. Untuk menuju Pantai Ngandong, Anda bisa mengambil jalan ke arah Wonosari. Sesampai di Wonosari, Anda bisa menuju kawasan Pantai Gunungkidul dan mengambil arah ke Pantai Baron sebelum melanjutkan ke Pantai Ngandong. Atau bisa juga Anda mengambil arah ke Pantai Indrayanti dan melanjutkan perjalanan ke Pantai Ngandong.

Rute yang mana saja boleh Anda ambil, asal tetap bisa sampai di Pantai Ngandong Jogja dengan selamat. Jadi pastikan tubuh Anda fit ketika Anda memutuskan berwisata, demikian juga dengan kendaraan Anda. Karenanya, jaga kondisi tubuh dan pilih kendaraan yang paling bisa membantu Anda berwisata, bukan sebaliknya.

Jika Anda membutuhkan kendaraan, Anda bisa rental di Sewa Motor Jogja milik kami. Persyaratan rental cukup mudah, demikian juga dengan harga rental yang ditawarkan. Anda juga bisa pesan online tanpa perlu datang ke kantor kami. Selamat berwisata di Pantai Ngandong Tepus Jogja. Semoga bahagia.