Pantai Sepanjang Yogyakarta berada satu garis dengan Pantai Kukup, Pantai Sundak, dan Pantai Baron di Kabupaten Gunungkidul. Objek wisata pantai ini belum lama dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Keindahan pantai dengan pasir yang putih, air laut yang kebiruan, dan pohon-pohon palem yang berjajar di sepanjang pantai terlihat sangat sempurna.

Kegiatan di Pantai Sepanjang Yogyakarta

Ketika air laut sedang surut, Anda dapat menyaksikan karang yang timbul di bibir pantai. Di sela-sela batuan karang ini hidup beragam biota laut seperti ikan-ikan kecil, bintang laut, bulu babi, ganggang laut, kerang, dan rumput laut.

Pantai Sepanjang Yogyakarta

Pada masa ini, penduduk setempat berburu aneka hasil laut untuk dikonsumsi atau dijual dalam bentuk bahan mentah ataupun diolah menjadi makanan siap santap. Anda juga boleh ikut mencari binatang laut atau cangkang kerang di tempat ini sebagai aktivitas bersenang-senang di pantai.

Umumnya mereka memiliki warung berupa gubuk-gubuk beratap dedaunan di tepi pantai yang menyediakan makanan laut dan minuman segar. Tak jauh dari pantai Anda bisa menyaksikan dua bukit yang ditanami jagung dan kedelai di lerengnya.

Situs Sejarah Di Pantai Sepanjang Gunungkidul

Pantai Sepanjang Yogyakarta memiliki situs sejarah bernama Banyusepuh. Situs tersebut berupa mata air yang kerap digunakan untuk memandikan benda-benda pusaka. Konon mata air Banyusepuh juga digunakan untuk membasuh pusaka yang dimiliki para wali dan ulama di masa lalu. Akan tetapi, sekarang sumber mata air itu sudah tidak terlihat sehingga hanya sebagian masyarakat sekitar yang mengetahui keberadaannya.

Di sekitar Pantai Sepanjang, banyak cangkang hewan-hewan laut yang berserakan. Anda dapat mengumpulkannya untuk dijadikan barang kerajinan tangan. Dapat juga membeli cenderamata yang sudah jadi dari pedagang di kawasan pantai. Cenderamata yang dapat Anda peroleh antara lain bentuk kereta kencana, barong, dan orang-orangan.

Pantai yang Ramah Anak

Pantai Sepanjang Yogyakarta telah ditetapkan sebagai rintisan Pantai Ramah Anak di Kabupaten Gunungkidul. Demi mewujudkan hal ini, pantai ditata ulang untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan anak selama berwisata di tempat ini.

Perintisan Pantai Sepanjang sebagai Pantai Ramah Anak sudah dilakukan sejak tahun 2016 dan akan terus dikembangkan. Dengan predikat tersebut, Pantai Sepanjang menawarkan layanan khusus untuk wisatawan yang membawa anak ketika berwisata ke tempat ini. Sebelumnya Desa Kemadang, di mana pantai berada sudah terlebih dahulu dicanangkan sebagai Desa Ramah Anak.

Pihak pengelola mengerahkan 20 relawan yang bertugas mendampingi dan mengawasi anak-anak yang sedang berwisata di Sepanjang. Relawan berasal dari operator wisata, Karang Taruna, dan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Tak hanya itu, mereka juga menyediakan alat permainan tradisional seperti egrang dari bambu dan batok kelapa. Dinas Pariwisata Gunungkidul sangat mendukung langkah ini untuk mewujudkan kawasan wisata yang aman dan nyaman bagi anak-anak.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk di Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang Yogyakarta mempunyai fasilitas lengkap berupa toilet, kamar mandi, dan penginapan. Soal logistik, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat warung makan yang menyediakan aneka menu makanan laut, kuliner lokal sampai mi instant goreng dan rebus. Untuk masuk ke kawasan pantai, wisatawan dikenakan tarif Rp5.000 per orang.

Lokasi Lengkap Dan Rute Menuju Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang Yogyakarta berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika Anda berangkat dari kota Yogyakarta, ambil jalan ke Piyungan, kemudian dilanjutkan ke Patuk, lalu Sambipitu. Selanjutnya menuju ke Lanud TNI AU Gading, diteruskan ke Siyono hingga Wonosari. Dari Wonosari, ambil arah ke Jalan Baron sampai Tanjungsari hingga ke pertigaan masuk ke Pantai baron. Seterusnya ikuti petunjuk arah ke Pantai Sepanjang.

Berwisata ke Pantai Sepanjang Yogyakarta bisa menjadi pengalaman yang sangat mengesankan jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, karena adanya kenyamanan di perjalanan. Apabila Anda berkunjung ke Yogyakarta tanpa kendaraan pribadi, sebaiknya memilih layanan rental motor untuk mempermudah eksplorasi wisata. Kami menyediakan kendaraan dengan kondisi terbaik untuk disewa. Hubungi kami di Sewa Motor Jogja untuk mendapatkan sewa kendaraan dengan tarif bersahabat dan layanan memuaskan.