Pantai Pok Tunggal merupakan pantai yang ada di dekat Pantai Indrayanti. Kecantikan pantai ini yang tidak kalah dengan Pantai Indrayanti, membuat Pantai Pok Tunggal ikut dilirik wisatawan. Apalagi, fasilitas-fasilitas wisata di Pantai Pok Tunggal juga terus dilengkapi agar sesuai dengan standar sebuah tempat wisata. Lalu, seperti apa Pantai Pok Tunggal Gunungkidul? Berikut ulasannya.

Muasal Nama Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Muasal nama Pok Tunggal adalah hal lain yang patut ditilik sebelum Anda berkunjung ke Pantai Pok Tunggal. Pantai ini mulai dikenal dengan nama Pantai Pok Tungal karena hanya ada satu pohon yang tumbuh di pantai ini. Pohon tersebut adalah pohon duras. Sampai saat ini, pohon itu masih berdiri di tepi pantai. Dan bahkan, secara tidak langsung pohon tersebut menjadi semacam ikon yang unik untuk Pantai Pok Tunggal.

Menikmati Kecantikan Pantai Pok Tunggal

 

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Jika Anda datang ke Pantai Pok Tunggal, Anda akan melihat seperti apa bersihnya pantai ini. Butiran pasirnya yang putih, ditambah jernih airnya yang kebiruan, membuat mata betah menatapnya berlama-lama. Pantai yang letaknya berdekatan dengan Pantai Indrayanti ini juga memiliki ombak yang cukup besar. Tentu akan menarik sekali jika dikunjungi.

Spot Foto Menarik di Pantai Pok Tunggal

Banyak spot foto menarik di Pantai Pok Tunggal Jogjakarta. Salah satu spot yang paling cantik adalah spot foto di atas perbukitan karst yang berada di sisi timur, juga perbukitan karst yang ada di sisi barat. Iya, bentangan panjang Pantai Pok Tunggal diapit dan dibatasi oleh dua tebing yang merupakan perbukitan karst itu. Tebingnya cukup tinggi. Jadi, Anda perlu hati-hati.

Berkemah di Pantai Pok Tunggal

Hal menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Pok Tunggal adalah berkemah. Akan sangat menyenangkan tentunya, menikmati malam di pantai seraya mendengarkan deru ombak sepanjang malam. Belum lagi, saat pagi menjelang, Anda bisa melihat Pantai Pok Tunggal dalam riap pagi buta hingga hari benar-benar terang. Bagaimana, Anda tertarik untuk melakukannya?

Penanggulangan Sampah Pengunjung di Pantai Pok Tunggal

Terdapat cara menarik yang diterapkan di Pantai Pok Tunggal Wonosari untuk menanggulangi sampah yang disisakan pengunjung pantai. Siapa yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya, akan mendapat denda sebesar Rp10.000. Dan karena inilah, kebersihan pantai ini bisa terjaga.

Cara semacam ini juga diterapkan di pantai di dekat Pantai Pok Tunggal, yakni Pantai Indrayanti. Cara ini akhirnya ditiru oleh masyarakat yang mengelola Pantai Pok Tunggal karena dinilai lebih efektif menjaga kebersihan pantai di Gunungkidul ini.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Fasilitas Pantai Pok Tunggal terus dilengkapi seperti pantai tetangganya. Apalagi pengunjung pantai ini juga sudah mulai ramai menyamai Pantai Indrayanti. Fasilitas semacam toilet umum, tempat parkir, dan warung makan sudah tersedia. Di pantai ini, Anda juga bisa menyewa gazebo, payung pantai, atau tenda yang bisa Anda gunakan untuk berkemah.

Harga tiket masuk pantai ini sebesar Rp3.000 per sepeda motor. Untuk mobil, biaya retribusi yang harus dibayar sebesar Rp5.000. Sedang untuk minibus, biaya retribusinya sebesar Rp15.000.

Rute Menuju Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal berada di Kabupaten Gunungkidul. Kecamatan dan desa tempat Pantai Pok Tunggal adalah Tepus, sama dengan Pantai Syawal atau Pantai Indrayanti. Jadi secara rute pun, Pantai Pok Tunggal tidak jauh berbeda dengan Pantai Indrayanti.

Jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta, silakan arahkan laju kendaraan Anda menuju Kota Wonosari. Sampai di Wonosari, silakan menuju Tepus dan masuk di Kawasan Pantai Gunungkidul. Di sana, Anda akan menemukan petunjuk arah menuju pantai-pantai yang Anda inginkan, termasuk Pantai Pok Tunggal.

Anda bisa menggunakan kendaraan umum menuju Pantai Pok Tunggal. Tetapi mentok, Anda akan berhenti di Terminal Wonosari. Selebihnya Anda harus menggunakan jasa ojek dengan biaya sekitar Rp20.000.

Jika Anda ingin membawa kendaraan sendiri, kami bisa membantu Anda. Manfaatkan layanan sewa kendaraan di tempat kami, Sewa Motor Jogja. Kami menyediakan jasa rental motor yang akan mempermudah perjalanan wisata Anda ke Pantai Pok Tunggal Gunungkidul. Silakan lihat di kontak nomor kami agar kami bisa secepatnya membantu Anda.