Siapa yang tidak mengenal Pantai Parangtritis? Pantai ini menjadi begitu terkenal karena cerita mistis yang mengiringinya. Konon, di pantai inilah Nyi Roro Kidul, penguasa laut selatan bersemayam. Karena diyakini sebagai kerajaan Nyi Roro Kidul, maka ada beberapa pantangan jika ingin datang ke pantai ini. Di antaranya yang sudah umum diketahui adalah tidak boleh memakai pakaian berwarna hijau. Terlepas dari cerita mistis, Pantai Parangtritis Yogyakarta memiliki pesona yang memikat. Simak yuk!

Pantai Parangtritis Yogyakarta yang Penuh Mistis

Sejak dahulu sampai kini, masyarakat Indonesia memang cenderung menyenangi hal-hal yang berbau mitos, termasuk mitos terkenal mengenai Nyi Roro Kidul di pantai ini.

Pantai-Parangtritis-yogyakarta

Penamaan pantai bermula ketika ada seorang pelarian dari kerajaan Majapahit sampai di di daerah laut berombak besar. Dia kemudian bersemedi di tempat itu. Banyak air yang “tumaritis” atau menetes dari “parang” atau celah-celah batu karang. Atas dasar ini, ia menamainya dengan parangtritis, yang memiliki arti air yang menetes dari celah batu karang.

Mitos berlanjut di era kerajaan mataram. Raja-raja Jawa dipercaya memiliki hubungan khusus dengan Nyi Roro Kidul. Bahkan hubungan itu masih dipercaya berlangsung hingga sekarang.

Satu larangan terkenal ketika berkunjung ke sini adalah tidak boleh memakai pakaian yang berwarna hijau. Warna tersebut merupakan warna favorit Nyi Roro Kidul dan juga warna bala tentaranya. Sehingga dipercaya jika memakai baju warna hijau ke pantai ini, maka akan tergulung ombaknya yang cukup besar.

Keindahan Pantai Parangtritis Yogyakarta

Parangtritis bisa dikatakan sebagai pantai yang paling terkenal di Yogyakarta. Pantai Parangtritis Yogyakarta memiliki pemandangan unik, yakni berupa gunungan pasir di sekitar pantai. Hebatnya, gunungan pasir ini dikatakan sebagai satu-satunya di Asia Tenggara. Di sini, Anda akan merasa seperti sedang ada di Afrika karena begitu luasnya lautan pasir dan juga suhunya yang lebih panas dibanding daerah sekitarnya.

Selain itu, yang menjadi ciri khas sekaligus keindahan dari pantai ini adalah ombaknya yang cukup besar. Menyadari potensi yang luar biasa ini, kemudian pihak Pemkab Bantul mengelolanya dengan baik. Yakni ditambah fasilitas penginapan sampai pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.

Berbagai Keseruan yang Dapat Dilakukan di Pantai Parangtritis

Pantai-Parangtriti-yogyakarta

Pada sisi utara timur Pantai Parangtritis, terdapat sebuah bukit kecil. Pemandangan yang ditawarkan sangat indah dari atas bukit tersebut. Terlebih saat sore hari, keindahannya semakin berlipat ganda dan membuat Anda enggan beranjak.

Selain itu, juga tersedia penyewaan APV jika Anda ingin mengelilingi seluruh penjuru pantai tanpa merasa lelah. Bersama keluarga, Anda juga bisa bermain pasir, air, juga layang-layang tentu di pinggir pantai saja. Satu hal yang harus diingat ketika sedang bermain air di pantai ini. Apa itu? Bukan mengenai Nyi Roro Kidul, melainkan mengenai ombak di pantai ini sangat besar sehingga terlalu bahaya jika main airnya jauh ke tengah. Lebih baik di bibir pantai saja, toh tak ada air pasir pun jadi.

Lokasi dan Rute yang Dapat Ditempuh

Dari kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis berjarak sejauh 27 km ke arah selatan. Untuk ke pantai bisa dari Desa Kretek. Desa tersebut letaknya berada tepat pada pinggir jalan Parangtritis. Namun bagi pengunjung yang dari luar kota, lebih baik melalui Jl. Parangtritis, ikuti saja arah jalan menuju selatan hingga sampai ke Pantai Parangtritis. Bagi wisatawan yang belum memahami seluk beluk rute di Yogyakarta, maka rute tersebut merupakan rute yang paling aman dan lancar.

Harga Tiket dan Fasilitas yang Tersedia

Untuk masuk ke Pantai Parangtritis, Anda diharuskan membayar sebesar Rp3.000,00, sangat terjangkau bukan? Fasilitas yang disediakan pun lengkap, seperti WC dan kamar mandi, musala, serta warung-warung yang menjajakan berbagai jenis makanan dan berbagai jenis souvenir khas Yogyakarta, maupun Pantai Parangtritis.

Sedangkan bagi Anda yang hendak menyewa ATV untuk bermain di Pantai Parangtritis Yogyakarta, diharuskan merogoh kocek sebesar Rp50.000,00 – Rp100.000,00 per 30 menitnya. Jika Anda tidak ingin menaiki ATV, maka Anda juga dapat naik bendi untuk berkeliling di Pantai Parangtritis yang cantik namun misterius ini.

Juga, bagi Anda yang hendak menuju Pantai Parangtritis Yogyakarta tetapi malas memakai mobil karena khawatir terjebak macet, maka sewamotorjogja.id menyediakan solusinya! Ingat ya, untuk sewa motor, jangan coba-coba. Sewamotorjogja.id aja!