Pantai Siung adalah satu di antara sekian pantai di Kabupaten Gunungkidul. Anda bisa bayangkan sendiri bagaimana cantiknya pantai-pantai Gunungkidul. Dan seperti itu juga pandangan sekilas tentang panorama Pantai Siung Gunungkidul. Tetapi, ada lagi yang menarik di Pantai Siung selain kekhasasan pantai di Kawasan Gunungkidul. Anda ingin tahu? Silakan baca lebih lanjut artikel ini.

Menikmati Pantai Siung Gunungkidul dari Atas Bukit

Kecantikan kawasan pantai di Gunungkidul sudah tidak perlu diragukan. Warna pasirnya putih bersih. Airnya jernih kebiru-biruan. Ombaknya juga tidak terlalu kecil, bahkan cenderung besar. Beberapa pantai di Gunungkidul juga cukup asyik digunakan untuk tempat bermain selancar karena tidak memiliki banyak karang. Tetapi hanya sebagian kecil saja. Tidak banyak.

Pantai Siung Gunungkidul

Pantai Siung juga memiliki tebing karst seperti pantai-pantai di Gunungkidul yang lain. Tetapi, bagaimana pun, Pantai Siung Wonosari tetap memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai saudaranya.

Tebing karst di Pantai Siung ini sering disebut dengan bukit. Bukit tersebut ada di bagian timur Pantai Siung. Terdapat jalan setapak di sana. Jalan setapak tersebut cukup baik dan akan sangat membantu Anda ketika Anda berniat naik ke atas bukit. Apalagi jika Anda ingin meneruskan hingga ke ujung di bagian barat.

Tebing di Pantai Siung Gunungkidul memang cukup tinggi. Dan karenanya, tidak jarang pengunjung yang naik hingga bagian tengah saja. Jalan menuju ujung tebing sangat sempit dan licin saat musim penghujan. Jadi, harus berhati-hati benar. Tapi begitu, dari bagian tengah saja, penorama eksotis Pantai Siung sudah bisa dinikmati. Dan Anda akan merasa takjub pada bentang pantai yang Anda lihat.

Melihat Keunikan Karang-Karang Runcing di Pantai Siung

Inilah yang unik di Pantai Siung. Karang-karang di Pantai Siung runcing dan tajam. Salah satu karang bahkan ada yang berukuran besar. Bentuknya mirip dengan gigi taring kera. Konon, batu karang inilah yang menjadi ikon Pantai Siung yang bisa Anda lihat ketika Anda datang mengunjungi Pantai Siung Wonosari Gunungkidul.

Berkemah di Pantai Siung

Pantai Siung Gunungkidul

Bisa dibilang, Pantai Siung adalah pantai yang masih terus dikembangkan fasilitas-fasilitasnya. Itu sebabnya, belum ada hotel mewah yang berdiri di sekitar pantai ini. Penginapan pun hanya penginapan sederhana saja. Dan justru karena itu, Pantai Siung menjadi tempat yang asyik untuk berkemah.

Biasanya, pada akhir pekan banyak pengunjung yang memilih berkemah. Namun tentu saja, jangan menyisakan sampah setelah acara berkemah Anda selesai. Entah itu sampah kertas, plastik, atau bahkan sisa kayu bakar untuk perapian. Area bekas Anda berkemah harus benar-benar bersih seperti sediakala.

Untuk acara berkemah ini, biasanya akan ada retribusi yang harus diberikan pada pengelola Pantai Siung. Besaran retribusinya adalah Rp10.000 untuk setiap tenda. Jadi bukan dihitung berapa jumlah orangnya.

Fasilitas dan Tiket Masuk di Pantai Siung

Pantai Siung memiliki fasilitas wisata yang cukup memadai. Selain warung, toilet, dan penginapan, musala dan pendopo pun sudah ada. Tiket masuknya adalah tiket masuk yang digunakan secara bersama. Sehingga dengan satu tiket masuk, Anda sudah bisa menikmati Pantai Siung dan pantai-pantai saudaranya. Satu tiket dihargai dengan Rp10.000. Harga yang cukup murah untuk sebuah wisata pantai.

Rute Menuju Pantai Siung Wonosari

Alamat Pantai Siung ada di Dusun Wates, Purwodadi. Purwodadi sendiri adalah salah satu desa di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Jika Anda tengah berada di pusat Kota Yogyakarta, Anda bisa menuju ke arah Kota Wonosari untuk sampai ke Pantai Siung. Selanjutnya, dari Wonosari Anda menuju ke arah pantai yang Anda tuju di Kawasan wisata pantai Gunungkidul.

Memang, terdapat beberapa pantai yang searah dengan Pantai Siung. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal. Jadi, jika Anda sudah menemukan Pantai Indrayanti, maka perjalanan Anda menuju Pantai Siung sudah tinggal sedikit lagi.

Dan akhirnya, selamat berwisata. Jika Anda membutuhkan kendaraan untuk menuju Pantai Siung Gunungkidul, silakan hubungi kami via whatsapp, sms, atau telpon. Dengan senang hati kami akan membantu Anda, karena kami adalah jasa rental motor yang terpercaya di Yogyakarta. Kunjungi halaman Sewa Motor Jogja untuk melihat deretan armada kami. Semoga wisata Anda menyenangkan.