Salah satu pantai di kawasan Pantai Gunungkidul yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Sundak. Selain memiliki keindahan pantai yang khas, pantai ini juga memiliki banyak perubahan topografi dari waktu ke waktu. Tentu saja ini menarik, semenarik asal mula nama Pantai Sundak Gunungkidul ini.

Sepintas Tentang Muasal Penamaan Pantai Sundak Gunungkidul

Pantai Sundak adalah akronim dari asu-landak. Asu sendiri adalah sebutan lain untuk anjing. Dari cerita mulut ke mulut, seorang nelayan pernah menemukan anjing peliharaannya memakan landak yang bagian tubuhnya masih tersisa di mulut si anjing.

Kejadian itu bertempat di sebuah gua yang ada di Pantai Sundak. Peristiwa ini lantas membuat warga tahu, bahwa di dalam gua tersebut ada sumur air tawar. Secara, saat itu warga tengah kekurangan air karena kemarau panjang.

Topografi Pantai Sundak

Pantai Sundak Gunungkidul

Pantai Sundak adalah pantai berpasir putih yang tidak terlalu luas. Terdapat musala yang bagian sampingnya digunakan sebagai tempat parkir. Dulu, tempat parkir ini terendam air laut. Namun, seiring perubahan alam, air laut itu menjauh dari musala yang ada di bagian barat pantai. Sedang di bagian timur, Anda akan menemukan gua yang di dalamnya terdapat sumur air tawar.

Menikmati Malam di Pantai Sundak

Tampaknya, Pantai Sundak Gunungkidul identik dinikmati pada malam hari, tidak hanya pada waktu siang seperti kebanyakan pantai selama ini. Dan mungkin hanya di Pantai Sundak ini, Anda akan menemukan penjual kayu bakar yang sengaja menjual kayu untuk membuat perapian di tepi pantai.

Inilah yang membuat Pantai Sundak terasa khas. Tentu akan sangat menyenangkan menikmati malam dan silirnya angin laut bersama teman dekat. Apalagi jika kegiatan itu dilakukan pada saat bulan purnama. Suasana akan sungguh luar biasa. Anda bisa membuat ikan bakar dan menikmatinya seraya bercengkerama dengan hangat.

Tidak pun Anda membakar ikan sendiri, Anda juga bisa memesan ikan bakar tersebut di warung sekitar Pantai Sundak Gunungkidul. Ini menjadi pilihan yang sama-sama mudah meskipun keasyikannya akan berbeda.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sundak

Pantai Sundak ada di Kabupaten Gunungkidul di wilayah Kecamatan Tepus. Posisinya persis di Desa Sidoharjo, sama dengan pantai tentangganya, Pantai Ngandong. Akses menuju Pantai Sundak sangat mudah karena berada dalam satu jalur kawasan Pantai Gunungkidul.

Karena itu, jika sekali saja Anda menemukan Pantai Baron, Pantai Indrayanti, atau pantai lain di Gunungkidul, Anda pasti juga akan menemukan Pantai Sundak. Mengapa? Karena pantai-pantai ini berada dalam satu kawasan. Bahkan tiket masuknya pun hanya menggunakan satu tiket saja. Jadi, dengan membayar satu tiket, Anda sudah bisa menikmati beberapa pantai sekaligus.

Pantai Sundak Gunungkidul

Bagaimana rute menuju Pantai Sundak? Dari pusat Kota Yogyakarta, silakan ambil arah menuju Wonosari. Dari Wonosari, Anda bisa mengambil arah ke Pantai Baron. Tetapi rutenya akan sedikit lebih jauh daripada Anda mengambil rute yang dari arah Pantai Indrayanti. Jadi, akan lebih baik jika Anda mengambil rute ke arah Pantai Indrayanti setelah sampai di Wonosari.

Fasilitas Wisata Pantai Sundak

Di Pantai Sundak Gunungkidul Jogja, Anda tidak akan kesulitan menemukan warung yang menyediakan makanan ketika Anda berkunjung ke sana. Fasilitas kamar mandi pun sudah tersedia, termasuk fasilitas musala yang menjadi fasilitas penting bagi muslim.

Hanya sayang, pantai ini belum memiliki penginapan. Tetapi, Anda bisa mendapat penginapan di pantai tetangganya seperti di Pantai Baron, Pantai Kukup, atau Pantai Krakal misalnya. Meski begitu, karena di pantai ini tidak ada penginapan, Anda justru bisa berkemah jika ingin. Tentu saja ini menjadi kegiatan yang justru sangat menarik untuk Anda coba. Bukan begitu?

Harga Tiket Masuk Pantai Sundak

Harga tiket masuk ke Pantai Sundak adalah termasuk tiket masuk menuju pantai-pantai lain di Kawasan Gunungkidul. Ada sekitar 8 pantai yang masuk dalam harga tiket kawasan pantai gunungkidul. Besar harga tiketnya pun tidak mahal, hanya Rp10.000 saja dan Anda bebas menikmati 8 pantai yang keindahannya sungguh luar biasa.

Dan akhirnya, selamat berwisata dan menikmati keindahan Pantai Sundak Gunungkidul. Jika Anda membutuhkan kendaraan untuk menunjang kebutuhan wisata Anda, Anda bisa rental motor di tempat kami. Silakan hubungi kami, Sewa Motor Jogja lewat whatsapp, sms, atau telpon. Anda cukup pesan online dan kami akan mengantarkan kendaraan yang Anda butuhkan. Semoga perjalanan wisata Anda menyenangkan.