Yogyakarta terkenal dengan destinasi wisata yang sangat beragam. Tak hanya Malioboro, Candi Prambanan, dan Pantai Parangtritis saja. Banyak tempat wisata lain yang harus dieksplorasi selama berlibur di sana. Bergeraklah ke Gunungkidul, Anda akan menemukan banyak tempat indah salah satunya Pantai Nguyahan Yogyakarta.

Pesona Keindahan Pantai Nguyahan Yogyakarta

Pada zaman Belanda, kawasan pantai ini dijadikan sebagai tempat produksi garam atau uyah dalam bahasa Jawa. Sehingga namanya menjadi Nguyahan, artinya tempat membuat garam. Namun, kini Pantai Nguyahan Yogyakarta tak lagi digunakan untuk memproduksi garam.

Pantai Nguyahan Gunungkidul masih terlihat bersih dan sepi dari aktivitas wisatawan. Karena belum begitu terkenal, biasanya kunjungan ke pantai ini sepaket dengan wisata ke Pantai Ngobaran. Anda bisa duduk-duduk bersantai menikmati indahnya laut yang terbentang luas dengan ombak yang bergulung-gulung dan angin yang berhembus memberikan kesejukan. Suasana yang tidak terlalu ramai bisa membuat Anda merasa lebih tenang.

Hamparan Pasir dan Panorama Pantai

Di atas hamparan pasir yang putih bersih dan lembut, Anda dapat berjalan-jalan, bermain bola voli, atau berjemur merasakan sengatan matahari tropis yang menghangatkan kulit. Tapi aktivitas ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau menjelang senja agar kulit tidak terbakar.

Pantai Nguyahan Yogyakarta

Air di pesisir pantai cukup dangkal dan jernih sehingga dapat dimanfaatkan untuk berenang dan bermain air. Di bibir pantai Anda bisa hamparan karang yang luas dan terumbu karang yang dihuni oleh berbagai biota laut seperti ikan-ikan kecil yang berwarna-warni, bintang laut, kerang, dan ganggang laut.

Jika berjalan lebih jauh ke sekitar pantai, Anda akan mendapati bukit-bukit hijau yang menjulang. Pemandangan bukit yang indah dapat dijadikan latar belakang foto yang menarik. Tak puas berfoto di bawah, Anda juga bisa mendaki bukit dan melihat pemandangan dari puncaknya. Dari atas bukit tampak keseluruhan Pantai Ngobaran dan Pantai Ngrenehen yang berjarak kira-kira 200-500 meter dari tempat Anda berdiri.

Aktivitas Liburan di Pantai Nguyahan

Selain berekreasi melepas kejenuhan dan penat dari tugas sehari-hari, Anda juga dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat yang melakukan berbagai aktivitas di pantai.

Sebagian dari mereka akan mencari suket paris ketika air laut sedang surut. Suket paris merupakan sejenis algae yang tumbuh di perairan. Selama 4 hari dalam sebulan, mereka dapat memanen tanaman tersebut dari laut. Setelah terkumpul, mereka mengeringkan suket paris dan menjualnya. Ketika air laut pasang, mereka beralih menggarap ladang di bukit sekitar pantai.

Sementara sebagian yang lain mencari lobster dan landak laut untuk dijual ke rumah-rumah makan di area Pantai Nguyahan dan Ngobaran. Anda pun dapat menyertai mereka berjalan agak ke tengah untuk memancing, tentunya jika air laut tidak sedang pasang. Lokasi favorit pemancing yaitu di lantai karang di bagian selatan pantai.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Harga tiket masuk yang dikenakan untuk masuk ke Pantai Nguyahan Yogyakarta adalah Rp5.000 per orang. Pantai dibuka sejak pukul 09.00-18.00 WIB setiap hari.

Pantai Nguyahan sudah memiliki fasilitas dasar seperti kamar mandi, toilet, dan musala serta area parkir. Untuk makanan, Anda dapat membawa bekal sendiri ataupun makan di warung makan tradisional yang menjadi satu dengan rumah penduduk di pinggiran pantai. Menu yang tersedia adalah menu sederhana seperti mi goreng, mi rebus, es kelapa muda, dan minuman ringan.

Jika ingin menginap, Anda perlu membawa tenda dan perlengkapan kemah lainnya untuk ber-camping di Pantai Nguyahan. Apabila Anda datang untuk memancing, pastinya harus membawa joran, kail, dan peralatan lain sendiri, sebab tidak ada tempat penyewaan di pantai ini.

Rute ke Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan Yogyakarta berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Jarak pantai dari pusat kota Jogja adalah sekitar 75 km dapat ditempuh dengan perjalanan selama 1,5 jam.

Jika berangkat melewati Bantul, Anda bisa menuju ke Parangtritis, kemudian ke Panggang, Septosari, dan selanjutnya ke Pasar Trowono, Kanigoro. Tak jauh dari sana Anda akan menemukan Pantai Nguyahan.

Dengan mengendarai kendaraan sendiri, perjalanan ke Pantai Nguyahan Yogyakarta akan semakin mudah, cepat, dan nyaman. Apabila Anda tidak membawa kendaraan pribadi, dapat menyewa kendaraan dari Sewa Motor Jogja. Kami menyediakan kendaraan dengan berbagai pilihan sesuai kebutuhan Anda dengan tarif bersahabat dan pelayanan maksimal.