Berwisata di Yogyakarta dan sekitarnya tak cukup hanya menyelami budaya, wisata belanja, dan kuliner saja, melainkan juga wisata alam. Keindahan alam paling terkenal dari Yogyakarta adalah jajaran pantai di sepanjang pesisir selatan. Salah satu pantai yang indah dengan beragam aktivitas menarik yaitu Pantai Sadeng Yogyakarta.

Keindahan Pantai Sadeng Yogyakarta dan Pelabuhan Ikannya

Di Pantai Sadeng Yogyakarta, Anda dapat melihat jejak geologi yang tersisa dari fenomena alam jutaan tahun lalu. Menurut penelitian, dahulu muara Sungai Bengawan Solo ada di pantai selatan. Namun setelah adanya hantaman lempeng Pulau Jawa karena pergeseran lempeng benua Australia, muara sungai tersebut berpindah ke Laut Jawa. Jejak peristiwa geologi tersebut berupa bekas lekukan ombak yang masih bisa dilihat hingga kini.

Pantai Sadeng Yogyakarta

 

Pantai Sadeng Gunungkidul tak hanya merupakan destinasi wisata, melainkan juga pelabuhan bagi kapal-kapal nelayan yang melaut. Di sepanjang pantai, Anda akan mendapati perahu-perahu yang merapat. Sebagai pelabuhan nelayan terbesar, kawasan pantai menjadi pusat kegiatan jual beli dan pengawetan ikan.

Di bagian timur pelabuhan terdapat area lapang yang sesuai untuk bermain air dan pasir. Hamparan pasir putih dengan air yang jernih mampu memanjakan mata. Tak hanya itu, batu karang dan cadas yang berdiri kokoh di sekitar pantai juga turut menambah keindahan. Meski garis pantainya tidak terlalu panjang, Anda bisa puas menikmati pemandangan. Ada juga beberapa mercusuar yang menarik untuk dijadikan latar berswafoto. Semuanya masih berfungsi sebagai panduan bagi nelayan yang melaut pada malam hari.

Setelah lelah bermain di pantai, Anda dapat mencicipi macam-macam makanan laut yang disediakan di warung makan di sekitar pantai. Harga makanan di sana cukup terjangkau dan rasanya nikmat karena dibuat dari bahan-bahan segar langsung dari laut.

Memancing di Pantai Sadeng

Berjemur, bermain air dan pasir, atau bersantai menikmati pemandangan sudah tentu merupakan agenda wajib di pantai. Namun di Pantai Sadeng Yogyakarta Anda dapat melakukan kegiatan lain yaitu memancing. Jenis-jenis ikan yang terkenal lezat dagingnya seperti kakap, tuna, dan kerapu bisa Anda bawa pulang jika beruntung.

Pantai Sadeng Yogyakarta

Belum puas memancing di tepi pantai, cobalah berpindah ke tengah laut dengan menumpang kapal nelayan. Namun aktivitas ini hanya dapat dilakukan bersamaan waktu mereka mencari ikan yaitu malam hingga pagi. Minimal Anda harus mengeluarkan uang Rp500.000 untuk memancing semalam bersama kapal nelayan.

Tiket, Fasilitas, dan Layanan yang Tersedia

Untuk menikmati keindahan Pantai Sadeng Yogyakarta, Anda tidak perlu membayar mahal. Hanya dengan Rp5.000 Anda boleh melakukan aktivitas berjalan menyusuri pantai, bermain air, dan berfoto. Bagi anak di bawah usia lima tahun, tidak perlu membayar tiket masuk.

Fasilitas yang disediakan Pantai Sadeng Yogyakarta cukup memadai seperti kamar mandi dan toilet umum. Akses jalan menuju pantai pun sudah berupa aspal yang halus hingga dapat dilalui kendaraan mulai dari sepeda motor hingga bus.

Lokasi dan Rute Perjalanan dari Yogyakarta

Pantai Sadeng Yogyakarta berada di Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menuju ke sana ada beberapa rute yang dapat ditempuh. Jaraknya sekitar 80 km dari pusat kota Yogyakarta, dapat dilalui dalam waktu 2 sampai 3 jam.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Yogyakarta, Anda harus bergerak ke arah Pantai Baron atau Wonosari. Dari Jalan Wonosari, Anda akan melalui Patuk. Setelahnya ke Sambipitu lalu Lapangan Terbang Gading. Selanjutnya akan sampai di Siyono, lalu ikuti jalan menuju Baron. Sampai di Desa Mulo, ada pertigaan, beloklah ke kiri untuk sampai ke Tepus. Dari Tepus, ambil arah kiri melalui Purwodadi hingga Jepitu. Sampai di pertigaan Pasar Jepitu, ambil arah kanan ke Kecamatan Girisubo. Selanjutnya ke Suling, masuk ke Songbanyu, dan berakhir di Pantai Sadeng Gunungkidul.

Perjalanan menuju Pantai Sadeng Gunungkidul diwarnai pemandangan yang tak kalah memikat. Misalnya keberadaan Telaga Suling di wilayah Kecamatan Girisubo yang dapat dilihat dari kejauhan. Telaga tersebut dipercaya merupakan aliran Bengawan Solo pada masa lampau.

Berkendara ke Pantai Sadeng Yogyakarta memang menjadi pengalaman yang sulit dilupakan. Jika Anda memerlukan kendaraan sewa, hubungi kami di Sewa Motor Jogja. Dengan pelayanan yang memuaskan dan harga bersahabat kami siap memberikan kenyamanan bagi perjalanan Anda.