Tidak jauh dari Pantai Baru, ada juga sebuah pantai yang dikelilingi oleh banyak kincir angin bernama Pantai Pandansimo. Selain menarik dengan kincir anginnya, konon pantai ini juga menyimpan cerita mistis di baliknya. Penasaran? Berikut ulasan lengkap mengenai tempat wisata Pantai Pandansimo Bantul.

Pantai Pandansimo Bantul dan Cerita Mistis di Baliknya

Sebelumnya, mari menilik muasal nama Pandansimo. Pandansimo sendiri berasal dari kata “pandan” yang merujuk pada pohon pandan, dan “simo” yang merujuk pada macan. Di sini masih sering dilakukan berbagai tradisi, seperti labuan sedekah laut dan merti dusun.

pantai-pandansimo-bantul

Pada malam-malam tertentu, seperti malam Jumat Kliwon, pantai ini akan dipenuhi oleh para peziarah. Karena masih lekatnya ritual-ritual di pantai ini, maka tidak heran jika Pantai Pandansimo digunakan juga sebagai wisata religi, seperti halnya Pantai Parangtritis.

Mulanya Pantai Pandansimo sebatas hamparan pasir yang di atasnya banyak terdapat rumah-rumah nelayan, juga tempat pelelangan ikan. Kemudian warga setempat berinisiatif untuk menanam pohon cemara udang. Hal tersebut membuat pantai yang semula panas menjadi rindang dan teduh sehingga cocok dijadikan sebagai tempat wisata.

Keindahan yang Ditawarkan Pantai Pandansimo Bantul

Seperti Pantai Baru, di pantai ini juga banyak terdapat puluhan kincir angin sebagai pembangkit tenaga listrik. Kincir angin tersebut cukup memberikan energi untuk operasional warga yang ada di sekitar pantai.

pantai-pandansimo-bantul

Di pantai Pandansimo, Anda bisa menikmati suasana yang asri dan sepi. Angin mengibarkan baju dan debur ombak menampik kulit Anda serta pasir kehitaman yang lembut di kaki. Bagi Anda yang merindukan ketenangan, maka Pantai Pandansimo bisa menjadi salah satu alternatif.

Pantai Pandansimo sendiri memiliki slogan bersih, luas, dan nyaman. Slogan ini sebagai komitmen masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dari Pantai Pandansimo sehingga keasriannya tetap selalu terjaga.

Bisa Melakukan Apa Saja ya di Sini?

Di pantai ini Anda bukan hanya mendapat wisata untuk fisik, tetapi juga menawarkan wisata religi karena berbagai tradisi yang masih rutin dilakukan oleh warga setempat. Tidak jauh berbeda dengan pantai lain di daerah Bantul, di Pantai Pandansimo Anda juga dapat menyewa ATV untuk digunakan berkeliling pantai.

Di pantai ini juga sudah banyak berdiri kios kuliner khas pantai dari ujung timur hingga ke barat. Anda juga dapat menemukan depot-depot ikan di sini. Di sisi utara pantai juga terdapat tempat hiburan, salah satunya kolam renang yang disediakan untuk anak-anak dan orang dewasa.

Dengan banyaknya pohon cemara, Anda bisa membawa tikar untuk digelar di pantai ini. Pantai Pandansimo juga memiliki areal outbound dan lahan untuk camping. Kincir angin yang terdapat di sekeliling pantai ini tentunya menjadi spot yang menyenangkan untuk berfoto ria.

Lokasi dan Rute yang Dapat Ditempuh

Tempat wisata Pantai Pandansimo terletak di Dusun Poncosari, Desa Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju pantai, dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Rute yang dilalui untuk kendaraan pribadi sama saja dengan rute menuju Pantai Baru atau Pantai Kuwaru. Sedangkan yang menggunakan kendaraan umum, ada beberapa rute yang bisa dilalui.

Dari terminal giwangan bisa naik bus yang jurusan Bantul/Srandakan dan turun di jembatan kali Progo. Dari situ kemudian naik ojek atau bisa juga berjalan kaki dengan mengikuti petunjuk arah yang disediakan.

Bisa juga dari stasiun tugu menuju Pantai Pandansimo Bantul, Anda tinggal naik bus yang jurusan Yogyakarta-Tempel dan turun di bunderan prempatan jalan Bantul. Kemudian menyeberang dan naik bus lagi jurusan Srandakan, turun di jembatan kali Progo, lalu naik ojek atau jalan kaki menuju pantai.

Harga Tiket dan Fasilitas yang Ditawarkan

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk berlibur di pantai ini. Jika Anda membawa kendaraan sepeda motor, maka Anda hanya perlu membayar biaya parkir Rp5.000,00. Sedangkan jika Anda membawa mobil, maka biaya parkir yang Anda keluarkan sebesar Rp10.000,00. Untuk harga tiketnya sendiri hanya sebesar Rp2.000,00.

Di pantai ini sudah ada fasilitas umum seperti WC. Juga sudah banyak terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman segar, seperti es kelapa. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan jika lupa membawa bekal.

Dan jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, maka Anda bisa memanfaatkan jasa sewa motor kami. Caranya bagaimana? Hubungi kami melalui situs sewamotorjogja.id. Selamat berlibur di Pantai Pandansimo Bantul.