Kabupaten Gunungkidul memang kaya akan wisata pantai yang menarik. Uniknya, masing-masing pantai tersebut tidak sama rata, tetapi masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Salah satu dari pantai yang memiliki keunikan tersendiri itu adalah Pantai Nglambor. Lokasi Pantai Nglambor Gunungkidul bersebelahan dengan Pantai Siung. Seperti apa pantainya? Simak ulasan berikut ini.

Kecantikan Pantai Nglambor Gunungkidul

Pantai Nglambor adalah pantai cantik yang bisa menawan siapa saja yang melihatnya. Pasirnya yang putih dan lembut membuat Anda betah menjejakkan kaki di sana, meski tanpa alas sekalipun. Warna airnya jernih kehijauan. Sedang di bagian tengah, warna airnya kebiruan.

Pantai Nglambor Gunungkidul

Pantai Nglambor Gunungkidul diuntungkan oleh bentuknya yang menyerupai kolam. Karenanya, ombak yang datang dari lepas pantai tidak terlalu besar. Namun begitu, Anda perlu tetap waspada agar tetap berhati-hati, mengingat pantai ini berbatasan langsung dengan Pantai Selatan.

Sumber Air Tawar di Pantai Nglambor

Di Pantai Nglambor terdapat air tawar yang keluar dari celah-celah batu. Air tawar itu adalah air tanah yang lepas dari lorong di dalam tebing karst. Rasa airnya sangat segar. Tapi tidak ada yang menggunakan air ini untuk minum, selain hanya dinikmati dan mencari sensasi air yang berbeda dengan air laut.

Menikmati Keindahan Bawah Laut Pantai Nglambor

Aktivitas menyelam ini yang paling banyak menarik wisatawan datang ke Pantai Nglambor. Pantai Nglambor Wonosari Gunungkidul terkenal memiliki terumbu karang yang cantik jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang masih dalam satu kawasan. Biota lautnya pun beragam. Namun yang paling banyak adalah jenis ikan sergeant major dan ikan jambrong, serta ikan kecil penghuni terumbu karang.

Pantai Nglambor memang sudah dijadikan sebagai wilayah konservasi terumbu karang dan biota laut. Masyarakat atau siapapun tidak diperbolehkan menangkap ikan di wilayah ini secara serampangan. Bahkan, penangkapan ikan itu hanya dilakukan dengan bantuan gawar. Gawar sendiri adalah jaring yang terbuat dari akar pohon yang dipancang ke laut. Dengan begitu, terumbu karang di wilayah ini akan tetap terjaga.

Menyelam di Pantai Nglambor

Menyelami Pantai Nglambor Gunungkidul akan memberi tantangan tersendiri bagi penikmatnya. Pasalnya, kegiatan menyelam selalu dilakukan di perairan yang cenderung tenang. tidak demikian dengan Pantai Nglambor yang lepas pantainya adalah samudra hindia. Namun begitu, Anda masih tetap bisa menyelam di pantai ini. dan itu sebabnya, menyelam di Pantai Nglambor akan memberi kesan tersendiri.

Pantai Nglambor Gunungkidul

Dengan tantangan yang demikian, tentu saja menggunakan peralatan menyelam lengkap menjadi satu keharusan. Anda bisa menyewa peralatan menyelam di Pantai Nglambor dengan biaya sewa Rp50.000 perorang. Biaya sewa itu sudah termasuk seluruh perlengkapan menyelam, ditambah gratis foto di bawah dan di atas air 3 sampai 5 pengambilan. Anda juga akan dijamu teh sebagai ucapan selamat datang.

Dan asyiknya, biasanya Anda akan ditemani satu pemandu untuk membantu dan mengawasi Anda. Pemandu ini juga bertugas menjaga Anda jika sewaktu-waktu keadaan berubah darurat. Jadi, bagi Anda yang sangat pemula dalam menyelam, rasanya tidak perlu khawatir untuk mencoba menyelam di Pantai Nglambor ini.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

Fasilitas di Pantai Nglambor sudah tidak perlu diragukan lagi. Sangat lengkap. Apalagi harga tiket masuknya hanya Rp6.000 perorang, tetapi belum termasuk biaya parkir kendaraan. Parkir kendaraan akan diminta retribusi sebesar Rp5.000 untuk mobil, dan Rp2.000 untuk motor.

Rute Menuju Pantai Nglambor

Pantai Nglambor berada di Desa Purwodadi. Desa ini adalah salah satu desa di wilayah Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Anda bisa datang ke pantai ini lewat manapun. Tetapi, patokan paling mudah adalah Kota Wonosari. Jadi, dari manapun, Anda ambil arah menuju ke Wonosari. Lalu, dari Wonosari Anda bergerak ke arah Pantai Siung. Tetapi, sebelum Anda sampai, Anda harus berbelok menuju Pantai Nglambor.

Rute menuju Pantai Nglambor sangat mudah untuk dilalui. Tetapi, tetap saja Anda harus berhati-hati karena sebagian jalan masih berbatu meskipun tidak sulit. Paling penting lagi adalah bagaimana Anda menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap fit selama menempuh perjalanan.

Dan akhirnya, selamat berwisata. Jika Anda membutuhkan jasa rental kendaraan untuk perjalana wisata Anda, silakan hubungi kami, Sewa Motor Jogja. Dengan senang hati kami akan membantu Anda menyediakan kendaraan yang akan mempermudah perjalanan Anda ke Pantai Nglambor Gunungkidul. Semoga perjalanan Anda menyenangkan.